Mengenal Contoh Alat Elektromedik Di Rumah Sakit

Terdapat banyak sekali alat – alat kesehatan yang bisa kita temukan di rumah sakit ataupun klinik. Bagi kita orang awam, tentunya tidak begitu penting sekali mengetahui secara detail tentang nama – nama alat kesehatan tersebut. Namun tidak ada salahnya apabila saya dan anda sedikit mengenal salah satu diantara beberapa jenis alat kesehatan tersebut.

Pengertian Alat Elektromedik

Alat Elekteromedik merupakan salah satu diantara beberapa jenis alat kesehatan yang digunakan di rumah sakit atatupun klinik. Elektromedik adalah alat – alat yang dalam pengoperasiannya dan juga prinsip kerjanya berhubungan dengan kelistrikan. Untuk lebih jelasnya, mari kita langsung saja simak beberapa contohnya.

Contoh Alat Elektromedik

# EKG (Elektrokardiograf)

EKG atau terkadang juga disebut dengan ECG merupakan alat kesehatan yang sangat mudah kita jumpai di rumah sakit atau pusat layanan medis sejenisnya. Mulai tingkat bawah hingga tingkat daerah yang menjadi rumah sakit rujukan. EKG berfungsi untuk merekam kelistrikan otot jantung guna mendiagnosis ada tidaknya gangguan pada irama jantung seperti takikardia. Proses rekam jantung ini sangat cepat, efisien dan juga murah. Hal ini mungkin karena harga alat ekg juga cukup terjangkau.

# Defibrillator

Masih kita bahas tentang contoh alat Elektromedik. Berikutnya adalah alat kejut jantung. Ya, alat ini diberi nama defibrillator yang merupakan kebalikan dari kata fibrilasi. Alat ini bekerja dengan energi listrik yang kemudian dialirkan pada jantung manusia yang sedang mengalami fibrilasi. Apa itu fibrilasi jantung ? Yaitu sebuah kondisi dimana bagian atrial atau ventrikel jantung mengalami fibrilasi karena gangguan otot jantung. Jantung bergetar dengan cepat dan acak namun tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Itu sebabnya, sengatan listrik pada jantung bisa membuat jantung terkejut dan kemudian memulai detaknya kembali dengan normal.

# Pasien Monitor

Pasien monitor adalah sebuah alat medis yang berfungsi untuk mengontrol dan memantau kondisi fisiologis pasien yang tengah dirawat intensif dalam ruang icu sebuah rumah sakit. Alat ini berisi berbagai macam komponen elektronik dan digital sehingga dapat berfungsi secara otomatis untuk memantau beberapa parameter kesehatan pasien seperti detak jantung, grafik EKG, respirasi (pernafasan), dan beberapa lagi diantaranya.