Minyak Atsiri Jahe Merah dan 10 Manfaat Untuk Kesehatan

Hallo Sobat semuanya!

Pada kesempatan kali ini, penulis kece mau membagikan mengenai Minyak Atsiri Jahe Merah. Pasti Sobat sudah tidak asing lagi nih mengenai Minyak Atsiri, yang merupakan salah satu jenis minyak nabati yang diekstrak menggunakan berbagai jenis tanaman, dan memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Ada 140 jenis Minyak Atsiri yang diperdagangkan di pasar Internasional, dan ada 40 jenis yang diproduksi sendiri oleh Indonesia, tetapi hanya ada 12 jenis yang mendapatkan standar ekspor.

Pembuatan Minyak Atsiri tergantung dengan jenis tanaman apa yang mau kita pilih. Dan bisa dilakukan dimana saja, bahkan bisa dilakukan dirumah, yang terpenting ada bahan yang lengkap dan pastinya ada alat, salah satunya alat destilasi minyak atsiri.

Jenis Minyak Atsiri juga sangat beragam, dan yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan, yang entah untuk kulit, rambut, bayi/anak-anak, dan lain-lainnya. Contoh Jenis Minyak Atsiri diantaranya ada : Lavender, Rosemary, Kayu Putih, Kayu Manis, Lemon, Serai, Nilam, Jahe, dan masih banyak lagi.

Dan kali ini, diartikel ini akan membahas mengenai Minyak Jahe Merah. Memangnya bisa ya jahe dibuat menjadi Minyak Atsiri? Memangnya ada ya jahe merah? Manfaat nya apa saja, dan bla bla bla. Eitsss tenang tenang, jangan khawatir karena insyallah akan dibahas tuntas disini. Yukk simak terus!

Image for post

Tidak hanya sekedar bumbu rampah yang ada di dapur, ternyata bahan ini bisa dibuat menjadi Minyak Atsiri lhoo, dengan diekstrak bagian rimpangnya. Jahe itu memiliki 3 jenis yaitu ada :

  • Jahe Gajah
  • Jahe Emprit
  • Jahe Merah

Namun, Jahe Merah ini jahe yang sering dibuat menjadi Minyak Atsiri. Setiap jenis pasti memiliki manfaat tersendiri. Lalu manfaat dari Minyak Jahe Merah itu apa saja si? Dan berikut ini ada 5 Manfaat Minyak Jahe Merah untuk kesehatan

Jenis-Jenis Jahe.

Resep Masakan Praktis Rumahan Indonesia Sederhana: 3 Jenis Jahe dan  Manfaatnya

Dan berikut ini 3 Jenis Jahe dan penjelasan singkatnya :

  • Jahe Putih

√ Jual Jahe Gajah Berkualitas / Kiloan dan Ton (Hubungi: 082230766277)

Jahe ini disebut juga dengan jahe kuning besar, jahe gajah. Pada jahe ini memiliki rimpan yang besar dan gemuk, potongan melitang berwarna kekuningan dan juga memiliki serat sedikit dan lembut.

  • Jahe Putih Kecil

Cara Menanam Jahe Emprit dalam Polybag | KampusTani.Com

Jahe ini juga memiliki nama lain jahe sunti atau jahe emprit. Memiliki potongan yang melinttang berwarna putih kekuningan, agak pipih serta berserat lembut, dan juga memiliki aroma yang agak tajam dan rasa yang pedas

  • Jahe Merah

11 Manfaat Jahe Merah dan Madu untuk Kesehatan, Termasuk Baik untuk  Kesuburan Pria | merdeka.com

Biasa disebut dengan jahe merah karena warna rimpangnya berwarna jingga muda hingga berwarna merah. Berbeda dengan 2 jenis jahe di atas, jahe merah memiliki serat yang kasar. Lalu juga memiliki aroma sangat tajam dan rasa yang amat pedas.

Jahe Merah ini biasanya dipanen tua dan digunakan sebagai komponen obat-obatan dan jamu. Dan juga, jahe merah juga dapat dijadikan Minyak Atsiri dengan cara diambil bagian rimpang jahe nya. Jahe jenis ini juga memiliki aktivitas sebagai immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Efek inilah yang bermanfaat dalam pencegahan dan membantu dalam pemulihan dari Covid-19

  • Meminimalisir Resiko Hipertensi dan Penyakit Jantung.

