Cara Membuat Minyak Cengkeh

Cara Membuat Minyak Cengkeh – Minyak cengkeh memiliki segudang khasiat yang bisa kita peroleh terutama di bidang kesehatan. Senyawa di dalamnya sangat dibutuhkan.

Senyawa tersebut adalah eugenol yang memiliki sifat antiseptik dan anestesi (anestesi). Selain Eugenol. Juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat dalam dunia kedokteran, diantaranya sebagai antibakteri, antimikroba, dan juga sebagai aromaterapi.

Selain itu minyak cengkeh ini memiliki kegunaan yang cukup beragam, tidak hanya untuk kesehatan saja, tetapi juga untuk kosmetik, bahan makanan dan minuman, pewangi, obat-obatan, bahkan dapat digunakan sebagai bahan peledak dan shuttle oil.

Makanya, tak heran jika minyak ini juga dijadikan sebagai barang ekspor dengan harga yang cenderung stabil.

Cara berbicaranya sebenarnya sangat sederhana. Daun yang terkumpul biasanya akan dimasukkan ke dalam ketel tempat pengolahan pemp daun cengkeh berada.

Di atas ketel terdapat alat khusus yang akan mengalirkan uap dari cengkeh ke pipa khusus di kolam atau melalui proses penyulingan.

Pipa-pipa ini kemudian membawa air dan minyak. Oli otomatis akan turun karena memiliki massa yang berbeda dengan air. Jadi, minyak inilah yang kemudian kami ambil.

Sehingga hingga saat ini, proses pembuatannya bisa menjadi alternatif wirausaha yang sangat menggiurkan. Apalagi peluang bisnis di sektor ini semakin meningkat, karena permintaan minyak ini terus meningkat.

Namun jika ingin menggarap peluang usaha penyulingan minyak cengkeh, sebaiknya pabriknya tidak jauh dari areal budidaya cengkeh. Anda juga bisa menggunakan mesin cengkeh untuk memproses cengkeh.

Selain itu, pemasangan antara boiler dan pipa harus detail dan harus dihitung sesuai dengan jumlah oli maksimal yang didapat.

 

Cara Membuat Minyak Cengkeh

cara membuat minyak cengkeh

Alat dan Bahan:

  • cengkeh yang sudah kering
  • Ketel plat besi (plateer)
  • Perapian
  • Kondensor (berupa kolam yang pipa ditenggelamkan dalam bentuk spiral atau pipa baja biasa dalam bentuk melingkar)
  • 4 drum plastik berukuran 200 liter untuk menampung minyak cengkeh
  • Menyapu
  • Sendok
  • Jeriken
  • Oli corong
  • Kain saring

Cara Membuat Minyak Cengkeh:

  1. Langkah pertama yang harus diambil adalah proses pemurnian. Proses distilasi ini dilakukan dengan memanaskan bahan baku dan air yang dimasukkan ke dalam ketel yang kemudian dipanaskan.
  2. Prosesnya bisa menggunakan bahan bakar berupa limbah daun cengkeh sebelumnya, atau bisa juga menggunakan bahan bakar lain.
  3. Nantinya uap air dan uap minyak cengkeh akan mengalir melalui pipa menuju kondensor. Kondensor bisa menjadi kolam.
  4. Semakin lama uap minyak  cengkeh dan uap air berada di kolam pendingin, maka akan semakin baik proses kondensasi.
  5. Air kolam harus dijaga pada suhu yang dingin.
  6. Pengembunan ini akan merubah uap air dan uap minyak cengkeh menjadi bentuk cair berupa minyak cengkeh dan air yang tertampung di dalam drum.

Metode destilasi menggunakan uap air memiliki kelebihan. Distilasi air dan uap ini relatif murah atau ekonomis. Biaya yang dibutuhkan relatif rendah dengan rendemen minyak cengkeh yang memadai dan masih memenuhi standar kualitas yang diinginkan konsumen.

Kelemahan utamanya adalah kecepatan distilasi yang rendah.

 

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Minyak Cengkeh

1. Pemilihan Bahan Baku

Daun cengkeh yang kering, bersih, dan tidak tercampur dengan bahan lain akan menghasilkan minyak yang diinginkan.

2. Proses Produksi

Kualitas minyak daun cengkeh dan kondisi alat yang digunakan seperti mesin pengolah cengkeh dan waktu proses pemurnian.

Ketel dengan bahan anti karat akan menghasilkan minyak daun cengkeh yang lebih baik dari pada destilasi menggunakan ketel yang terbuat dari besi plat biasa, apalagi menggunakan drum timah biasa.

Waktu penyulingan yang lebih singkat juga mempengaruhi kualitas minyak daun cengkeh yang dihasilkan.

3. Penanganan Hasil Produksi

Minyak daun cengkeh yang sebaiknya disimpan dan disimpan dalam kemasan yang terbuat dari kaca, plastik atau bahan anti karat lainnya akan menurun kualitasnya jika hanya disimpan dalam wadah yang terbuat dari logam berkarat. Minyak daun cengkeh mudah teroksidasi dengan logam.