Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Apa kabar teman-teman berjumpa kembali dengan aku yang akan menjelaskan artikel yang berjudul manfaat sabut kelapa untuk tanaman kangkung.
manfaat sabut kelapa untuk tanaman

Tanaman kangkung.

 kangkung yang memiliki nama lain Ipomoea aquatic sp ini merupakan jenis tanaman sayuran yang sangat bergizi dan biasanya untuk kita olah menjadi hidangan makanan tumis kangkung.
Tanaman ini dapat kalian temukan di Indonesia dan bisa tumbuh dimana saja. Ada dua jenis tanaman kangkung yang biasa kalain temui yaitu kangkung sawah dan kangkung darat. Tetapi sekarang kalian tak perlu bingung untuk menanam kangkung.
Kalian tak perlu untuk membutuhkan lahan yang luas, hanya dengan kalian menggunakan pot atau polybag pun kalian bisa menanam kangkung sendiri di rumah. Dengan kata lain, kalian menanam kangkung di pot atau polybag bisa menjadi alternative yang tepat buat kalian yang tidak mempunyai lahan yang luas.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Sebelum membahas mengenai cara menanam kangkung dengan menggunakan sabut kelapa yang diolah menjadi Cocopeat oleh mesin pengolah sabut kelapa mungkin kalian harus mengetahui apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan.

1. Kangkung sangat dipercaya dapat mengatasi

masalah sembelit perut kalian dengan baik. hal ini dikarenakan kangkung mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga akan membuat sistem pencernaan kalian lancar.

2. Mengatasi insomnia

Di dalam kangkung mengandung ungsur zinc dan selenium yang tinggi.zat ini dapat menyebabkan kalian merasa mengantuk. Sehingga membuat kangkung dapat untuk kalian gunakan untuk mengatasi insomnia.

3. Kangkung dapat berfungsi menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh.

Hal ini dikarenakan kangkung mengandung vitamin A dan vitamin C yang begitu tinggi,
Kangkung juga berfungsi untuk kalian mencegah anemia karena mengandung ungsur zat besi yang bisa menambah kandungan hemoglobin di dalam tubuh kalian.
Itulah beberapa manfaat dari kangkung yang sangat baik untuk kesehatan kalian. Terutama untuk usus dan kesehatan hati kalian. melihat manfaat kangkung yang sangat banyak sekali ini mungkin kalian baru tau.
Tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk menanam kangkung sendiri di rumah. Hal ini bisa menjadi hobi kalian yang menyenangkan dan menyehatkan.

Tahap Menanam Bibit Kangkung Menggunakan Cocopeat

Tahapan selanjutnya adalah tahap untuk kalian menanam kangkung dengan media tanam Cocopeat. Pertama kalian bisa untuk mengisi polibag menggunakan cocopeat , kemudian kalian bisa untuk menaruh bibit kangkung ke dalam Cocopeat tadi penanaman kangkung pun sudah siap tinggal kalian lakukan tahap perawatan untuk kangkung.

Tahap Perawatan Tanaman Kangkung

Perawatan tanaman kangkung yang sudah kalian tanam tidaklah sulit. Karena manfaat sabut kelapa untuk tanaman tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh dan tidak mudah terkena serangan dari hama penyakit. Kalian bisa melakukan penyiraman secara rutin sehari dua kali yaitu pada pagi dan sore hari.
Jika kalian menanam pada musim hujan, bisa untuk kalian mengkurangi penyiramannya. Hal ini dikarenakan jika kangkung mendapatkan terlalu banyak air pada saat kalian sirami, akan membuat mudah rusak dan menguning.
Kalian bersihkan rumput dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman kangkung kalian. Adanya gulma dan rumput dapat mencuri nutrisi yang kalian beri ke media tanam kangkung kalian, sehingga pertumbuhannya tidak akan berjalan dengan baik.
Selain itu,jika kalian memberian pupuk juga harus tetap kalian lakukan. Akan lebih baik jika kalian memberikan pupuk organik, supaya hasilnya akan lebih sehat dan segar. Setelah itu tahap pemanenan kangkung.

Masa panen tanaman kangkung

Tahap pemanenan dapat kalian lakukan dalam waktu 25 sampai 30 hari. Untuk cara kalian pemanenannya harus langsung dicabut sampai ke akarnya. Tetapi jika kalian ingin memanen dalam dua kali, kalian bisa memotongnya pada bagian batangnya saja.
Sekarang kalian bisa menikmati kangkung sendiri di rumah dari hasil kebun kalian sendiri. Mudah bukan? Aku sangat yakin kalian semua tentu bisa melakukannya sendiri di rumah.
Nah demikianlah penjelasan aku tentang artikel yang berjudul manfaat sabut kelapa untuk tanaman kangkung bila ada salah kata aku mohon maaf, semoga bermanfaat dan selamat mencoba