Sebelum Digunakan, Yuk Kenali Jenis dan Karakteristik Mesin EDC

Hampir di semua bank saat ini sudah mengeluarkan mesin edc bagi para penggunanya. Tentunya mereka memiliki standar tersendiri dalam memberikan fasilitas bagi pengguna. Diketahui mesin EDC sendiri memiliki manfaat yang luar biasa di era maju seperti ini.

Namun sebelum kita bisa menggunakan mesin edc ini, kita diharuskan mengetahui beberapa jenis serta karakteristik disetiap mesin edc. Yup, bank sendiri memiliki beberapa jenis mesin edc yang mereka siapkan untuk pengguna terutama para pebisnis yang memiliki toko, supermarket ataupun cafe-cafe.

Jenis dan karakteristik mesin edc bca

Jenis dan karakteristik mesin edc bca

Mesin EDC sendiri dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

1.) Fixed Line

Mesin edc ini adalah mesin default yang biasa dikeluarkan oleh setiap bank. Mesin EDC Fixed Line harus terhubung dengan jaringan line telpon dari telkom. Tipe mesin edc ini biasanya memiliki biaya transaksi sebesar Rp250,-. karena menggunakan jaringan fiber optik dari telkom itu sendiri. Biaya tersebut biasanya bisa berubah ataupun lebih mahal tergantung dari telkom nya sendiri.

2.) GPRS

Mesin EDC ini menggunakan sebuah simcard seperti layaknya handphone biasa. Namun mesin edc ini juga harus terhubung dengan listrik PLN jadi harus selalu tersambung pada stop kontak PLN. Mesin edc GPRS saat ini banyak digunakan di outlet-outlet atau cafe yang tidak memiliki line telpon dari telkom.

3.) GPRS Mobile

Nah mesin edc ini menjadi mesin yang paling banyak digunakan. Karena mesin edc ini tidak perlu dicolok terus menggunakan listrik pln ataupun kabel telpon dari telkom. Mesin EDC GPRS Mobile sudah memiliki dayanya sendiri yakni baterai. Selain itu mesin edc ini juga menggunakan teknologi dari simcard sehingga mirip sekali dengan handphone yang biasa kita gunakan.

Perlu diingat, biaya per transaksi bisa saja ditambahkan jika pembeli menggunakan kartu yang berbeda bank. Namun untungnya biaya transaksi tersebut biasanya dibebankan oleh si penjual bukan untuk pembeli. Jadi bagi pembeli tidak perlu khawatir dengan potongan tambahan tersebut.

Selain itu jika mesin edc error ataupun bermasalah lainnya, opsi pertama yang bisa kalian lakukan adalah merestart mesin edc tersebut. Biasanya error sering terjadi karena sinyal yang lemah ataupun transaksi yang gagal.

Itu tadi beberapa jenis karakteristik pada mesin edc. Semoga bermanfaat bagi kita yang akan menggunakannya dalam bisnis.