Ayo Kita Jaga Lingkungan Dengan Mengurangi Sampah

Mengurangi adanya sampah yang dibuang kedalam tempat sampah outdoor memang harusnya menjadi tanggung jawab kita sebagai masyarakat.

Apabila masyarakatnya sudah turut andil dalam mengurangi sampah, pasti pemerintah pun akan semakin mudah untuk mengatur lalu lintas sampah negara, mulai dari mana yang harus dibuang, mana yang harus diolah kembali, dan mana yang harus dimusnahkan.

Ada banyak cara yang bisa kita terapkan untuk mengurangi sampah. Dan sebetulnya cara – cara ini sangatlah mudah dan gampang. Tinggal bagaimana kita mau atau tidaknya melakukan hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa kamu terapkan untuk turut andil dalam mengurangi keberadaan sampah. Ini dia :

  1. Kurangi pembelian air mineral

Salah satu cara yang bisa kita terapkan untuk mengurangi sampah adalah kita mengurangi pembelian air mineral dalam kemasan.

Dalam tiap tahunnya, ada banyak jutaan hingga puluhan juta botol bekas air mineral yang menjadi sampah. Makanya sebaiknya kamu membawa air minum dengan botol minuman yang bisa digunakan berkali – kali.

  1. Mulai biasakan masak sendiri

Kenapa kami menganjurkan anda untuk masak sendiri ? karena dengan masak sendiri nantinya secara tidak langsung kamu telah mengurangi kemasan plastik.

Atau jika kamu masih belum siap untuk memasak makanan sendiri, kamu bisa melakukan hal seperti membawa sendok sendiri, atau membawa garpu sendiri. Membawa sumpit sendiri, atau bahkan membawa kotak makanan sendiri.

  1. Sumbangkan pakaian bekas

Apabila kamu memiliki banyak pakaian bekas di rumah mu, daripada menumpuk, lebih baik kamu sumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Selain kamu tidak menjadikan pakaian – pakaian itu jadi sampah nantinya, kamu juga telah melakukan aktifitas yang mulia.

  1. Belilah barang dalam jumlah banyak

Cara mungkin tidak bisa diterapkan semua orang. Tapi jika kamu bisa menerapkannnya, sebaiknya kamu terapkan. Karena dengan kamu membeli barang dalam jumlah yang besar, maka nantinya kamu tidak perlu sering belanja dan menggunakan plastik. Dengan begitu penggunaan plastik pun bisa sedikit ditekan.

Itu adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah dan menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar oleh yang namanya sampah.