Jenis Pakan Ternak Ayam Terbaik

Tahukah Anda apa saja jenis pakan ternak ayam terbaik agar usaha cepat berkembang? Pemberian pakan yang berkualitas tentunya akan mempengaruhi tumbuh kembang ayam yang dibudidayakan oleh para peternak. Tak heran jikalau banyak peternak yang sengaja merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk membeli jenis pakan ternak ayam terbaik demi hasil yang memuaskan.

Padahal jikalau ditelaah masih banyak sekali macam pakan terbaik ayam terbaik dari bahan-bahan alami yang dapat diberikan kepada ayam. Kandungan nutrisi, gizi, protein serta vitaminnya pun tak kalah tinggi dengan jenis pakan ternak ayam terbaik yang biasanya dijual bebas dipasaran.

pakan ternak ayam terbaik

Lantas jenis pakan ternak ayam terbaik apa sajakah yang mampu diracik dengan menggunakan bahan-bahan alami dilingkungan sekitar? Berikut selengkapnya.

Macam-Macam Pakan Ternak Ayam Terbaik Dari Bahan Alami

Berikut ini macam-macam pakan ternak ayam terbaik dari bahan alami yang sebaiknya Anda tahu.

1. Ampas tahu

Bagi sebagian orang yang belum mengetahui kandungannya ampas tahu seringkali dianggap sebagai limbah yang tidak dapat dimanfaatkan kembali. Padahal ampas tahu memiliki kandungan gizi yang tinggi sebagai makanan alternatif bagi ayam.

Bahkan kandungan protein yang dimilikinya mampu memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh ayam untuk berkembang. Namun meskipun demikian Anda harus membatasi penggunaannya supaya tidak berlebihan.

2. Onggok singkong

Selain ampas tahu ternyata limbah singkong juga mampu menjadi bahan baku jenis pakan ternak ayam terbaik yang dapat dijadikan sebagai alternatif makanan. Namun karena memiliki struktur serat yang cenderung kasar, pemberian onggok singkong kepada ayam ini harus dibatasi dan tidak boleh dengan sekala yang besar.

3. Cacing tanah

Mungkin sedikit anah ketika ayam diberikan makanan berupa cacing tanah. Namun kenyataanya justru cacing tanah yang kini sudah banyak diperjual belikan dipasaran ini kerap menjadi alternatif pakan ayam terbaik yang dipilih oleh para peternak untuk menunjang tumbuh kembang hewan ternaknya. Biasanya cacing tanah yang diberikan ini tergolong kedalam jenis cacaing lumbricus rubellus.

Nah ternyata masih banyak sekali bukan jenis pakan ternak ayam terbaik dari lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif makanan bagi ayam. Itulah tadi penjelasan lengkap terkait macam-macam pakan ternak ayam yang dapat dijadikan alternatif makanan lain bagi ayam yang semoga bermanfaat.