Lulusan Teknik Sipil Bisa Kerja di Bank? Penuhi Syarat Ini!

Lulusan Teknik Sipil Kerja di Bank Asalkan Memenuhi Syarat Ini! – Lulusan teknik sipil memang masih belum banyak ditemukan dan dilirik oleh masyarakat, sebab mereka dianggap memiliki bidang kerja khusus yang satu jalur dengan pendidikan yang mereka pelajari. Akan tetapi, ternyata lulusan teknik sipil juga bisa menjadi pegawai bank jika memang ingin bekerja di bidang tersebut.

Pasalnya bank menerima hampir semua fresh graduate atau lulusan baru para mahasiswa dari semua jurusan, bahkan teknik sipil sekalipun. Semua jurusan tersebut akan masuk dalam managemen trainee sebelum mulai bekerja.

Anda yang merupakan lulusan teknik sipil kerja di bank tetap diperbolehkan, bahkan memiliki kemungkinan diterima sama besar dengan mereka yang belajar dan lulus di jurusan perbankan. Untuk trainee yang berasal dari jurusan eksakta, seperti teknik sipil, MIPA, bahkan ilmu statistika besar kemungkinan akan diarahkan untuk menjadi credit analyst.

Akan tetapi tidak semua lulusan teknik sipil bisa masuk menjadi pegawai bank, Anda harus memenuhi kualifikasi serta standar yang diberikan oleh bank tempat Anda hendak mendaftar. Beberapa bank mungkin akan memberikan kualifikasi yang berbeda sebagai bentuk pengembangan personalia, namun secara umum syarat antar bank memiliki kesamaan, diantaranya:

  1. Umumnya pihak bank akan menahan ijazah karyawan baru, terutama mereka yang baru bergabung dan masih fresh graduate.
  2. Beberapa bank bahkan melakukan perampingan dengan menggunakan AI sebagai dampak digitalisasi, sehingga Anda harus siap ditempatkan dalam posisi apapun.
  3. Lulusan teknik sipil kerja di bank akan mendapatkan gaji dengan besaran UMR, mungkin akan dilebihkan sedikit. Ini sering terjad pada lulusan baru yang mendaftar dan diterima di berbagai bank.
  4. Akan terdapat kontrak kerja yang harus ditaati, dan biasanya berlangsung cukup lama, sekitar 3 sampai 5 tahun. Kontrak ini berbeda tiap bank terkait berapa lama harus bekerja di tempat tersebut dan memiliki sifat mengikat.
  5. Kadang terdapat denda yang akan dibebankan kepada pegawai bank yang mengundurkan diri sebelum kontrak yang diberikan habis.

Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Bekerja di Bank

Ada beberapa aspek penting yang akan menjadi penilaian pihak personalia dari berkas lamaran yang Anda kirimkan. Dengan memenuhi persyaratan tersebut, Anda yang merupakan lulusan teknik sipil tetap bisa bersaing dengan lulusan perbankan dan lainnya.

Latar Belakang Pendidikan dan IPK

Hal akademik ini bisa membantu lulusan teknik sipil kerja di bank, terutama dengan nilai IPK yang baik. Untuk bekerja di bank, Anda harus memiliki IPK diatas 3,00 untuk lulusan S1, sedangkan untuk lulusan S2 harus diatas 3,25.

Sedangkan untuk latar belakang pendidikan, tentunya mereka yang berasal dari jurusan manajamen, akuntasi, serta ilmu ekonomi mendapatkan perhatian yang lebih. Namun untuk Anda yang berasal dari jurusan teknik atau komputer akan mendapatkan peluang karir yang tidak kalah menarik.

Batas Usia dan Status Pernikahan

Anda yang hendak mendaftar di bank maksimal berumur 25 tahun untuk lulusan sarjana, sedangkan untuk lulusan magister, Anda bisa diterima jika umur Anda tidak lebih dari 28 tahun.

Sedangkan untuk status pernikahan, umumnya bank memilih pelamar yang masih single dan belum menikah. Beberapa bank bahkan memiliki ikatan dinas, dimana pelamar tidak boleh menikah sampai ikatan dinas tersebut selesai.

Dengan mengetahui informasi tersebut, kini Anda sudah mengetahui bahwa lulusan teknik sipil kerja di bank memang memungkinkan. Namun jika terdapat karir lain yang satu bidang dengan jurusan Anda, akan lebih baik bekerja di bidang tersebut agar ilmu yang dipelajari bisa digunakan.

Sumber: https://chokingman.com/prospek-kerja-teknik-sipil/