Rumah Minimalis Dengan Rooftop Garden

Desain rooftop garden adalah desain taman yang diletakkan dengan atap sebuah bangunan, seperti rumah ataupun gedung. Dengan adanya desain rooftop garden di daerah perkotaan menjadi Desain Rumah Minimalis menjadi terlihat unik, karena di daerah perkotaan kebanyakan sudah tidak memiliki lahan yang sisa untuk taman.

Dengan adanya metode rooftop garden sebuah kesadaran orang – orang terhadap pentingnya lahan hijau, berikut hal – hal yang kalian harus perhatikan jika kalian ingin membuat desain rooftop garden dari sinan-arsitek.com :

Daftar Isi :
Mengenal Rooftop Garden
Perhatikan struktur dan konstruksi atap
Gunakan Waterproofing
Menambahkan Kanopi

Mengenal Rooftop Garden

Rooftop garden sedang tren saat ini, meskipun sedang tren kenyataannya rooftop garden ini sudah ada di babilonia dari abad ke-6 sebelum masehi. Rooftop garden bukan hanya untuk sebagai lahan hijau dirumah saja, tetapi rooftop garden ini mampu meredam panas matahari yang masuk ke rumah.

Dan kalian tidak memerlukan lahan yang luas untuk membuat taman di bagian atap rumah kalian, ukuran ideal yang dibtuhkan ialah 4m untuk membuat desain rooftop garden terlihat luas.

Perhatikan Struktur dan Konstruksi Atap

Hal yag kalian harus perhatikan adalah kuatnya struktur dari atap kalian yang nantinya akan kalian gunakan untuk taman, karena menentukan konstruksi desain ini tidak bisa semarangan jika sembarangan bisa mengakibatkan bahaya.

Selain harus kuat menahan berat manusia, atap ini juga harus bisa menahan tanah dan taman yang ada di atasnya bahkan bisa saja terdapat air hujan. Maka dari itu kalian bisa menggunakan cor – coran dengan bantuan besi agar menjadi kuat dan dapat bertahan lama.

Gunakan Waterproofing

Kalian bisa melapisi beton dengan material wareproofing, dengan menggunakan waterproofing ini akan berfungsi untuk mencegah air dari rooftop garden masuk kedalam rumah.

Selain itu, material ini juga berfungsi untuk melindungi tulang besi di balok kolom dan lantai air yang bisa mengakibatkan besi yang ada didalam menjadi karatan. Penggunaan waterproofing menjadi bagian yang sangat penting dan bahkan jangan sampai diabaikan.

Menambahkan Kanopi

Meskipun terlihat sepele, tetapi fungsi ini sangat penting ketika musim kemarau datang, dengan adanya terik matahari akan membuat kulit kalian panas. Ketika kalian menggunjungi taman kalian, dan kalian enggan pergi karena panasnya sinar matahari.

Maka dari itu kanopi tersebut sangat penting dalam aspek desain rooftop garden, dan menggunakan kanopi bisa kalian tambahkan tanaman rambat taupun menggunakan tanaman gantung.

Kesimpulan :
Jika kalian tidak menggunakan beton sebagai lantai dasar kalian bisa mengunakan kayu, tetapi tidak bisa bertahan lama karena terkena air hujan dan sinar matahari membuat kayu menjadi lapuk. Jika kalian bingung kalian bisa konsultasi dengan jasa desain rumah agar kalian dapat menentukan pilihan lantai yang sesuai dengan budget kalian.