Mengenal Beberapa Metode Sterilisasi

Metode Sterilisasi yang dikenal dan masih dilakukan sekarang ini setidaknya ada 5 macam yaitu metode panas uap, panas kering, penyinaran, metode kimiawi dan metode filtrasi. Ada juga metode yang sudah lama tidak digunakan lagi seperti metode rebus, metode pijaran langsung. Metode – metode ini mungkin sekarang sudah tidak digunakan lagi karena sudah dapat diwakili dengan metode yang lebih modern seperti metode panas uap atau panas kering.

Pengertian Sterilisasi

Ada banyak sekali macam pengertian sterilisasi namun yang dimaksud sterilisasi yang kita bahas di sini adalah menghilangkan mikroorganisme patogen yang menempel pada satu benda dengan menggunakan metode tertentu. Proses sterilisasi dilakukan di banyak bidang diantaranya di laboratorium, rumah sakit & klinik dan juga dalam sektor industri tertentu.

Metode Sterilisasi

# Panas Uap

Sudah sedikit dijelaskan di bagian muka ada beberpa macam metode sterilisasi, salah satunya adalah metode panas Uap. Metode ini dinamakan metode panas uap karena proses sterilisasi menggunakan uap yang panas dalam sebuah wadah tertentu. Metode ini sekarang telah disempurnakan menjadi panas uap bertekanan dengan menggunakan alat yang disebut Autoclave.

# Panas Kering

Selain panas uap, ada juga metode panas kering. Hal ini karena panas yang digunakan untuk proses sterilisasi adalah panas kering yang diradiasikan dari sebuah elemen penanas berupa sinar inframerah dengan suhu tinggi. Metode sterilisasi ini sekarang ini sangat mudah dilakukan karena sudah ada alat yang disebut dengan sterilisator kering. Alat ini cukup praktis dan juga relative murah.

# Penyinaran

Dalam bidang terentu ada juga sterilisasi yang dilakukan dengan metode penyinaran. Yakni dengan menggunakan sebuah alat sterilisasi lampu UV. Alat ini digunakan untuk mensterilkan air dan juga udara yang terdapat dalam satu ruang tertentu seperti beberapa ruangan yang terdapat di rumah sakit atau klinik.

# Metode Kimiawi

Sesuai dengan namanya, sterilisasi ini dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan kimia yang bersifat desinfektan atau anti septik. Metode sterilisasi kimia umumnya digunakan dalam dunia medis dan juga laboratorium untuk membersihkan peralatan – peralatan yang telah digunakan ataupun yang akan digunakan. Beberapa zat kimia yang digunakan dalam metode ini contohnya Alkohol (Etanol)

# Metode Filtrasi

Metode filtasi sangat berbeda dari metode lain yang sudah kita bahas. Metode ini digunakan untuk cairan yang tidak tahan panas atau akan rusak dan berubah apabila dipanaskan seperti enzim dan cairan sejenisnya. Alat yang digunakan dalam metode ini adalah sebuah filter dengan ukuran yang sangat kecil yang digunakan untuk menyaring zat tersebut.