Image for post

Sebuah studi yang mengamati efek dari jahe merah terhadap enzim yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, dengan membandingkan ekstrak cair dari jahe putih dan jahe merah. Dan hasil penelitian menunjukan, bahwa ekstrak jahe merah dapat menghambat enzim tersebut.

  • Mengatasi Rematik.

Kenali Gejala, Penyebab, dan Obat Rematik Alami Ampuh | Kerja Usaha

Dengan mengkonsumsi jahe dan madu, baik untuk mengatasi rematik. Jahe Merah memiliki kandungan yang mampu mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit.

Cara membuatnya pun mudah, dengan rebus rimpang Jahe Merah terlebih dahulu dengan temulawak, cabe jawa, kumis kucing, dan juga daun komfrey hingga mendidih. Minumlah dalam dua kali sehari, air rebusan kemudian diaduk bersama madu, dengan takaran yang sesuai selera.

  • Memperlancar Sistem Pencernaan.

Image for post

Khasiat ini diyakini berasal dari senyawa gingerol dan shogaol-nya. Kedua senyawa ini terbukti dapat mempercepat pengosongan lambung, sehingga bisa meredakan keluhan mual dan muntah yang dialami ibu hamil. Meski begitu, ada beberapa ibu hamil yang justru merasa lebih mual saat meminum jahe.

  • Sebagai Antioksidan.

Diketahui bahwa antioksidan itu bermanfaat baik untuk melindungi sel-sel tubuh, dari kerusakan akibat radikal bebas. Bila sering terpapar tanpa ada penanganan sama sekali, radikal bebas ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Misalnya itu ada kardiovaskular, rheumatoid arthritis, penuaan dini, rambut rontok, kanker, dan juga katarak.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan.

Image for post

Jahe Merah dipercaya bisa membuat merasa kenyang dan menekan nafsu makan. Gingerol yang terkandung di dalam Jahe Merah dapat membantu meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran kalori. Selain itu, senyawa gingerol juga menjaga kadar gula darah, agar supaya tetap stabil. Karenanya, rempah ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan suplemen “pembakar lemak”.

Dan sayangnya, masih diteliti lebih lanjut untuk mempelajari efek yang terhadap penurunan berat badan. Disamping itu juga, para ahli belum mengtahui formulasi dan dosis jahe merah yang tepat untuk menurunkan berat badan.

  • Mengatasi Nyeri Haid

12 Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Manjur dan Efektif, Mudah Dilakukan |  merdeka.com

Manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi jahe merah dan madu bagi kesehatan sangat baik untuk mengatasi nyeri haid. Dimana menjelang masa menstruasi, hingga selesai masa. Beberapa wanitia mengeluhkan rasa nyeri yang terjadi disekitar abdomen atau bagian bawah perut. Selain meminum ramuan jahe merah dan madu, ada pula dengan mengguunakan krim yang telah diuji coba oleh para ahli terlebih dahulu. Krim tersebut akan mengatasi nyeri haid, saat dioleskan kebagian bawah perut.

  • Mengobati Mual

Mengapa Ada Bau-bau Tertentu yang Bisa Membuat Ibu Hamil Mual? | Merries -  Popok Bayi No. 1 di Jepang<

Manfaat dari Minyak Atsiri Jahe Merah dapat meredakan mual dan juga muntah setelah operasi, serta juga bagi pasien kanker yang telah menjalani proses kemoterapi. Paling efektif dalam mengurangi rasa mual yang berhubungan dengan kehamilan, seperti morning sickness. Namun, tetap juga harus dipastikan dalam kadar yang sesuai, dangan berlebihan.

  • Mengurangi Peradangan.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan: Kurangi Konsumsi Makanan Pedas dan  Gorengan - Tribunnews.com Mobile

Manfaat yang didapat jika merebus jahe merah yaitu dapat menghangatkan tubuh. Dikarenakan, Jahe Merah itu mengandung gingerol yang bersifat antiinflamasil, sehingga sering dikonsumsi untuk mengurangi peradangan serta mengatasi nyeri pada penyakit rematik dan osteoarthritis.

Tidak hanya direbus, dengan cara mengoleskan Minyak Atiri Jahe Merah pada tubuh juga dapat menghangatkan tubuh. Kemudian, Jahe merah juga diduga dapat menghambat zat yang berperan dalam respons inflamasi seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

Hasil studi menyebutkan bahwa, efektivitas jahe untuk mengurangi peradangan didalam tubuh lebih besar dibandingkan dengan obat antiinflamasi non-steroid.

  • Meningkatkan Kesuburan Pria.

