Tips Budidaya Ikan Konsumsi yang Simpel

Banyak orang yang berbondong-bondongnya ingin memulai budidaya ikan konsumsi. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi, khususnya karena ikan konsumsi memang tidak pernah kehabisan konsumen. Sebab, ikan konsumsi memang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan konsumsi, berikut ini saya bagikan beberapa tips sederhana untuk itu.

budidaya ikan

1.Observasi Lokasi Budidaya Ikan Konsumsi

Hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya ikan konsumsi yaitu melakukan observasi lokasi dan lahan serta menyiapkan berbagai hal seperti berikut :

  • Pilihlah lokasi yang jauh dari daerah industri dan bebas limbah.
  • Pilih lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan sumber air.
  • Setelah itu, penting untuk membersihkan lahan pada lokasi budidaya.
  • Bersihkan lahan dari rumput dan tanaman yang mengganggu.
  • Setelah lahan dan lokasi sudah bersih, maka pastikanlah lahan memiliki kadar pasir sedikit dan memiliki kandungan tanah liat cukup.
  • Kemudian yang terakhir siapkanlah alat dan bahan untuk membuat media budidaya.

2.Media Budidaya Ikan Konsumsi

Setelah lokasi dan lahan sudah siap, maka hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan konsumsi adalah jenis media yang digunakan.

Untuk media budidayanya Anda bisa menggunakan berbagai jenis media mulai dari akuarium, kolam tanah, empang, kolam beton, kolam terpal dan sebagainya.

Media yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis bibit lele  dan karakteristik dari ikan yang akan budidayakan.

3.Pengolahan Media Budidaya

Lakukanlah proses pengeringan setelah pengolahan lahan. Lahan budidaya harus diolah terlebih dahulu dengan cara menggemburkan tanahnya lalu dikeringkan hingga tanah mengalami retakan. Setelah itu lakukan proses penggemburan kembali dan lakukanlah pemupukan.

Pupuk yang digunakan haruslah pupuk organik dan jangan sekali-kali memakai pupuk kimia atau non oraganik. Kemudian lakukanlah pengukuran pH tanah dan pengapuran jika pH tanah dibawah standar.

Setelah itu, media budidaya diisi dengan air. Sebaiknya menggunakan air sumur ataupun air sungai, dan kami hindari air dari PDAM.

Apabila tidak bisa mendapatkan air selain dari PDAM, maka Anda perlu mengendapkannya selama 24 jam hingga 2 hari. Dalam pengisian airnya, isilah air secara bertahap. Tahap pertama bertujuan untuk menumbuhkan pakan alami ikan dan tahap ke dua bertujuan untuk memenuhi media budidaya ikan konsumsi.

Itulah beberapa tips budidaya ikan konsumsi yang simpel dan semoga bermanfaat.