Membedakan Antara Material PVC dan Kusen UPVC

Perbedaan PVC dengan uPVC

pabrik produsen upvc kusen

Apa itu PVC?

PVC adalah singkatan dari “polivinyl klorida”. Mirip dengan uPVC tetapi tidak persis sama. Hal yang paling mendasar yang membedakan keduanya ialah PVC lebih fleksibel daripada uPVC berkat penambahan zat plasticizer, yang merupakan zat untuk melunakkan plastik.

PVC dilarang di Eropa dan di semua produk mainan di Amerika Serikat karena kandungan phthalates di dalamnya. PVC mengandung phthalates dan BPA, yang merupakan senyawa kimia yang digunakan untuk memberikan efek fleksibilitas pada vinyl. Akibatnya, PVC lebih berpori dan membutuhkan lebih banyak perawatan dari waktu ke waktu untuk menghilangkan noda pada permukaannya. Karena itu, PVC tidak sering digunakan dalam konstruksi jendela dan pintu.

Phthalates dan BPA menyebabkan efek berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan kita, terutama jika terjadi kebakaran, PVC yang terbakar akan menimbulkan asap yang berbahaya jika terhirup. Ketika terkena suhu yang tinggi, PVC mengeluarkan asap beracun yang dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa sistem organ.

 

Apa itu UPVC?

Jadi, apa itu uPVC? Yah, itu pada dasarnya adalah jenis plastik yang kaku. Karena begitu kuat dan tahan lama, ini merupakan bahan yang baik untuk kusen jendela, saluran air dan pipa ledeng.

Dan jika Saudarai bertanya-tanya apa arti huruf uPVC, itu adalah singkatan dari “polivinyl klorida tanpa plastik”. Itu cukup susah untuk dikatakan sehingga tidak heran orang menyingkatnya menjadi uPVC saja!

Seperti namanya, uPVC tidak mengandung phthalates atau BPA, menghasilkan produk yang aman bagi lingkungan sambil tetap mempertahankan kegunaan kusen jendela vinyl. UPVC adalah bahan yang kuat, terutama digunakan dalam konstruksi jendela karena efisiensi termal dan daya tahannya.

 

Apa Perbedaan Antara PVC dan UPVC?

Ketika Kita memilih bahan untuk kebutuhan komponen rumah Anda, Saudarai akan menemukan bahwa ada sejumlah bahan yang berkualitas tinggi dan tahan lama yang dapat dimasukkan ke dalam struktur bangunan umum seperti jendela, pintu, dll. Meskipun mereka mungkin memiliki nama yang terdengar sangat umum, banyak dari produk ini dirancang untuk aplikasi yang sangat spesifik. Dengan demikian, Anda harus mengetahui perbedaan antara PVC dan uPVC agar kelak Anda tidak salah pilih dan menyebabkan rumah Anda tidak nyaman untuk di tinggali.

PVC dan UPVC adalah dua jenis vinil yang berbeda. Perbedaan mendasar antara kedua jenis plastik ini adalah penggunaan plasticizer: PVC mengandung zat plasticizer sementara uPVC tidak. Zat plasticizer membuat PVC lebih lunak dan fleksibel namun tetap kuat dan memiliki daya tahan yang luar biasa, yang berarti PVC adalah bahan yang sempurna untuk kabel, mainan, tirai shower dan bahkan pakaian. Hasil akhir setelah PVC di campurkan dengan plasticizer adalah bahan yang jauh lebih tidak kaku yang dapat dipakai dalam beragam aplikasi atau area. Mereka banyak digunakan dalam industri konstruksi karena kelenturan dan fleksibilitasnya untuk menghasilkan berbagai bentuk.

Ketika tidak ada plasticizer yang dimasukkan ke dalam PVC standar, ini dikenal sebagai uPVC. Dari namanya sudah terlihat bahwa material ini pada dasarnya adalah PVC tapi tanpa plasticizer. Seperti yang Bapak/Ibu harapkan, jenis plastik ini masih sangat ringan dan kuat. Namun, alih-alih fleksibel, jauh lebih keras dan kaku. Jelas terlihat bahwa walaupun PVC dan uPVC mungkin terdengar sama, mereka berbeda dalam komposisi dan teksturnya.

Namun, kedua bahan ini mempunyai fungsi yang berbeda. PVC sering dipakai untuk melapisi dinding dan membuat pagar, sedangkan UPVC digunakan untuk konstruksi jendela dan pintu. PVC tidak cocok untuk konstruksi jendela dan pintu karena komposisi kimianya yang menjadikan material ini sangat lunak dan elastis. uPVC, sebaliknya, keras dan kaku, jadi bagus untuk hal-hal seperti bingkai jendela dan pipa.

uPVC sering digunakan dalam industri konstruksi sebagai pengganti kayu. Dalam kasus ini pertimbangan material yang di butuhkan di mana kayu tidak dapat digunakan secara berkelanjutan jika di gunakan dalam volume yang cukup besar, penggunaan uPVC terkadang dapat dianggap sebagai pilihan yang lebih ramah lingkungan. Ini merupakan suatu alternatif yang tepat, bagaimanapun, banyak produsen produk berkomitmen untuk memproduksi produk ramah lingkungan.

