Membuat Kerupuk Gendar Dari Nasi Sisa

Kali ini saya akan memberi tau bagaimana cara membuat gendar menggunakan nasi sisa, nasi sisa bukan berarti nasi basi yang sudah tidak layak makan. Disini kita menggunakan nasi sisa yang masih layak makan, yang belum berwarna dan tidak berbau. Sebelumnya udah pada tau belum nih apa itu kerupuk gendar?

Kerupuk gendar kadang hanya disebut gendar , Makanan itu merupakan kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang di beri bumbu. Seringkali diberi rempah dan penambah rasa gurih agar gendar terasa lebih nikmat. Jika dirasa kurang kenyal anda bisa menambahkan tepung tapioka sebagai bahan alami agar adonan mentahnya menjadi kenyal dan padat.

Penjelasan

Gendar bisa di sebut juga Legendar, cemilan yang satu ini memiliki rasa enak dan lezat, rasa alaminya juga sangat terasa. Karena kerupuk ini terbuat dari salah satu menu pokok makanan Indonesia yaitu nasi. Kerupuk gendar merupakan sejenis kerupuk khas dari jawa. Di antaranya yaitu makanan khas kota Wonosobo. Memang kerupuk ini terbuat dari bahan dasar nasi yang sudah dibumbui dengan bumbu dan resep yang beragam.

Buat kerupuk dengan nasi yang matang lalu di tumbuk atau di uleg (bisa juga diblender) hingga lumayan halus dan lumat. Buat adonan dan potong sebisa mungkin tipis (agar waktu dalam penjemuran atau pengeringannya menjadi lebih cepat) lalu dijemur. Selanjutnya gendar sampai matang dan siap jika kerupuk sudah kering.

Bila Anda ingin berkreasi sendiri membuat gendar dengan bahan utama masih berupa beras, maka cara yang dilakukan juga tidak terlalu susah. Hanya mencampurkan air dengan bumbu halus, kemudian rendam beras selama sekitar 2 jam. Setelah itu kukus beras selama sekitar 30 menit sampai beras mekar lalu tumbuk atau haluskan beras yang sudah menjadi nasi tersebut.Lalu campurkan  beras tersebut dengan tepung tapioka hingga menjadi adonan yang menggumpal. Anda bebas membentuk adonan sesuai bentuk yang anda inginkan lalu dipotong tipis-tipis untuk dijemur agar kering dan mudah digoreng.

bu rumah tangga biasanya sering punya nasi sisa yang masih bagus tidak habis dimakan. Sedangkan anda bingung harus melakukan apa pada nasi tersebut. Nasi sisa bisa dibuat kerupuk gendar yang merupakan cemilan dengan menggunakan nasi sisa sebagai bahan pokok. Selain itu gendar rumahan ini terbuat dari bumbu yang gampang dicari dengan rasa yang gurih. Kerupuk akan mengembang ketika digoreng, walaupun tanpa bahan pengembang dan renyah saat digigit. Berikut resep cara membuat gendar yang bisa anda coba di dapur rumah.

Kerupuk gendar Bisa disebut juga Legendar, camilan yang satu ini cukup enak dan lezat, rasa alaminya juga sangat terasa. Karena crackers ini terbuat dari salah satu menu pokok makanan Indonesia yaitu nasi. Kerupuk gendar merupakan sejenis kerupuk khas dari jawa. Salah satunya termasuk makanan khas kota Wonosobo, Kerupuk ini terbuat dari bahan dasar nasi yang sudah dibumbui dengan aneka bumbu dan resep.

Kerupuk yang satu ini dibuat setelah nasi yang sudah matang lalu di tumbuk atau di uleg hingga lumayan halus dan lumat. Kemudian dibuat adonan dan dipotong tipis-tipis (supaya cepat kering dalam penjemuran atau pengeringannya) selanjutnya dijemur. setelah cukup kering, Legendar atau crackers gendar ini siap untuk digoreng sampai matang dan siap disajikan.

