6 Tanda Kehamilan Ini Sering Tak Diketahui Calon Ibu Muda

Jika Anda belum pernah mengalami kehamilan sebelumnya, tentu masih awam dengan gejala saat telah hamil. Akibatnya, Anda sulit untuk mendeteksinya dan tidak merasakan tanda kehamilan tapi hamil. Oleh karena itu, Anda perlu untuk lebih banyak bertanya pada dokter Anda terkait gejala kehamilan. Sebagai informasi awal, berikut adalah 6 tanda kehamilan yang jarang diketahui.

Suhu Badan yang Meningkat di Pagi Hari

Saat Anda tak memiliki ekspektasi untuk hamil, biasanya Anda tak terlalu memperhatikan perubahan pada tubuh Anda. Salah satu tanda yang akan diperlihatkan oleh tubuh saat positif hamil adalah suhunya yang meningkat di pagi hari. Suhu ini dikenal dengan suhu basal. Jika suhu basal terus meningkat dalam dua minggu, kemungkinan Anda sedang mengandung lumayan tinggi.

  • Sering Merasa Pusing

Jangan abaikan rasa pusing yang mendera Anda setelah melakukan pembuahan. Bisa saja hal itu terjadi, sebagai tanda dari tubuh bahwa Anda telah berbadan dua. Saat hamil, rasa pusing yang muncul disebabkan karena tekanan darah yang berkurang dan pembuluh darah yang mulai melebar. Kondisi ini biasanya akan sering Anda alami pada trimester pertama kehamilan.

  • Hormon yang Tak Stabil

Sebagai seorang wanita, suasana hati yang naik turun sudah menjadi makanan sehari-hari menjelang dan saat menstruasi datang. Akibatnya, Anda sering tak sadar bahwa gejala ini menandakan Anda sedang mengandung. Perubahan pada hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh saat hamil, membuat emosi Anda tak stabil dan bisa berubah-ubah dalam waktu singkat.

Keram Perut

Pada awal kehamilan, Anda berkemungkinan untuk mengalami flek yang disertai dengan keram perut. Karena gejalanya hampir mirip dengan hari pertama siklus menstruasi, Anda tentu tidak terlalu memberikan perhatian lebih pada gejala tersebut. Alhasil, Anda jadi tidak merasakan tanda kehamilan tapi hamil telah datang menyapa Anda.

  • Frekuensi Buang Gas Meningkat

Salah satu gejala kehamilan yang sering diabaikan oleh calon ibu muda adalah frekuensi buang gas yang meningkat. Hormon yang mengalami perubahan dan tidak stabil memicu perut Anda menjadi kembung dan sering terkentut. Anda mungkin tidak menyadari bahwa ini adalah tanda kehamilan dan malah berpikiran bahwa Anda hanya salah makan.

  • Keputihan

Keputihan merupakan kondisi yang sering dialami oleh seorang wanita. Makanan hingga pola hidup bisa memicu terjadinya keputihan. Namun, tahukah Anda kalau keputihan juga merupakan tanda kehamilan? Kebanyakan wanita hamil akan mengalami keputihan yang teksturnya kental dan berwarna putih hingga kekuningan, pada trimester pertama dan bahkan selama kehamilan.

Awamnya Anda sebagai calon ibu muda akan gejala kehamilan terkadang membuat Anda tidak merasakan tanda kehamilan tapi hamil. Oleh karena itu Anda memerlukan lebih banyak informasi seputar hal ini. Anda bisa mendapatkan informasinya dari forum ibu hamil di orami.co.id. Selain itu, orami.co.id juga memberikan Anda kesempatan berkonsultasi dengan para dokter ahli.