Membuat keripik Singkong Rasa Coklat Lumer

Pada rtikel kali ini saya akan memberikan beberapa cara membuat keripik singkong rasa coklat. Tentunya kalian sudah sangat familiar dengan jajanan yang satu ini yaitu keripik singkong. Keripik singkong terbuat dari bahan singkong yang kemudian diolah dan digoreng hingga kering. Keripik memang sangat digemari berbagai kalangan, baik anak-anak maupun lansia. Camilan ini sering digunakan sebagai teman santai bersama keluarga dan rekan kerja. Rasanya enak dan renyah, saya suka sekali. Biasanya jajanan ini dijual di pasaran baik di toko, warung, supermarket maupun pusat oleh-oleh. Kudapan ini cocok sebagai pendamping keseharian bagi yang suka ngemil. Keripik dijual di pasaran dengan harga terjangkau sehingga banyak dicari. Keripiknya yang renyah dan renyah mampu membuat penonton semakin ketagihan untuk menyantapnya. Variasi pembuatan keripik singkong sangat banyak, mulai dari keripik singkong yang pedas, manis dan asin. Bahkan sekarang pun banyak variasi rasa, salah satunya adalah keripik singkong rasa keju.

Keripik singkong keju memiliki rasa yang enak yang mirip dengan keripik singkong jenis lainnya. Variasi rasa keju dihadirkan agar penggemarnya tidak bosan. Dengan hadirnya varian rasa keju ini, remaja dan anak-anak pun semakin menggemari produk keripik singkong keju. Cara membuat keripik singkong keju memang mudah. Dimana bahan dalam membuat keripik singkong mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang terjangkau pula. Keripik singkong keju memiliki cita rasa yang nikmat dengan senation keju yang khas. Bagi kamu yang tertarik membuat keripik keju singkong di rumah bisa langsung mencobanya. Sebelum berlatih membuat keripik singkong, kenali dulu singkong dan ketahui asal usul singkongnya. Asal usul singkong bisa dibaca di bawah ini.

Sejarah Singkong

Singkong dikenal dengan sebutan ubi atau pohon singkong. Dalam bahasa Inggris sering disebut dengan cassava. Singkong adalah pohon tahunan tropis dan subtropis dari keluarga Euphorbiaceae. Umbi ini banyak dikenal sebagai makanan pkok penghasil karbohidrat. Daun tanaman ini bisa digunakan sebagai sayuran. Ubi kayu ini termasuk umbi-umbian dengan fisik perakaran yang panjang dengan diameter rata-rata 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, namun semuanya tergantung dari jenis ubi kayu yang ditanam. Singkong memiliki daging umbi berwarna putih atau kekuningan. Umbi singkong tidak tahan lama meski disimpan di lemari es. Gejala kerusakan ditandai dengan adanya warna biru tua akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia. Umbi singkong memiliki sumber energi yang kaya akan karbohidrat tetapi cukup minim protein. Sumber protein yang baik terdapat pada daun singkong karena daunnya mengandung asam amino metionin.

Jenis singkong Manihot esculenta pertama yang dikenal di Amerika Selatan dikembangkan sejak zaman prasejarah di Brazil dan Paraguay. Bentuk modern dari spesies budidaya dapat ditemukan dan tumbuh liar di Brasil Selatan. Meskipun spesies Manihot liar memiliki banyak varietas M, esculenta dapat dibudidayakan. Produksi ubi kayu dunia diperkirakan 184 juta ton sejak 2002. Sebagian besar produksinya diproduksi di Afrika yaitu sebesar 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Karibia. Singkong telah ditanam secara komersial di Indonesia sejak tahun 1810. Sebelumnya singkong diperkenalkan kepada Portugis sejak abad ke-16 ke Nusantara dari Brazil. Singkong merupakan salah satu bahan pangan terpenting, tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Di Indonesia, ubi kayu merupakan makanan pokok ketiga setelah jagung dan nasi. Sedangkan untuk konsumsi penduduk dunia khususnya penduduk negara tropis, setiap tahunnya dihasilkan antara 300 juta ton ketela pohon.

