Cara Membuat Gula Aren Bubuk

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara membuat gula aren bubuk berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Cara Pembuatan Gula Aren

Seperti yang kita ketahui bahwa gula aren merupakan produk yang dihasilkan dengan pemekatan nira aren secara tradisional melalui pemanasan atau pemasakan. Proses pemanasan berlangsung beberapa jam hingga kadar air berkurang 6-5 persen. Dengan mendinginkannya ke dalam cetakan, produk yang mengeras sekarang dikenal sebagai gula. Dalam Pembuatan gula aren bisa menggunakan menggunakan mesin gula semut.

Proses pembuatan gula aren sama dengan sirup aren (gula aren cair). Yakni, masukkan getah segar ke dalam wajan dengan api tertentu hingga bahan menjadi kental. Jika tujuannya untuk membuat sirup aren atau gula aren cair, pemanasan dilakukan hingga volumenya tetap (seperlima) 1/5 dari volume aslinya. Sedangkan jika tujuannya adalah agar pemanasan gula berlangsung hingga volume nira (sirup aren) berkurang menjadi 1/10 dari volume aslinya. Baru setelah itu cairan kental dituangkan ke dalam cetakan berupa batok kelapa atau bambu atau cetakan lainnya dan tunggu sampai dingin.

Pembuatan gula aren juga mudah dan bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan sederhana.

Gula aren bubuk organik, seperti gula semut, berasal dari getah pohon aren yang pekat. Ini adalah bentuk lain dari gula merah yang dikenal luas. Sebuah inovasi dari pengolahan pemanis tradisional agar lebih modern dan mampu meraih pangsa pasar yang lebih besar. Bentuknya seperti gula pasir dengan tingkat kekeringan tertentu. Sering juga disebut semut gula karena bentuknya seperti sarang semut di tanah. Meski negara lain mengenal gula merah butiran ini sebagai gula aren, hampir semua produk gula merah bubuk ini berasal dari negara Asean. Apalagi Indonesia sebagai pemain utamanya.

Harga Gula Aren Bubuk

Sudah menjadi kebiasaan bahwa harga gula aren bubuk lebih tinggi dari gula pasir. Tetapi para produsen tentu saja akan berusaha sebaik mungkin untuk melayani pelanggan mereka sebaik mungkin. Apalagi dengan pelanggan yang sudah terikat kontrak kuantitas, harga tidak bisa berfluktuasi seenaknya. Jadi perusahaan makanan yang membutuhkan gula merah bubuk organik akan mengeluarkan kesepakatan kuantitas dengan pemasok. Dengan cara ini biasanya harganya lebih miring dibandingkan jika Anda membeli langsung di pasar.

Banyak faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga pemanis tradisional ini. Salah satunya adalah musim. Musim panen atau musim panas adalah saat harga gula merah meningkat. Tidak tersedianya penyadap dan pemicu getah.

Saat musim panen para pengrajin meninggalkan pekerjaan menyadapnya beberapa saat hingga musim panen berlalu. Begitu juga saat musim panas saat produksi nira semakin menipis, harga gula aren meningkat. Harganya turun lagi saat hujan, petani akan memeras getahnya lagi dan membuat gula aren.

Cara Membuat Gula Aren Bubuk

Gula aren bubuk dapat dibuat dari gula aren cetak. Bongkahan gula merah dihancurkan, dijemur hingga kering hingga membentuk gula bubuk. Jika warnanya sedikit berbeda, warnanya lebih pucat dari potongan gula asli.

Tapi yang terbaik adalah apa yang dilakukan Arenga Indonesia. Gula merah kristal organik dibuat langsung dari sari Arenga Pinnata (aren). Saat getah segar baru saja turun dari pohonnya, segera diolah menjadi gula semut organik. Jenis pengolahan ini memastikan kualitas produk dengan kualitas premium. Karena getah yang telah difermentasi atau mengalami penurunan kadar PH tidak akan dapat mengkristal dan membentuk butiran serbuk sesuai keinginan.

Manfaat Gula Aren Bubuk Organik

Sudah banyak yang membahas tentang manfaat gula aren bubuk organik dari segi kesehatan. Selain tetap memiliki kandungan gizi, jika dikombinasikan dengan jamu akan memperkuat khasiat dari ramuan jamu

Gula aren tidak memiliki kandungan nutrisi untuk menyembuhkan penyakit. Setidaknya belum ada penelitian yang mengungkap khasiat acam jenis gula aren seperti yang banyak ditulis di internet. Manfaat gula aren baru muncul setelah dipadukan dengan berbagai herbal!

Tetapi manfaat praktis menggunakan gula aren kristal, tentu saja, seratus persen benar. Mereka sangat praktis diaplikasikan dalam berbagai racikan minuman. Dapat ditimbang dan diukur sesuai kebutuhan. Mereka datang dalam butiran kering dan sangat mudah untuk dibagi menjadi beberapa bagian menu yang lebih kecil.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara membuat gula aren bubuk semoga artikel yang saya buat bermanfaat bagi kalian sekian dan terimakasih.