Definisi dan Macam-Macam Jenis Mesin Genset

Definisi dan Macam-Macam Jenis Mesin Genset

Eragenset – Genset merupakan perangkat gabungan dari generator juga mesin serbaguna serta alternator yang ajaibnya mampu menghasilkan daya listrik cukup terang. Tidak heran jika genset banyak difungsikan oleh masyarakat Indonesia, baik yang tinggal di daerah terpencil maupun di kota-kota besar.

Pemakaian mesin genset memang tidak terbatas pada perusahaan swasta atau rumah sakit dan instansi pemerintahan saja, bahkan kini banyak rumah tangga kelas menengah ke atas yang memasang mesin genset di rumah mereka sebagai sumber listrik kedua.

Berikut ini macam-macam jenis dari generator set:

Genset Gas

Dari namanya saja, tentu kamu bisa menebak kalau mesin genset ini menggunakan bahan bakar gas. Mesin ini juga populer dengan nama genset LPG tapi selain LPG, banyak orang yang turut menggunakan CNG (biasanya dari kalangan atas yang menggunakannya) mengingat gas CNG ini termasuk mahal.

Mesin Genset Bensin

Berbeda dari jenis sebelumnya, genset tipe ini menggantungkan hidupnya dengan bahan bakar bensin, ketika bensinnya habis, maka otomatis genset tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk kapasitas maksimal genset bensin rata-rata berada pada kisaran 10 kw. Kamu yang ingin memiliki mesin genset dengan harga terjangkau, mungkin bisa mempertimbangkan genset bensin, tapi pada umumnya, rumah tangga saat ini lebih tertarik untuk membeli genset gas.

Mesin Genset Portabel

Merupakan mesin genset yang cocok untuk menemanimu bekerja di lapangan, karena ukurannya yang cukup kecil memungkinkanmu untuk membawa mesin genset kapan saja dan di mana saja. Ada banyak merk genset populer dan terbaik yang kini memproduksi genset portable, jadi kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menemuaknnya.

Mesin genset adalah kebutuhan di atas primer, jika kamu merasa tidak begitu membutuhkan genset untuk dipasang di dalam atau luar rumah, maka kamu tidak perlu memaksakan diri untuk melakukannya, karena meskipun mesin genset tidak digunakan setiap hari, kamu tetap saja membutuhkan biaya untuk melakukan perawatan, terkecuali jika mesin genset yang kamu beli itu tipe yang mudah untuk dirawat dan dibersihkan.