Resep Masakan Jawa dengan Olahan Orak Arik Sayuran Hijau

Selain memiliki ragam yang bervariasi, resep masakan Jawa juga populer dengan racikannya yang praktis dan sederhana dengan citarasa tradisional yang melegenda. Nah salah satu resep masakan Jawa yang bisa Anda jadikan sebagai menu makanan sehari-hari adalah orak arik sayuran hijau.

Menu makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang diramu menggunakan bumbu tradisional yang mudah sekali ditemukan pada pasar tradisonal atau warung kecil ini merupakan menu yang sangat praktis.

Lalu bagaimanakah cara meracik resep masakan Nusantara ini  berupa orak arik sayuran hijau ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya untuk Anda.

Resep Masakan Jawa

Cara Meramu Resep Masakan Jawa Orak Arik Sayuran

Di bawah ini adalah tahapan atau langkah cara meramu resep masakan Jawa dengan olahan orak arik sayuran.

  1. Potong dan cucilah sayuran yang hendak digunakan sebagai komponen bahan pembuatan orak-arik sayuran ini dengan air mengalir. Seperti buncis, kubis, wortel serta beberapa bahan sayuran lainnya sesuai dengan selera yang Anda kehendaki.
  2. Haluskan terlebih dahulu komposisi bumbunya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih serta merica dengan cara menumbuknya mengunakan ulekan atau cobek.
  3. Kocok lepas telur pada wadah yang terpisah.
  4. Langkah meracik resep masakan Jawa selanjutnya adalah dengan memanaskan minyak kelapa pada penggorengan secukupnya dan masukkan telur yang telah dikocok sebelumnya menjadi bagian-bagain kecil yang terpisah. Nah setelah matang angkat dan simpanlah terlebih dahulu.
  5. Nah setelah itu tumislah bumbu halus menggunakan 3 sendok minyak kelapa diatas penggorengan. Aduk merata hingga berubah warna dan memunculkan bau harum.
  6. Kemudian barulah masukkan seluruh komponen sayur yang telah dipotong dan dicuci sebelumnya dalam tumisan bumbu. Aduk hingga merata sampai semua sayuran terbaluri bumbu.
  7. Jangan lupa untuk menambahkan telur yang telah diarak-arak tadi dalam penggorengan. Aduk kembali hingga sayuran menjadi matang.
  8. Sembari menunggu sayuran matang, tambahkan garam, gula serta penyedap rasa dalam masakan.
  9. Nah orak arik sayuran siap untuk disajikan dengan tambahan taburan bawang goreng diatasnya.

Bagaimana mudah sekali bukan cara meracik orak arik sayuran ala Jawa tersebut diatas yang bisa juga untuk menu berbuka puasa di rumah. Nah demikianlah artikel mengenai resep masakan Jawa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba, terima kasih.