Membuat Keripik Singkong Berbalut Coklat

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara tentang bagamana cara membuat keripik singkong dengan berlapis coklat dapat kalian jadikan cemilan sehari hari dirumah dan dapat kalian jadikan juga sebagai bisnis usaha kuliner yang sangat menjajikan untuk kalian coba.

Meski hanya camilan, nyatanya singkong juga memiliki khasiat tersendiri. Selain diolah menjadi keripik, singkong juga banyak ditemukan di pedagang yang menjual gorengan. Tak hanya badan singkong, daunnya juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan. Pasti kamu sering melihat sayur ini di berbagai rumah makan Padang, yaps! Daun singkong rebus sangat nikmat.
Singkong juga memiliki serat yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, memperlancar sistem pencernaan, dan menjaga kadar kolesterol. Manfaat lain dari singkong adalah memiliki sumber vitamin K. Vitamin K sendiri memiliki manfaat untuk membangun massa tulang. Selain itu, vitamin K juga dapat membatasi kerusakan saraf di otak sehingga bermanfaat untuk mengobati penderita Alzheimer.
Singkong juga memiliki sumber mineral bagi tubuh. Kandungan mineral seperti kalium dapat berperan penting dalam sel dan cairan tubuh untuk mengatur detak jantung dan tekanan darah. Jadi, meski diolah menjadi makanan ringan atau jenis makanan lain, singkong tetap memiliki manfaat yang cukup baik untuk tubuh kita.

Untuk membuat keripik singkong, tidak bisa sembarangan memilih singkong. Ada berbagai macam jenis singkong yang bisa Anda gunakan untuk membuat keripik. Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Jenis-jenis Singkong yang Dapat Diolah Menjadi Keripik

Singkong Mangu

Singkong ini memiliki diameter 4-5cm. Mangu cassava enak disantap karena rasanya yang manis. Singkong ini mudah ditanam, dikupas, serta memiliki daging yang renyah dan empuk.

Singkong Kuning

Singkong kuning atau singkong mentega ini memiliki rasa yang lengket dan kenyal. Jika Anda memilih ubi kuning untuk membuat keripik, maka akan membuat tampilan menjadi lebih bagus. Selain keripik, singkong kuning yang diolah menjadi tape juga memiliki rasa yang lebih gurih dan lebih manis.

Singkong Gajah

Singkong ini berasal dari Kalimantan Timur dan memiliki diameter 8 cm. Singkong gajah memiliki rasa yang gurih. Singkong ini biasanya digunakan untuk membuat tepung. Singkong gajah juga bisa dikonsumsi langsung untuk menggantikan peran nasi dengan rasa yang mirip ketan.

Singkong Putih

Selain memiliki warna putih dan tekstur yang keras, singkong ini cocok disajikan dengan cara direbus atau dikukus, misalnya seperti kolak singkong, sop singkong, dan lain-lain.

Singkong Emas

Jenis singkong ini bukan berarti berasal dari emas olahan ya. Singkong ini merupakan hasil percobaan antara singkong karet lokal dan singkong Thailand. Singkong ini pertama kali ditemukan di Bengkulu. Singkong emas bisa diolah menjadi tepung terigu, bahan untuk membuat jamu, minyak kompor, bahkan pakan ternak.

Jika sudah mengetahui berbagai jenis singkong yang bisa dijadikan keripik, mulailah berkreasi! Keripik singkong merupakan salah satu camilan yang sangat mudah dibuat. Karena kemudahan dalam pengolahannya, banyak keripik singkong yang dijadikan lahan usaha para pengusaha.

Begitu pula, meski mudah dalam pengerjaannya, para pedagang keripik singkong harus membuat berbagai kreasi agar bisa meningkatkan daya jualnya. Kreasinya berkisar dari rasa keripik, hingga irisan, kemasan, dan sebagainya. Keripik yang memiliki satu rasa tentu akan kalah dengan keripik yang memiliki rasa yang beragam. Begitu pula dengan kemasan keripik yang kemasannya kurang menarik terkadang tidak diutamakan oleh konsumen.

 

 

Resep Membuat cara membuat Keripik singkong Cokelat

Bahan-bahan:

  • 500 gr singkong yang sudah diiris tipis panjang dan bersih
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air es
  • Minyak goreng
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • ¼ sdt garam

Tahapan membuat:

  1. Campurkan singkong ke dalam air kapur sirih, garam, dan air es. Rendam selama 30 menit
  2. Setelah 30 menit, tiriskan singkong lalu keringkan
  3. Goreng singkong hingga renyah
  4. Di wadah yang berbeda campurkan dan aduk rata gula pasir, air, cokelat bubuk, kayu manis bubuk, dan garam secukupnya
  5. Kemudian masak hingga berbusa, lalu masukkan singkong dan aduk hingga merata
  6. Angkat singkong dan keringkan

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari kami dan jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat keripik kentang yang sangat lezat dan bikin ketagihan anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana cara membuat keripik kentang di atas? Selamat mencoba dan semoga resep ini bermanfaat bagi anda semua.