Info Tentang Gerhana Matahari Desember

Info Tentang Gerhana Matahari Desember – Bulan ini kita telah berada di penghujung tahun 2019. Di bulan ini pula terdapat berbagai fenomena alam menarik misalnya gerhana matahari cincin. Gerhana matahari adalah proses dimana posisi bulan ada di tengah antara matahari dan bumi. Sehingga cahaya matahari yang seharusnya datang ke bumi tertutupi oleh posisi bulan. Singkatnya kita akan melihat fenomena dimana sinar matahari akan terhalang bulan.

Gerhana matahari bisa dilihat

Gerhana matahari bisa dilihat

Fenomena ini sudah sering terjadi beberapa tahun belakangan ini. Terakhir kali kita menjumpai gerhana matahari di pertengahan tahun 2017 dimana saat itu Indonesia mengalami gerhana sebagian saja. Nah, pada tahun ini pun kita kembali menyaksikan fenomena langka tersebut. Lantas ada fakta apa saja dibalik kejadian alam ini? dalam struktur teks eksposisi telah saya rangkum tentang proses gerhana terjadi. Selain itu disana juga telah saya tulis bagaimana cara menonton gerhana agar aman.

Info Tentang Gerhana Matahari Desember

Mengapa gerhana matahari kali ini disebut cincin? karena fase akhir sekaligus puncak gerhana akan berbentuk seperti cincin. Berbeda dengan fase gerhana total yang seluruhnya tertutup oleh bulan. Nah kita akan mempelajari fenomena alam tersebut dalam artikel kali ini. Pastikan anda menyimak pembahasan tentang struktur teks eksposisi yang saya tulis.

Matahari merupakan bintang aktif yang menjadi pusat tata surya kita dimana seluruh planet mengelilinginya. Dari berbagai fenomena alam tersebut ada beberapa yang menurut saya menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah terjadinya gerhana matahari cincin. Namun sebelum kita membahas berbagai fakta unik dibalik itu semua kita akan mengingat kembali peristiwa langka ini terlebih dulu.

Sejatinya banyak orang jaman dulu yang mengaitkan fenomena alam tersebut dengan tahayul maupun kepercayaan. Ada yang bilang gerhana matahari disebabkan karena adanya pertempuran gaib yang terjadi. Sehingga banyak masyarakat memanfaatkan momen ini untuk melakukan ritual kuno. Padahal hal tersebut tidak dianjurkan dalam agama. Di agama Islam kita justru dianjurkan untuk melakukan sholat gerhana dan berdoa kepada Allah.

Secara keilmuan fenomena gerhana tidak ada kaitannya dengan sesuatu yang bersifat gaib. Fenomena ini murni terjadi karena adanya peristiwa alam yang bisa dijelaskan secara rasional. Nah, pada pembahasan diatas telah saya paparkan bahwa gerhana dapat terjadi karena posisi bulan ada diantara bumi dan matahari. Sehingga cahaya matahari tertutup oleh bulan dan tidak sampai ke bumi.

Itulah artikel singkat yang membahas struktur teks eksposisi dalam pembahasan kali ini. Fenomena alam tidak semestinya disikapi dengan tindakan yang aneh. Kita harus menerimanya sebagai sesuatu yang memang seharusnya terjadi. Berbagai ritual kuno yang dilakukan sewaktu terjadi gerhana sangatlah tidak dianjurkan dan harus dijauhi. Terimakasih telah berkunjung ke situs saya dan selalu dukung saya untuk tetap menulis.