Bagaimana Video Conference Mengubah Komunikasi dalam Bisnis

Di zaman percakapan teks, melalui email dan telepon seluler, kekhawatiran dan keluhan yang umum adalah bahwa miskomunikasi menjadi lebih lazim. Tanpa mendengar nada seseorang dan melihat bahasa tubuhnya, sangat mudah untuk salah mengartikan makna dari kata-kata yang sebenarnya. Hal yang sama berlaku juga untuk percakapan telepon.

Bayangkan sejenak bahwa Anda sedang berbicara dengan manajer restoran via telepon, dan bahwa Anda meminta pengembalian dana sebagian karena pengiriman terlambat 20 menit. Anda terdengar agak kasar saat berbicara karena kesal bahwa pengiriman terlambat dan membuat jadwal Anda berantakan. Manajernya adalah pria yang menyenangkan dan suka bergaul, yang juga memiliki selera humor.

Dia berkata, “Oh, saya rasa Anda bisa mendapatkan pengembalian uang Anda.” Dia benar-benar minta maaf atas keterlambatan pengiriman. Namun karena Anda tidak dapat melihat senyum ramahnya melalui telepon, Anda berasumsi bahwa, meskipun nada suaranya lembut, ia seorang yang keras kepala, pemarah, atau merendahkan. Meskipun percakapan berlangsung baik di antara Anda berdua, Anda mungkin merasa jengkel.

video conference

Emoticon dapat mengurangi miskomunikasi dalam teks, seperti halnya nada dapat mengubah makna kata yang mendasarinya dalam percakapan telepon, tetapi bentuk komunikasi terbaik dan langsung adalah pertemuan tatap muka. Dengan kombinasi kata, nada, gerak tubuh, dan ekspresi wajah, kita bisa menginterpretasi satu sama lain jauh lebih akurat. Tentunya, hal ini sangatlah penting dalam lingkungan bisnis Anda.

Konferensi video dengan display berdefinisi tinggi memungkinkan Anda dan klien atau rekan bisnis Anda untuk berbicara langsung, secara harfiah, meski saat berada di lokasi yang terpisah. Dengan audio yang jernih dan kualitas gambar yang tajam dari orang yang Anda ajak bicara, cara ini adalah yang terbaik yang bisa Anda lakukan tanpa kerumitan dan ketidaknyamanan seperti saat menghadiri meeting tatap muka. Daripada meminta peserta konferensi meluangkan jadwal sibuk mereka dengan perjalanan dan diskusi meja bundar, Anda dapat menghemat waktu dan uang dengan bertemu melalui video conference.

Dengan dukungan peralatan dan perangkat lunak yang tepat, Anda bisa berbagi diagram dan presentasi, dan bahkan berkolaborasi secara langsung dengan orang yang menerima panggilan Anda. Saat mencoba mendapatkan kontrak besar untuk pekerjaan Anda, opsi komunikasi ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan pekerjaan Anda, secara real time, lebih jelas daripada sekedar gambar.

Beberapa penyedia layanan VoIP dapat mengaktifkan fitur ini secara gratis di telepon yang mendukung video, yang mana juga merupakan manfaat lain bagi bisnis Anda saat menggunakan konferensi video berdefinisi tinggi dalam komunikasi bisnis. Melotronic.com