Cara Membuat Bumbu Ikan Bakar Laut

Pada kesempatan kali ini saya mau mengulas tentang cara membuat ikan bakar laut .

Kreasi olahan dari daging ikan sangat beragam salah satunya kreasi olahan dengan menggunakan teknik Grilling atau dibakar, website ini menyediakan 10 kreasi resep bumbu ikan bakar ala rumahan yang pastinya akan membuat hari – hari terasa menyehatkan dan bahkan sangat menyenangkan karena mengonsumsi makanan buatan sendiri yang sudah pasti kebersihannya.

Ciri – ciri ikan segar :

  • Bau

Segar dan seperti keadaan daerah aslinya

  • Dubur

Berwarna merah jambu

  • Daging

Masih dalam kondisi lentur dan kenyal

  • Insang

Berwarna merah cerah

  • Kenampakan

Tidak berlendir, mengkilat dan cerah

  • Mata

Cerah dengan kondisi masih menonjol keluar

  • Mulut

Terkatup

  • Sisik

Melekat kuat jika dipegang dan tampak cerah

  • Tubuh

Apabila dimasukkan ke dalam air akan tenggelam

Berikut resep ikan bakar laut

Resep Bumbu Ikan Bakar Kampar

Bahan – bahan :

  • siapkan 1 kg Ikan kapilagan
  • 2 jeruk nipis

Bahan halus :

  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 10 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1/4 cabe rawit
  • 1/4 cabe merah
  • 1 kotak santan kara
  • 1 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 lembar daun kunyit

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Kampar :

  1. Pertama – tama Lumuri ikan dengan garam dan perasan air jeruk nipis agar bau amisnya menghilang
  2. Selanjutnya tumis semua bahan yang telah dihaluskan
  3. Setelah ditumis siram dengan santan kara
  4. Kemudian masukkan potongan ikan
  5. Setelah itu di angkat kemudian bakar dengan bara api yang sudah disiapkan tadi

Resep Bumbu Ikan Bakar Parape

Bahan – bahan :

  • 2 ekor Ikan baronang, bandeng atau ikan kuwe (ikan apa saja bisa)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 8 – 10 siung bawang merah
  • 2 – 3 sdm air asam jawa
  • 7 sdm kecap manis bango
  • Garam secukupnya
  • Sedikit gula merah
  • 5 cabe merah besar atau sesuai selera (buang bijinya)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Parape :

  1. Pertama – tama bersihkan bagian ikan, lalu kerat bagian tenganya dan lumuri dengan jeruk nipis, kemudian sisihkan.
  2. Kedua Panaskan secukupnya minyak goreng dan bahan seperti bawang merah dan cabe merah hingga bawang agak layu dan kecoklatan.
  3. Kemudian Haluskan bawang dan cabe  menggunakan blender atau food processor, tidak perlu terlalu halus.
  4. Setelah itu Pada wajan yang sama tambahkan minyak goreng hingga kira – kira bumbu terendam, tumis kembali bawang yang telah dihaluskan sampai wangi.
  5. Masukkan kecap lalu aduk dan tunggu sebentar kemudian masukkan air asam.
  6. Tambahkan gula merah dan garam, lalukoreksi rasa dan matikan api.
  7. Selanjutnya Ambil sedikit bumbu dan minyak , kemudian oleskan ke ikan dan bakar sambil sesekali diolesi bumbu, sajikan dengan menuangkan bumbu ke atas ikan bakar.
  8. Langkah terakhir Ikan bakar siap dihidangkan

 

Dilihat dari kandungan gizi pada ikan, gimana nih tanggepan kalian tentang ikan? kalian tau nggak sih bahwa sebenarnya ikan tuh lebih baik di konsumsi sehari – hari daripada daging ayam, hanya saja masih banyak orang awam yang belum tau bahkan ada juga yang ngga suka ikan , padahal tuh banyak banget manfaat ikan yang bermanfaat buat tubuh kita.

Ikan juga banyak di temukan di indonesia lho, apalagi kalian pasti tau kan kalo Indoesia itu negara maritim, pasti banyak beragam jenis ikan lainnya yang pastinya memiliki banyak khasiat, aku jamin pasti di pasar  pasar indonesia selalu ada ikan yang so pasti bisa diolah sesuka hati apalagi diolah menggunakan teknik dibakar menggunakan resep bumbu ikan bakar yang ada di website ini. Selain itu, bahan ikan juga bisa diolah menjadi nuget, dan bisa tahan lama jika disimpan menggunakan vacuum sealer alat press plastik kedap udara.

 

Nah itu di acara membuat bumbu ikan bakar laut mudah dan simple,bisa dilakukan dirumah.Sekian  dari saya bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf.Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjunya