Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Menyikat gigi secara teratur saja belum lumayan buat melindungi kesehatan gigi serta mulut dengan optimal. Di samping giat menyikat gigi, Kamu pula butuh mempraktikkan metode menyikat gigi yang benar serta melaksanakan perawatan gigi ekstra.

Walaupun telah dicoba secara teratur 2 kali satu hari, menggosok gigi saja sesungguhnya belum lumayan sebab tidak dapat mensterilkan sela- sela gigi sampai bagian di sudut mulut dengan baik, terlebih apabila dicoba terburu- buru ataupun dengan metode yang salah. Oleh sebab itu, Kamu butuh mengenali metode menyikat gigi yang baik serta benar.

Tetapi, tadinya, yakinkan pula gosok gigi yang Kamu pakai mempunyai bulu gosok yang lembut dengan kepala gosok yang cocok dengan dimensi mulut Kamu. Sebisa bisa jadi, pakai pasta gigi yang memiliki fluoride buat menolong menghindari kehancuran gigi serta permasalahan gigi berlubang.

5 Metode Menyikat Gigi yang Benar

Supaya bebas dari bermacam permasalahan kesehatan gigi serta mulut, terapkan metode menyikat gigi yang benar dengan melaksanakan langkah- langkah berikut ini:

1. Awali dari segala geraham

Sehabis gosok gigi dibasahi serta dibalurkan pasta gigi seperlunya, sikat bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi serta gigi dengan gerakan memutar sepanjang kira- kira 20 detik.

Sehabis itu, sikat gigi geraham dari atas ke dasar, mulai dari batasan gusi sampai ujung gigi, buat melenyapkan plak serta sisa santapan di permukaan serta sela- sela gigi. Jalani sepanjang 20 detik.

Jalani kedua gerakan tersebut pada seluruh bagian luar gigi geraham, baik sisi atas ataupun dasar. Sehabis itu, ulangi langkah yang sama pada bagian dalam gigi geraham.

2. Gosok gigi bagian depan

Sehabis seluruh gigi geraham berakhir disikat, arahkan gosok ke gigi depan bagian luar. Gerakkan gosok gigi menggunakan pasta gigi close up diamond attraction secara melingkar serta lama- lama sampai seluruh permukaan gigi depan terserang, supaya sisa santapan serta plak yang melekat bisa tersapu.

Sehabis itu, sikat bagian dalamnya dengan gerakan vertikal( ke atas serta ke dasar) ataupun semacam lagi mencangkul, baik pada deretan yang atas ataupun dasar. Ulangi metode menyikat gigi ini sebanyak 2–3 kali pada tiap- tiap sisi.

3. Gosok permukaan mengunyah

Permukaan mengunyah gigi geraham ukurannya lebar serta agak cekung, sehingga membolehkan santapan buat melekat di situ. Gosok permukaan gigi ini dengan gerakan memutar supaya sisa makan supaya sisa santapan dapat terangkat.

4. Gosok zona lidah serta sisi dalam pipi

Sehabis seluruh gigi tersikat, jangan kurang ingat buat menggosok permukaan lidah serta sisi dalam pipi dengan gosok gigi ataupun gosok lidah. Sisa santapan serta kuman pemicu bau mulut bisa jadi melekat pada zona ini, sehingga Kamu butuh menyikatnya pula secara lembut.

5. Bilas sela gigi dengan benang gigi

Supaya perawatan gigi serta mulut optimal, Kamu dianjurkan buat lanjut mensterilkan gigi memakai benang gigi. Benang gigi sanggup mengangkut sisa santapan yang bisa jadi masih terselip di sela- sela gigi yang kecil serta tidak terjangkau oleh gosok gigi.

Patuhi Ketentuan Menyikat Gigi

Tidak hanya mempraktikkan metode menyikat gigi yang benar, Kamu pula wajib ketahui ketentuan dalam menggosok gigi. Ketentuan ini berarti buat diterapkan supaya kesehatan gigi serta mulut Kamu senantiasa terpelihara:

1. Peruntukan selaku rutinitas

Peruntukan menyikat gigi selaku salah satu rutinitas yang harus Kamu lakukan

sehabis makan, paling tidak sehabis makan pagi serta dikala malam saat sebelum tidur.

2. Jangan sangat sering

Menyikat gigi 2–3 kali satu hari merupakan jumlah yang sempurna. Kebalikannya, menyikat gigi lebih dari 3 kali satu hari bisa mengganggu susunan luar gigi serta melukai gusi.

3. Jangan menyikat sangat kuat

Tidak hanya sangat kerap, menyikat gigi sangat kencang pula berisiko menimbulkan kehancuran gigi ataupun gusi berdarah. Buat mengendalikan kekuatan menggosok dengan lebih baik, pegang gagang gosok gigi semacam lagi memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal.

4. Jangan terburu- buru

Menyikat gigi dengan terburu- buru dapat membuat sebagian bagian tidak tersikat dengan bersih. Sementara itu, kunci terutama merupakan menggosok seluruh permukaan gigi. Supaya gigi tersikat bersih, beri waktu paling tidak 30 detik buat menggosok masing- masing deretan gigi.

5. Ubah gosok gigi secara rutin

Walaupun gosok gigi Kamu masih nampak bagus, jangan kurang ingat buat mengubahnya tiap 3–4 bulan sekali, paling utama bila bulu gosok telah berganti wujud ataupun nampak kotor.

Sama halnya dengan bagian badan yang lain, gigi serta mulut pula wajib giat dibersihkan secara merata supaya kesehatannya senantiasa terpelihara. Jadi, ayo terapkan metode menyikat gigi yang baik serta benar.

Tidak hanya itu, jangan lupakan melaksanakan pengecekan gigi secara tertib ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali, supaya kesehatan gigi serta mulut Kamu bisa terus terpantau. Dalam pengecekan gigi ini, dokter pula bisa melaksanakan pembersihan karang gigi serta aksi lain yang dirasa butuh apabila terdapat permasalahan pada gigi serta gusi Kamu.