Tips Sukses Usaha Tambak Udang Vaname

Meskipun memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan jenis udang pada umumnya, udang vaname memang tengah menjadi primadona dikalangan masyarakat umum. Selain memiliki ketahanan tubuh yang bagus, udang jenis ini juga mampu berkembang dengan cepat. Hal tersebut tentunya didukung dengan langkah budidaya udang vaneme yang baik dan benar.

Nah bagi Anda yang baru pertama kali membudidayakan udang vaname dan belum mengetahui bagaimana tata cara tambak udang vaneme yang baik dan benar, tenang saja tak perlu risau. Pasalnya pada kesempatan kali ini kami hendak membagikan tips tambak udang vaname yang baik dan benar. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah penjelasannya untuk Anda.

tata cara tambak udang vaneme

Kiat Sukses Budidaya Udang Vaname

Yuk langsung saja simak kiat sukses budidaya udang vaname yang sebaiknya Anda tahu.

1. Memilih Bibit yang Berkualitas

Bibit mampu mempengaruhi kualitas panen yang akan dihasilkan nantinya. Oleh karenanya Anda harus selektif dalam memilih benih udang vaname yang hendak dibudidayakan. Supaya mempermudah Anda dalam proses perkembangan upayakan untuk memilih bibit yang memiliki ukuran seragam atau sama.

2. Penebaran Bibit

Umumnya penebaran bibit udang akan dilakukan pada pagi hari sebelum matahari menampakkan sinarnya. Tetapi hal ini berbeda dengan jenis udang vaname yang justru penebaran benih dilakukan ketika matahari sedang berada pada puncaknya.

Namun sebelum melakukan penebaran benih Anda harus melakukan aklamasi terlebih dahulu pada bibit yang hendak disebar. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah untuk mempermudah udang vaname beradaptasi pada habitat barunya.

3. Pemeliharaan Udang Vaname

Udang Vaname juga memiliki tingkat pemeliharaan yang terbilang cukup mudah. Pasalnya Anda hanya memberikannya pakan saja setelah melewati masa satu pacan dengan komposisi protein sebesar 30% dari kadar pakan yang diberikan. Sedangkan untuk frekuensi pemberian pakannya Anda bisa memberinya pakan sebanyak 3 hingga 4 kali saja dalam satu harinya

Bagaimana mudah sekali bukan tips tambak udang vaname tersebut diatas? Demikianlah kiat sukses membudidayakan udang vaname yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan semoga artikel ini bermanfaat.