Tips Budidaya Ikan Koi yang Perlu Anda Tahu

Ikan koi yang memilki nama latin cyprinus caprio ini termasuk dalam jenis ikan mas atau karper. Ikan koi merupakan hasil dari perkawinan silang antara beberapa jenis ikan mas. Selain dari cara budidayanya yang mudah, harga jualnya juga cukup mahal. Hal itulah yang membuat banyak orang gemar membudidayakan ikan koi.

Budidaya Ikan Koi

Oleh karena itu, berikut beberapa tips budidaya ikan koi :

1.Memilih Induk Ikan Koi

Untuk memilih indukan yang bagus dan berkualitas, dapat dilihat pada umur ikan yang sudah cukup matang sekitar 2 tahun. Ideal atau tidaknya bentuk tubuh ikan koi terlihat pada bagian atas yang seperti torpedo. Ikan koi yang berkualitas juga memiliki warna cemerlang dan terlihat kontras, gaya berenangnya yang tenang dan seimbang, serta gerakannya yang gesit dan tidak pendiam.

2.Pemeliharaan Induk

Kedalaman kolam harus mencapai 150 cm. Dengan ukuran kolam sekitar 4x5m, dapat diisi dengan 20 ekor betina dan 40 ekor jantan untuk kolam yang berbeda karena ukuran induk betina sedikit lebih besar dari pada induk jantan. Untuk pemeliharaan indukan dapat diberi pakan sebanyak 4 kali dalam sehari, dengan jumlah pakan sekitar 5 % dari bobot tubuhnya.

3.Proses Pemijahan

Dalam satu kolam ditempatkan satu indukan betina dan 5 indukan jantan dalam satu kolam berukuran 3×6 m dengan kedalaman dan ketinggian 60×40 cm. Selama masa pemijahan akan terjadi aksi kejar-kejaran. Si betina akan menyemprotkan telurnya pada kakaban. Setelah telur menempel, indukan jantan akan menyemprotkan spermanya ke telur tersebut. Kemudian angkat indukaan dari kolam pemijahan agar indukan tidak memakan telur-telurnya sendiri.

4.Penetasan Larva

Telur ikan koi akan menetas dalam waktu 48 jam, pada suhu sekitar 30 derajat celcius. Namun jika suhunya terlalu dingin, maka proses penetasan akan lebih bahkan bisa jadi tidak dapat menetas. Larva yang baru menetas memiliki persediaan makanan sendiri yang akan bertahan hingga 5 hari. Setelah 5 hari, dapat diberi pakan berupa kuning telur rebus yang telah dilumatkan.

5.Pendederan

Untuk memelihara bibit ikan koi yang sudah berumur 3 bulan, kolam pendederan yang digunakan berukuran 4×3 meter dengan ke dalaman 40 cm. Kolam dengan ukuran ini, dapat menampung sebanyak 300 ekor anak ikan koi. Pakan pellet dapat diberikan sebanyak 2 kali sehari, yang berukuran kecil dimana 1 ons-nya cukup untuk 1000 ekor anak ikan koi. Setelah ikan berumur lebih dari 3 bulan, dapat diberikan pakan pellet kasar sebanyak 3 kali sehari sesuai dengan takarannya.

Itulah informasi tentang tips budidaya ikan koi yang semoga bermanfaat.