Sebutkan Macam macam Khasiat Minyak Nilam

Hallo sob pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai khasiat minyak nilam berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

 

Minyak nilam sudah cukup populer selama puluhan tahun sebagai minyak untuk menutupi bau tumbuhan lain. Saat ini minyak ini sering digunakan untuk aromaterapi, karena baunya yang harum, sangat khas dan cukup kuat. Berasal dari Asia Tenggara, tanaman nilam bisa tumbuh mencapai satu meter. Tanaman ini memiliki batang yang keras dan daun kecil berbulu. Daun nilam biasanya dipetik, dibungkus, kemudian dibiarkan berfermentasi selama beberapa hari, setelah itu minyaknya diekstraksi melalui proses destilasi.

 

Seiring berjalannya waktu, warna minyak nilam akan berubah dari kuning muda menjadi kuning tua, menjadi lebih kuat, dan beraroma manis. Minyak ini merupakan obat tradisional yang sering digunakan di sejumlah negara seperti Malaysia, Jepang dan China, karena minyak ini mempunyai khasiat yang luar biasa.

Sebagai informasi, minyak nilam sebaiknya tidak tertelan karena dapat menyebabkan keracunan. Selain itu, aroma minyak nilam mungkin tidak sedap bagi sebagian orang.

Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

  1. Berfungsi sebagai antiseptik

Minyak nilam sangat dianjurkan untuk digunakan pada luka ringan dan bisul karena dapat mencegah berkembangnya infeksi. Selain itu, minyak nilam melawan ketombe, memperkuat folikel rambut, dan melindungi rambut rontok dini.

Sifat antiseptik minyak nilam menjadikannya obat alternatif yang alami dan aman untuk mengobati luka. Minyak ini juga memiliki khasiat antijamur yang dapat menangkal infeksi jamur yang umum. Manfaat lain dari minyak ini adalah dapat mengobati masalah kulit lainnya termasuk seborrhoea, jerawat, dan dermatitis.

Cara Penggunaan:

Encerkan minyak nilam dengan minyak pembawa pilihan Anda (misalnya minyak almond), lalu oleskan langsung ke area yang terkena. Ini dapat mencegah berkembangnya infeksi atau kondisi serupa seperti tetanus.

Untuk menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan kulit, Anda bisa menambahkan minyak nilam ke minyak biasa, lalu gunakan untuk memijat area yang bermasalah. Atau, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak ini dengan sabun dan menggunakannya setiap hari.

Untuk mengatasi ketombe, tambahkan beberapa tetes minyak nilam ke dalam pelembab tanpa pewangi. Setelah itu, pijat rambut Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas hingga bersih.

  1. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Minyak nilam dapat meredakan peradangan yang sebagian besar disebabkan oleh demam. Minyak ini juga mampu mengatasi iritasi kulit, membantu menjaga kesehatan kulit dan juga melindungi otot wajah dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, penggunaan minyak secara teratur dapat membantu meregangkan otot dan mengencangkan kulit.

Karena minyak nilam mampu mengobati peradangan, maka minyak nilam juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti radang sendi, tumor, dan masalah terkait kulit lainnya.

Cara Penggunaan:

  • Campur minyak nilam dengan minyak tubuh pilihan Anda, lalu pijat lembut ke area yang terkena.
  • Atau, tambahkan beberapa tetes minyak ini ke air mandi Anda dan rendam di dalamnya selama beberapa saat setelah mandi.
  1. Bertindak Sebagai Afrodisiak

Minyak nilam juga memiliki khasiat afrodisiak yang berguna untuk mengatasi masalah seksual seperti impotensi, disfungsi ereksi, kecemasan seksual, frigiditas, dan ketidaktertarikan pada seks. Minyak ini bisa digunakan oleh pria dan wanita.

Minyak nilam membantu merangsang sekresi hormon testosteron dan estrogen pada pria dan wanita, yang dapat meningkatkan gairah seks.

Cara Penggunaan:

Ambil beberapa tetes minyak nilam di telapak tangan Anda dan campurkan dengan beberapa tetes minyak tubuh. Setelah itu pijat campuran minyak pada tubuh Anda dengan lembut.

  • Atau, tambahkan 8-10 tetes minyak ke dalam air mandi hangat dan rendam tubuh Anda di dalamnya selama beberapa waktu.
  1. Tingkatkan jumlah sel

Minyak nilam dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih dalam tubuh, serta memperlancar peredaran darah. Peningkatan jumlah sel darah putih yang sehat memungkinkan tubuh Anda melawan patogen, sedangkan sel darah merah dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan tubuh lainnya.

Sifat sitofilaksis (mencegah sel pecah karena ketidakseimbangan osmotik atau sitolisis, serta peningkatan aktivitas seluler) minyak nilam dapat meningkatkan produksi energi yang lebih besar, membantu sirkulasi darah, serta meningkatkan produksi oksigen dan membantu menyebarkannya ke sel-sel yang berbeda di tubuh Anda. Dengan meningkatnya fungsi sel yang disebabkan oleh minyak nilam maka terjadi peningkatan pertumbuhan sel dalam tubuh.

Cara Penggunaan:

Pijat lembut beberapa tetes minyak nilam yang telah diencerkan dengan baby oil ke seluruh tubuh Anda.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai khasiat minyak nilam semoga artikel yang saya buat bermanfaat untuk kalian sekian terimakasih.