Cara Membuat Seblak Kering Bantat

Hay kawan apa kabar kalian ,pada kesempatan kali ini saya mau mengulas cara membuat seblak kering bantat.

Siapa yang tidak suka dengan kerupuk seblak. Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep  seblak kerupuk yang enak yang bisa anda coba dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

Pengertian Seblak

 

Seblak adalah makanan Indonesia, umumnya adalah makanan khas dari Sunda, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu.

Manfaat Seblak

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat seblak yang pertama dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menjaga kondisi jantung. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini maka organ jantung anda akan sehat dan terlindungi dari gangguan penyakit.

2.Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini. Kandungan yang ada di dalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

3. Melancarkan Pernapasan

Jika anda mempunyai masalah dengan pernapasan maka bisa mengkonsumsi seblak sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu melancarkan pernapasan sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya mengkonsumsi seblak juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya akan berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga anda tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap ideal. Oleh karena itu, makanan ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Seblak juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sejarah  Kerupuk

Pengusaha Kerupuk Pertama dari Tasikmalaya Tahun 1930 salah satu pengusaha kerupuk pertama berasal dari Tasikmalaya bernama Sahidin dan Sukarma berjualan semenjak tahun 1930 di Jalan Kopo depan Rumah Sakit Emanuel Bandung menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman kerupuk sudah ada di Pulau Jawa sejak abad ke-9 atau 10 yang tertulis di prasasti Batu Pura.

Di situ tertulis kerupuk rambak (kerupuk dari kulit sapi atau kerbau) yang sampai sekarang masih ada dan biasanya jadi salah satu bahan kuliner krecek kerupuk kulit dengan bahannya kulit ternak dibuat dengan cara sesudah lapisan selaput dibuang dan bulunya dihilangkan biasanya dengan jalan dibakar,

 

 

Resep Seblak Kerupuk

Resep Seblak Kerupuk Kering

Bahan-bahan:

  • 250 grkerupuk mentah
  • 1 bksbon cabe
  • 3 siungbawang putih,iris tipis
  • 2 cmkencur,iris tipis
  • 4 lembardaun jeruk,iris halus
  • 1/2 sdtpenyedap
  • Minyak

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering bantat:

  1. Rendam kerupuk dalam minyak dingin selama kurang lebih 30 menit
  2. Sambil menunggu kerupuk direndam,goreng bumbu yg sudah diiris secara terpisah,
  3. Masukkan bawang putih dan kencur yg sdah di goreng ke dalam plastik,lalu tumbuk hingga halus,sisihkan
  4. Jika kerupuk sudah direndam selama 30 menit,nyalakan api sedang cenderung kecil,goreng kerupuk smbil di aduk2 terus.goreng bantat saja ya bun,tapi kira2 tetap renyah (tidak terlalu keras)
  5. Terakhir masukkan ke dalam toples, masukkan semua bumbu dan penyedap, tutup rapat,kocok2 krupuk smpai tercampur rata dengan bumbunya. Selesai

Untuk pengemasan kerupuk bisa menggunakan alat pres plastik atau hand sealer.

 

Nah, demikian tadi beberapa cara membuat kerupuk seblak kering bantat dan beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi kerupuk kulit yang bisa anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.