Cara Memilih Mesin Cetak Stiker Yang Tepat

Cara Memilih Mesin Cetak yang Tepat, bagus dan awet sudah menjadi sebuah pertanyaan banyak orang, kebutuhan mesin cetak saat ini bukan hanya sekedar melakukan percetakan saja melainkan memindai data (scan), ataupun melakukan fotokopi. Bagi anda yang ingin mencari sebuah mesin cetak memang sedikit sulit, karena banyak sekali pilihan merk dan seri yang dikeluarkan oleh setiap vendor vendor mesin cetak.

Dari pasar mesin cetak, konsumen selalu di tawari dengan produk mesin cetak yang sangat terjangkau dan sangat menarik untuk dibeli tanpa mengetahui terlebih dahulu spesifikasinya. Beberapa resiko yang mungkin terjadi bila salah memilih mesin cetak :

  • Beberapa produsen mesin cetak sengaja memproduksi mesin cetak dengan harga murah, namun dengan harga spare part seperti cartridge yang lebih mahal dari harga mesin cetak itu sendiri.
  • Mesin mesin cetak yang mudah panas dan membutuhkan perawatan khusus.
  • Mudahnya mesin cetak rusak, dan seringnya terjadi masalah selang penggunaan kurang lebih 3 bulan.
  • Garansi yang sangat sulit di klaim atau bahkan tidak ada garansi.

Untuk memilih mesin cetak yang akan anda gunakan untuk mencetak stiker, maka harus dibutuhkan mesin cetak yang harus sangat baik kualitasnya. Apalagi jika stiker tersebut akan digunakan untuk souvenir promosi perusahaan atau untuk kegiatan yang lainnya. Maka anda harus benar-benar pandai memilihnya.

Cara Memilih Mesin Cetak

Berikut ini merupakan beberapa tips atau Cara Memilih Mesin Cetak yang Tepat Untuk Cetak Stiker yang bagus dan tahan lama.

#1. Pilih Merk Branding

Dengan memilih produk mesin cetak dari merk branding, anda sudah mendapatkan kualitas baik, beberapa merk yang terkenal dan dapat dijadikan sebagai pilihan seperti canon, epson, hp, brother dan fuji xerox. Jika anda yang ingin memilih mesin cetak dengan merk lain, maka anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa kekurangannya dan berkonsultasi mengenai perbandingan merk lain dengan merk brand terkenal.

#2. Usahakan Membeli Mesin cetak Dalam Kondisi Baru

Mengingat mesin cetak merupakan mesin yang pasti akan memiliki penurunan kinerja baik itu dari segi mencetak, scan ataupun fotokopi. Sebaiknya hindarkan untuk mencari mesin cetak yang bekas dikarenakan dapat memungkinkan kerugian di calon pembeli, dari sisi penjual juga terkadang menyembunyikan kekurangan saat dijualnya.

#3. Garansi Resmi Yang Jelas

Salah satu yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cetak baru adalah cek garansi. Ada beberapa toko yang hanya memberikan kartu garansi resmi saja, dan ada pula toko yang membantu klaim garansi anda, sehingga pilihlah toko penjualan yang bisa membantu mengklaim kerusakan mesin cetak yang anda beli sehingga hal itu akan menjadi point tambah bila sewaktu waktu mesin cetak anda rusak.

#4. Kualitas Cetak Mesin cetak Yang Bagus

Dalam memilih mesin cetak, anda juga harus menentukan kualitas percetakan. Di pasar mesin cetak, kini telah banyak beredar mesin cetak mesin cetak yang memiliki kualitas biasa hingga kualitas photo, biasanya untuk mesin cetak kualitas bagus memiliki seri seri “Photo / image”. Hal ini yang harus diperhatikan bila anda ingin menggunakan mesin cetak untuk cetak stiker yang nantinya akan ditempel pada alat atau souvenir Anda. Misal anda ingin menempelkannya pada powerbank souvenir, gelas, laptop ataupun souvenir lainnya.

Perbedaan keduanya terletak saat mencetak dokumen atau gambar, bila pada mesin cetak seri photo hasil cetakannya lebih bagus, terkesan seperti kerapatan pixel yang sangat kecil dan tidak tampak. Sedangkan pada mesin cetak biasa, akan terasa pixel pecah yang mencolok ketika mencetak gambar yang sangat besar. Umumnya bila anda tidak membutuhkan mesin cetak seri photo, sebaiknya gunakan mesin cetak model biasa agar menghemat budget.

#5. Kecepatan Mencetak

Pernahkah anda menemui pelayanan percetakan? Salah satu mesin cetak yang sering digunakan seperti mesin cetak multifungsi HP PageWide Enterprise, dengan kecepatan rata rata hingga 70 halaman permenit.

Sebaliknya, bila anda tidak membutuhkan kecepatan mencetak, sebaiknya point kelima dapat anda abaikan karena setiap mesin cetak memiliki standar mencetak yang hampir sama.