Namun, daya tarik dari bahan uPVC dalam aplikasi industri konstruksi adalah uPVC tidak memerlukan tingkat perawatan dan perawatan yang sama seperti kayu alami. Kayu, khususnya kayu yang digunakan pada bagian luar struktur bangunan, harus dirawat dan diwarnai secara rutin. Untuk itulah uPVC menjadi alternatif, karena uPVC tidak memerlukan perawatan yang intensif.

Ini sebenarnya adalah salah satu opsi yang paling serbaguna dalam bahan konstruksi meskipun tidak memiliki fleksibilitas yang setara dengan PVC. Umumnya uPVC dipakai untuk kusen jendela, sebagai bagian dari jendela kaca ganda dan lapis tiga dan juga untuk kusen pintu kaca geser. Ini tersedia dalam berbagai macam warna dan bahkan dapat disesuaikan agar terlihat seperti material bangunan lainnya seperti logam atau kayu alami.

Salah satu keuntungan utama menggunakan uPVC dalam konstruksi dan renovasi bangunan adalah kemampuan untuk membuat struktur yang tahan terhadap serangan rayap. Ketika uPVC dipakai sebagai pengganti kayu di bagian luar bangunan, ini menyisakan lebih sedikit tempat bagi serangga invasif dan sangat merusak ini untuk berkembang biak dan tinggal. Selain itu, permukaan halus dari plastik ini memungkinkan air mengalir lebih mudah sehingga memastikan drainase yang baik di bagian paling atas bangunan.

PVC lebih sering digunakan dalam perpipaan. Ini karena fleksibilitasnya dan fakta bahwa itu lebih cocok di daerah yang sempit dan terbatas yang memerlukan desain melengkung atau tidak linier. Tidak satu pun dari bahan-material ini akan menyusut atau berubah meskipun terpapar pada kondisi ekstrim. Dengan demikian, keduanya dengan cepat menjadi pilihan yang disukai di antara konsumen dan perusahaan bangunan.

 

Bisakah PVC Digunakan Untuk Membuat Kusen Jendela?

Tidak, PVC tidak bisa digunakan untuk membuat kusen jendela, karena PVC terlalu lunak. Untuk membuat kusen jendela, uPVC dapat digunakan sebagai gantinya, karena lebih kokoh dan lebih tahan lama.

Meskipun demikian, Kita mungkin masih melihat beberapa kusen jendela diiklankan sebagai “PVC” – namun, ini merupakan kesalahan, yang mereka maksud pastilah uPVC.

Pabrik upvc jakarta

Apa Keuntungan Menggunakan UPVC Untuk Membuat Kusen Jendela?

uPVC adalah plastik yang bagus karena kuat, tahan lama, dan tahan cuaca. Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kusen jendela karena uPVC dapat menahan hujan, dingin, panas dan angin tanpa masalah. Terkena berbagai macam hal seperti air, terik matahari, terpaan angin sepanjang siang dan malam bukanlah masalah bagi uPVC. Ini menjelaskan mengapa uPVC sangat populer untuk membuat kusen jendela.

Faktanya, jika Bapak/Ibu melihat kusen jendela apa pun hari ini, kemungkinan itu dibuat dari uPVC. Dulu sebagian besar bingkai jendela terbuat dari kayu, tetapi saat ini banyak orang lebih cenderung memilih uPVC, berkat daya tahan, kekuatan, dan tahan cuaca. Selain itu Anda juga harus mengetahui bahwa uPVC mempunyai sifat insulasi yang sangat baik, sehingga membantu menjaga rumah Bapak/Ibu hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Jadi, secara keseluruhan, uPVC adalah pilihan yang sangat baik untuk kusen jendela. Sifat insulasi ini juga berlaku untuk suara, kusen uPVC ini dapat mereduksi suara keluar atau pun suara yang akan masuk.

Itulah perbedaan antara PVC dan uPVC, dapat di tarik kesimpulan bahwa PVC memiliki tekstur yang lunak dan fleksibel dan kegunaan nya adalah untuk bahan dasar pipa, pelapis kabel,dll. PVC juga tidak bisa di jadikan sebagai material dasar kusen jendela. Selain itu PVC juga mengandung phthalates yang berbahaya jika terbakar dan asapnya terhirup. Sedangkan uPVC memiliki tekstur yang kokoh serta kuat dan dapat di gunakan sebagai kusen jendela dan pintu, uPVC juga tidak mengandung material yang berbahaya untuk kesehatan serta dapat di daur ulang.

Jika Kita ingin memasang kusen uPVC serahkan pada kami, Selaku Pabrik Kusen UPVC kami adalah kontraktor yang bergerak di bidang produksi dan pemasangan kusen uPVC yang berpengalaman lebih dari 5 tahun.

Kami memberikan gratis biaya konsultasi dan desain, juga gratis biaya survei dan pemasangan Kusen UPVC di daerah JABODETABEK ( Jakarta Bogor, Depok, Tangerang Dan Bekasi

kami memberikan garansi hingga 10 tahun. Segera hubungi kami untuk pemasangan di tempat Kita!