Mengenal Beberapa Macam Model Alat Peraga

Alat Peraga dapat didefinisikan sebagai instrument atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran, penyuluhan dan sejenisnya dengan tujuan untuk memperjelas kasus dan materi ajar sehingga akan merangsang siswa atau pelajar untuk mengikuti memahami lebih jauh terhadap materi yang disampaikan.

Penggunaan alat peraga dalam pendidikan sudah sejak lama dilakukan. Memang tidak semua pelajaran di sekolah membutuhkan alat peraga yang banyak. Sebut saja, IPS, PPKN, atau sejenisnya. Namun sebenarnya, alat peraga untuk itupun ada dan bisa digunakan. Nah, berikut ini beberapa macam bentuk dan model alat peraga yang digunakan dalam pendidikan.

# Gambar

Bentuk alat peraga yang satu ini digunakan hampir di seluruh aspek. Bakn dalam dunia pendidikan dan juga dalam instansi yang berperan dalam penyuluhan pendidikan. Alat peraga ini berbentuk gambar yang umumnya berwarna yang menggambarkan satu hal terkait dengan materi yang diajarkan. Contoh : Gambar anatomi tubuh hewan dan manusia, gambar perkalian, penjumlahan, pengurangan dan lain sejenisnya.

# Instrument

Instrument yang dimaksud di sini adalah gabungan dari beberapa macam bentuk model alat. Alat peraga ini sebenarnya cukup kompleks. Dalam pendidikan, alat peraga ini digunakan contohnya di sekolah menengah pertama ke atas hingga perguruan tinggi. Contoh : Instrument peraga rangkaian seri dan pararel, instrument percobaan gerak lurus beraturan, dan lain sebagainya.

#Manekin (Boneka Phantom)

Selain dua bentuk diatas, ada juga bentuk lain yakni berupa boneka atau tiruan bagian tubuh manusia. Alat peraga ini sering disebut dengan manekin. Alat ini digunakan di sekolah tinggi ilmu kesehatan dan kedokteran. Alat peraga ini sering disebut dengan alat peraga kesehatan atau alat peraga kedokteran. Contoh : Model simulator injeksi lengan, model anatomi mata manusia, model simulator kelahiran bayi dan lain sebagainya.

Itulah beberapa bentuk alat peraga yang digunakan di berbagai bidang umumnya dalam bidang pendidikan di berbagai tingkat sekolah. Dari mulai sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Sekian, semoga bisa menambah wawasan kita sekalian.