Cara Praktis Budidaya Jahe di Rumah

Sebagai fitofarmaka, jahe memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Meski mudah ditemukan di pasaran, ada baiknya anda melakukan budidaya jahe rumahan. Selain untuk konsumsi sendiri, hasil produksi budidaya bisa anda jual. Bagi Anda yang ingin memulai menanam tanaman berkhasiat ini, anda perlu memperhatikan cara-cara praktis menanamnya.

Budidaya Jahe Rumahan

Cara Budidaya Jahe Rumahan Dengan Lahan Sempit

  1. Memilih Bibit

Bibit tanaman jahe bisa didapatkan di berbagai toko pertanian. Umumnya, bibit sudah berupa tanaman yang kecil di dalam polybag. Pilih bibit yang memiliki batang sehat dan kondisi daun yang hijau. Bibit yang bagus memudahkan jahe untuk tumbuh dan beradaptasi dengan baik saat pindah tanam. Anda bisa mendapatkan bibit dengan harga yang sangat terjangkau di toko.

  1. Menyediakan media tanam

Setelah mendapatkan bibit jahe super yang berkualitas, segera siapkan media tanam yang memadai di rumah anda. Jika anda merasa bahwa pot terlalu mahal untuk bibit dalam jumlah banyak, gunakan media tanam yang sangat murah seperti polybag. Tanaman jahe dapat ditanam pada polybag yang berukuran sedang, sehingga tidak perlu mengganti polybag ketika tanaman membesar.

  1. Pemeliharaan

Menanam jahe di polybag agar cepat panen juga bergantung pada pemeliharaan tanaman. Pada proses ini, Anda tidak akan merasa kesulitan karena tanaman jahe sangat mudah dipelihara. Jika ada hari hujan, maka tanaman tidak perlu memerlukan air. Penyiraman hanya diperlukan jika tidak ada hujan. Pastikan kondisi tanah di dalam polybag selalu gembur untuk memudahkan perkembangan akarnya.  Anda bisa memupuk tanaman jahe menggunakan kompos.

  1. Panen

Tanaman ini memerlukan waktu yang cukup panjang mulai dari bibit hingga masa panen, yaitu 10 bulan. Jika tanaman sudah terlihat tua, batang yang tinggi dan daun yang kering, maka jahe sudah mulai bisa dipanen. Tarik tanaman dari polybag, kemudian bersihkan bagian akar dari tanahnya. Anda bisa memotong bagian akar agar terpisah dari batangnya.

Melakukan budidaya jahe rumahan bukanlah hal yang sulit. Tanaman ini banyak dicari terutama di musim-musim pancaroba dan hujan. Olahannya sangat banyak di pasaran sehingga kebutuhan untuk produksinya cukup tinggi. Jika Anda menanam dalam jumlah banyak, Anda bisa memanfaatkannya untuk konsumsi sendiri sambil dijadikan ladang bisnis di rumah.