Cara Membuat Manisan Pepaya Basah Yang Praktis

Cara Membuat Manisan Pepaya – Buah adalah salah satu makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita karena kandungannya. Sayangnya buah sering tidak bertahan lama dan membusuk dengan cepat saat dikonsumsi.

Salah satu cara untuk membuat buah lebih tahan lama adalah dengan membuat permen. Selain lebih tahan lama, aneka buah-buahan yang dibuat oleh manisan juga lebih praktis karena hanya perlu dikonsumsi tanpa perlu dikupas, dll.

Buah manisan adalah camilan yang enak dan sehat karena terbuat dari buah. Sayangnya ketika kita membeli permen di pasaran ada permen yang dicampur, sehingga berbahaya. Anda juga dapat mencoba mesin susu kedelai.

Ada banyak jenis manisan buah yang dijual di pasaran. Buah manisan sangat terkenal, terutama dari Bogor. Hanya melihat warna-warna manisan warna-warni mungkin telah menarik perhatian kita.

Jadi alangkah baiknya jika kita belajar membuat permen sendiri. Membuat manisan buah sendiri juga lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya karena kami sendiri menyiapkan bahannya.

Pepaya mengandung banyak air tetapi rasanya cenderung manis.

Buah hijau dan kekuningan ini setelah matang dicintai oleh semua orang. Tidak hanya segar, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat, termasuk:

Mencegah flu

Di musim hujan tentu banyak orang yang mudah terserang flu. Bagi Anda yang ingin menghindari virus flu ini mengkonsumsi buah pepaya adalah solusinya. Buah pepaya mengandung banyak vitamin C yang berfungsi menjaga imunitas tubuh.

Obati gangguan pencernaan

Khasiat buah pepaya memang telah terbukti mengatasi gangguan pencernaan. Ini karena pepaya mengandung enzim papain yang baik untuk mencerna tubuh manusia.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat mematikan. Ternyata ada cara mudah untuk menghindari penyakit ini dengan mengonsumsi buah pepaya secara teratur setiap hari.

Menjaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan menggunakan biji pepaya. Ini karena biji pepaya mengandung flavonoid dan fenotik.

Mencegah penuaan dini

Kecantikan sangat penting, terutama bagi wanita. Karena itu, menjaga kulit agar awet muda menjadi sangat penting. Buah pepaya adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit dan mencegah penuaan dini.

Mencegah stroke

Buah pepaya juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa ini adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh organ tubuh terutama untuk mencegah stroke. Caranya dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin setiap hari.

Vitalitas pria

Aliran darah yang lancar pada Mr P sangat berpengaruh untuk meningkatkan vitalitas pria. Pepaya memiliki kandungan enzim arginine yaitu enzim yang berguna melancarkan aliran darah.

Kesehatan kulit

Pepaya mengandung vitamin A, E dan C. Ketiganya merupakan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara Membuat Manisan Pepaya

Bahan:

  •     2 buah pepaya
  •     2 kg gula putih
  •     8 gram garam
  •     6 sdt kapur sirih
  •     4 lt air

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah:

  1.     Kupas buah pepaya dan potong sesuai selera
  2.     Cuci bersih dan rendam potongan pepaya dalam larutan air garam (2 liter air dan 8 gram garam).
  3.     Setelah layu, tiriskan potongan buah pepaya
  4.     Siapkan larutan air kapur sirih (2 liter air dan 6 sdt kapur sirih)
  5.     Rendam irisan pepaya ke dalam air kapur sirih semalaman
  6.     Kuras buah pepaya dan bilas sampai bersih
  7.     Siapkan wadah kemudian tambahkan irisan pepaya dan tambahkan 400 gram gula putih
  8.     Diamkan selama 3-4 jam untuk mengeluarkan air
  9.     Kuras dan buang air besar
  10.     Masak sisa air rendaman dengan 300 gram gula putih hingga mengental
  11.     Dinginkan lalu tuangkan ke dalam pepaya
  12.     Siapkan stoples lalu rendam pepaya dengan air gula selama 1 malam sampai airnya keluar
  13.     Kuras lalu ulangi sampai air habis
  14.     Manisan pepaya siap dinikmati

Itulah cara membuat permen pepaya basah dan kering. Anda juga dapat mencoba mesin giling jagung. Semoga bermanfaat bagi Anda.