Terapi Makanan Alami Peningkat Kesuburan Pria yang Wajib Kamu Tau -  linisehat.com

Berkaitan dengan kandungan pada Minyak Atsiri, yang memiliki efek afrodisak. Sehingga berbagai keluhan pada bagian reproduksi pria dapat diatasi secara alami. Afrodisak termasuk pada zat kimia yang bisa merangsang seksual pria, dengan melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Sehingga baik dalam ereksi saat hendak melakukan berhubungan intim. Selain itu juga, kandungan antioksidannya dapat meningkatkan jumlah tstosteron. Hal terpentingnya dalam kesuburan pada pria.

  • Menurunkan Asam Urat.

Image for post

Jahe Merah bisa dikatakan dapat membantu mengurangi peradangan di bagiansendi dan membuang tumpukan asam urat melalui urin dengan memperlancar sirkulasi darah. Meski terbukti dapat menurunkan asam urat berlebih, masih dibutuhkan lebih lanjut lagi guna memastikan manfaat yang satu ini.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari Minyak Atsiri Jahe Merah, silahkan bisa kunjungi Minyak Jahe Merah dan Minyak Jahe Merah, untuk mengetahui manfaat lainnya dari Minyak Atsiri Jahe Merah itu apa saja. Jadi jika ingin mendapatkan manfaat seperti yang diatas, jangan lupa untuk mengkonsumsi secara rutin, maka insyaallah akan mendapatkan manfaatnya.

Dan, setiap penggunaan produk pasti ada efek samping, yang entah ringan atau serius. Dan berikut ini efek samping dari penggunaan Minyak Atsiri Jahe Merah.

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Mulas - Tribunnews.com Mobile

Idealnya, dianjurkan mengkonsumsi Minyak Atsiri Jahe Merah sebanyak kurang lebih 4 gram jahe per hari. Seluruh manfaat diatas akan didapat jika dikonsumsi rutin dan hal batas wajar. Dan sebaliknya, jika menggunakan atau mengkonsumsi Minyak Jahe Merah secara berlebihan, malah akan memicu efek samping yang mungkin dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Beberapa efek yang mungkin akan terjadi seperti sakit perut, nyeri dan sensasi terbakar di dada (heartburn), mulas, kembung, hingga diare. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil, jadi sebelum mengkonsumsi atau menggunakannya lebih baik konsultasilah dengan dokter. Karena, dikhawatirkan bisa memicu interaksi negatif kalau digunakan bersama obat pengencer darah.

Cara Pembuatan Minyak Jahe Merah.

Wow Minyak Atsiri Jahe Ternyata Bisa untuk Kelenjar Getah Bening

  1. Cuci rimpang jahe merah terlebih dahulu hingga bersih.
  2. Tidak perlu mengupas kulit jahe karena akan mengurangi hasil produksi.
  3. Setelah itu potong-potong menjadi ukuran kecil sekitar 2-4 mm, tetapi lebih baik digeprek.
  4. Langkah selanjutnya, siapkan alat distilasi minyak atsiri.
  5. Isilah dengan air bersih hingga 3-5 cm.
  6. Masukkan jahe kedalam ketel, pastikan susuanannya teratur.
  7. Dan jangan lupa pastikan untuk menyisakan rongga untuk jalur uap
  8. Setelah itu, bisa langsung dipanaskan. Usahakan api jangan terlalur besar dan menyentuh dinding ketel, karena akan membuat bahan menjadi gosong.
  9. Jika proses telah benar, uap akan menuju bagian ketel yaitu penampung hasil.
  10. Dan minyak akan berwarna kuning kecoklatan, dan jika masih ada air di minyak bisa diserap menggunakan kertas magnesium karbonarat.
  11. Setelah itu disimpan dalam wadah yang gelap dan tertutup rapat, dan minyak siap digunakan.

Itulah mengenai Minyak Atsiri Jahe Merah, dan beragam topik seputar Minyak Atsiri Jahe Merah. Untuk artikel lainnya silahkan bisa kunjungi Minyak Atsiri Jahe, dan Jenis Minyak Atsiri lainnya.

Sekian dari penulis kece ini, mohon maaf apabila terdapat kekurangan atau kesalahan didalam artikel ini. Jika ada saran atau kritik yang dapat membangun penulis silahkan bisa disampaikan melalui laman komentar yang ada dibawah.

Dan jangan lupa untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya, agar Sobat yang lain juga tahu. Yuk saling berbagi ilmu!

Terima Kasih, dan sampai jumpa esok Sobat!