Solusi Desain Rumah Idaman

Berikut ini adalah ide-ide untuk mengatasi problem/kendala rumah idaman keluarga Anda. Sekaligus menjadi solusi bagi Anda untuk mendapatkan suatu konsep desain rumah mungil yang tampak berbeda dan cukup inspiratif. q-house.org

Beberapa konsep yang perlu diperhatikan dan dicarikan upaya untuk mengatasinya, sehingga diperoleh hasil sesuai keinginan Anda. Yakni :

1. Kesatuan kesan visual

Kesatuan kesan visual adalah konsep sederhana yang ingin Anda angkat. Yang sebisa mungkin dapat mengolah semua elemen interior yang ada; serta menggabungkannya dalam sebuah kesan visual. Menyatukan kesan visual itu sendiri sebenarnya bermakna suatu upaya untuk menghubungkan ruang atau elemen interior yang terkotak-kotak karena beda fungsi.

Kesatuan kesan visual antar ruang diharapkan dapat memberi kesan interior yang menyatu dengan kuat. Hingga kesan interior ruang secara general tampak lebih luas dari ukuran yang sebenarnya.

Gabungkan kesan visual dari beberapa fungsi ruang yang ada. Contohnya ruang menerima tamu digabung dengan ruang TV. Atau keluarga sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu. Dapat juga ruang makan yang menerus dengan dapur.

Manfaatkan sebanyak mungkin elemen interior untuk menyatukan kesan visual dari beberapa fungsi ruang. Misalnya,  lantai, dinding serta plafon dicat dalam satu warna yang sama. Atau dalam gradasi warna yang masih senada. Pilih warna-warna yang netral, warna-warna hangat, atau warna-warna yang cerah yang bukan warna primer (merah, hijau, kuning).

Beri penguat kesan visual yang menyatu melalui penggunaan elemen interior. Gunakan jenis  tekstur, kayu dan warna yang sama pada kusen, daun pintu dan furniture Anda. Semisal, samakan kain pelapis jok ruang makan Anda dengan sofa ruang tamu.

2. Menonjolkan kesan bersih dan inspiratif.

Rumah mungil yang terlihat luas, bersih dan inspiratif adalah dambaan setiap orang termasuk Anda. Gagasan untuk menonjolkan kesan bersih dan inspiratif adalah dengan cara menata perabot yang ada.

Misalnya penggunaan furniture rumah  yang agak rendah. Seperti meja tamu yang rendah, sofa two seater dengan sandaran punggung yang rendah. Atau meja makan dengan kaki-kaki yang pendek dan diletakkan merapat dinding, dilengkapi dengan kaca bundar di atasnya.

3. Pewarnaan dan Pencahayaan Ruang

Semua ruang yang didesain pada rumah mungil sebagai rumah idaman keluarga ini harus mampu menjadi ruang yang harmonis dan romantis. Terutama pada malam hari, saat penghuni rumah mungil ini ingin berisitrahat dan bercengkrama dengan keluarga kecilnya.

Pemilihan warna yang tepat pada dinding harus dikelola dengan baik. Pilihlah warna-warna terang yang tidak membuat mata Anda lelah, seperti hijau tosca, biru muda, cream, broken white, bright pearl ataupun coklat keputihan.

Beri pencahayaan yang baik. Karena elemen cahaya memegang peranan yang cukup penting. Cahaya kuning membuat ruang menerus dalam rumah mungil idaman keluarga Anda tampak semarak.