Negara Pengelola Sampah Terbaik di Dunia

Cara pengelolaan sampah di banyak negara itu berbeda – beda. Ada yang memang sudah sangat maju dengan teknologi modern yang bisa mengelola sampah menjadi barang jadi dan menjadi nilai ekonomi kembali.

Tapi masih ada juga negara yang belum bisa mengelola sampahnya dengan baik. Namun jumlah negara yang belum bisa mengelola dengan baik masih lebih banyak dibanding dengan negara yang sudah mampu mengelola sampah – sampahnya dengan baik.

Ya, kembali lagi, biasanya memang negara yang belum bisa mengelola sampah di negaranya itu memang karena belum memilki teknologi yang memadai. Namun ada juga memang dari sistem pemerintahannya yang tidak menjalankan pengelolaan sampahnya dengan baik.

Nah lalu memang negara mana saja yang sudah bisa mengelola sampah – sampah di negaranya dengan baik ? Ini dia :

  1. Jepang

Sudah banyak orang yang tahu memang bahwa Jepang adalah negara yang paling disiplin untuk urusan sampah. Bahkan sempat viral beberapa foto di media sosial yang menunjukkan foto banjir di Jepang namun airnya jernih, tidak ada sampah yang mengambang, bahkan di suatu lorong di stasiun yang juga terkena banjir, menjadi terlihat seperti kolam renang dikarenakan saking bersihnya air banjir tersebut.

Wah, hal ini tentu menjadi perhatian warganet, bagaimana bisa banjir yang biasanya di sini selalu banyak membawa sampah dan air yang menjadi kotor, di Jepang, malah airnya jernih, tanpa ada sampah sedikitpun. Tentu hal ini karena pengelolaan sampah di sana lebih baik.

  1. Jerman

Tahukah kamu bahwa di negara Jerman ini, ada 4 jenis tong sampah yang harus kamu bedakan sesuai dengan fungsinya. Yang pertama adalah  tong sampah warna coklat yang digunakan untuk sampah sisa dari makanan. Lalu adalah tong sampah dengan warna biru yang diperuntukkan untuk bekas kertas atau juga karton. Dan sampah rumah tangga itu berwarna hitam, lalu yang terakhir adalah sampah plastik dengan tong sampah warna kuning.

Nah itulah sekilas bagaimana ketatnya membuang sampah di negara Jerman.

Tempat sampah seperti bak sampah fiberglass di sana juga dibuat unik – unik, sehingga warga sangat tertarik untuk membuang sampah sesuai dengan aturan yang berlaku.