Ternyata tanaman singkong atau singkong ini memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tahukah anda apa saja manfaatnya? Yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Sumber energy

Singkong cukup rendah lemak dan 0 kolesterol. Namun tanaman ini memiliki kalori yang sangat tinggi. Bahkan kalori yang dimiliki dua kali lipat dari kentang. Karena setiap umbi tropis memiliki pati yang besar. 100 g singkong mengandung 160 kalori, terutama berasal dari sukrosa yang mampu menyumbang sebagian besar gula dalam umbi-umbian. Totalnya menyumbang lebih dari 69% dari total gula. Gula amilosa kompleks lainnya merupakan sumber karbohidrat utama antara 16-17%. Tak heran jika ubi kayu dapat dijadikan sebagai makanan alternatif selain nasi untuk mendapatkan energi yang tinggi bagi tubuh.

Mengandung serat dan 0 kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti menurunkan tekanan darah, membantu pencernaan, dan menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol dan lemak yang rendah, ditambah dengan kandungan seratnya membuat ubi kayu sangat baik untuk mencegah resiko obesitas.

Mengandung protein

Singkong mengandung lebih banyak protein, dibandingkan jenis bahan pangan lain seperti ubi, kentang, pisang, dll. Untuk protein tertinggi terdapat pada daun singkong.

Sumber vitamin K

Vitamin K memainkan peran potensial dalam membangun massa tulang dengan meningkatkan aktivitas osteotropik di tulang. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat sebagai pengobatan bagi penderita penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

Sumber vitamin B.

Singkong merupakan bahan pangan yang memiliki sumber vitamin B kompleks yang sangat baik, seperti folat, piridoksin (vitamin B-6), thiamin, riboflavin, serta asam pantotenat, riboflavin, dan asam pantotenat.

Magenesium dan Tembaga

Mengkonsumsi singkong bisa membantu mendapatkan asupan magnesium dan tembaga yang cukup besar. Diet kaya magnesium dapat meningkatkan kesehatan seumur hidup, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko osteoporosis. Mineral penting lainnya bisa didapatkan dari konsumsi singkong yaitu zat besi, mangan dan seng.

Singkong menyediakan potasium yang sangat baik untuk tubuh sekitar (271 mg per 100g, atau 6% dari kebutuhan harian). Kalium sendiri merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang cukup berguna untuk membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang ada tentunya akan membuat anda semakin tertarik untuk mengkonsumsi keripik singkong keju. Nah, bagi anda yang kini sedang bingung bagaimana cara membuat keripik singkong, berikut kami berikan resepnya. Langsung saja simak resep mengolah keripik keju singkong berikut ini.

Resep Membuat cara membuat Keripik singkong Cokelat

Bahan-bahan:

  • 500 gr singkong yang sudah diiris tipis panjang dan bersih
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air es
  • Minyak goreng
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • ¼ sdt garam

Tahapan membuat:

  1. Campurkan singkong ke dalam air kapur sirih, garam, dan air es. Rendam selama 30 menit
  2. Setelah 30 menit, tiriskan singkong lalu keringkan
  3. Goreng singkong hingga renyah
  4. Di wadah yang berbeda campurkan dan aduk rata gula pasir, air, cokelat bubuk, kayu manis bubuk, dan garam secukupnya
  5. Kemudian masak hingga berbusa, lalu masukkan singkong dan aduk hingga merata
  6. Angkat singkong dan keringkan

Itulah sekilas pembahasan menarik yang membahas tentang cara membuat keripik singkong coklat yang mudah dilakukan di rumah. Dengan beberapa resep masakan yang kami sajikan diatas semoga bisa menambah inspirasi dalam menyajikan jajanan yang unik dan menarik untuk keluarga. kalian juga dapat membuat usaha dengan resep di atas contah nya usaha kiripik kentnag. Semoga berhasil dan semoga berhasil.