Bila Anda menginginkan bereksperimen sendiri membuat gendar dengan bahan utama masih berupa beras, maka cara yang dilakukan juga tidak terlalu susah. Tinggal campurkan air dengan bumbu halus, kemudian rendam beras selama sekitar 2 jam. Setelah itu kukus beras selama sekitar 30 menit hingga beras mekar kemudian tumbuk beras yang sudah menjadi nasi tersebut. Campurkan dengan tepung tapioka hingga menjadi adonan yang menggumpal. Bentuk adonan tersebut sesuai bentuk yang anda inginkan lalu dipotong tipis-tipis untuk dijemur agar kering dan mudah digoreng.

Sejarah Kerupuk

Konon sejarah dari krupuk diambil dari kisah nyata tentang keluarga miskin yang memiliki banyak anak. Sehingga untuk bertahan hidup mereka rela makan nasi dengan lauk sawut (ketela pohon yang diserut/diparut). Nah,,,,awal pembuatan sawut, yaitu pertama-tama ketela pohon diparut kemudian diberi air. setelah itu, parutan ketela pohon yang tercampur air diperas dan diambil sarinya. lalu diendapkan. kemudian endapan tersebut dijemur dan jadilah tepung tapioka. lalu tepung tersebut diolah menjadi krupuk

Berikut ini ada resep kerupuk gendar sederhana dengan rasa gurih dan renyah saat dikunyah, dijamin bikin ketagihan loh. Ingin tau cara membuatnya? Simak yuk resep berikut:

Kerupuk Gendar Cemilan Murah Yang Terasa Gurih Nikmat

 

Bahan Yang Digunakan untuk membuat gendar:

Bahan Biang :

  • 100 ml Air panas yang baru mendidih atau sangat panas
  • 3 sdm Tepung tapioka

Bahan Adonan :

  • 1/2 sdt Ketumbar, sangrai dan haluskan
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Kaldu bubuk
  • 450 gram Nasi hangat (1 mangkuk bakso)
  • 4 siung Bawang putih, haluskan

Cara Membuat Gendar

1. Pertama tuangkan air yang mendidih mendidih atau sangat panas ke dalam tepung tapioka lalu aduk-aduk hingga mengental seperti lem.

2. Kedua masukkan adonan tadi ke dalam nasi hangat (nasinya harus hangat, tidak boleh dingin). Setelah itu tambahkan bumbu halus, garam dan kaldu bubuk. Selanjutnya tumbuk nasi supaya pecah dan hancur.

3. Lalu siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng kemudian alasi plastik, olesi minyak lagi agar tidak lengket. Kemudian tuang adonan kerupuk nasi ke dalam loyang, setelah masuk semuanya ratakan dan padatkanadonan gendar. Setelah itu kukus sampai matang kurang lebih 30 menit.

4. Sesudah itu angkat dan dinginkan dahulu.

5. Dan selanjutnya potong kerupuk nasi sesuai selera dengan pisau yang sudah diasah lalu bungkus pisau dengan plastik. Kemudian pipihkan setiap potongan agar lebih tipis, setelah itu pindahkan ke tampah/nampan dan jemur hingga kering dibawah sinar matahari (Jika musim panas, jemur dari pagi sampai sore bisa kering sempurna asalkan potongan adonan gendar dibalik ketika sudah setengah kering).

6. Kerupuk gendar sudah siap untuk digoreng. Dan jangan lupa untuk disajikan mengunakan bungkus plastik dengan mengunakan mesin hand saeler

Itu tadi adalah bagamana cara membuat kerupuk gendar yang renyah dan  gurihyang dapat kalian jadikan sebuah usaha bisni kuliner dirumah kalian juka kalian inggin menjalankan suatu usaha tersebut kalian dapat eningkatka UMKM di indonesia meningkat, dan kami juga memiliki beberapa resep lainya yaitu resep usus rispy yang dapat kalian coba dirumah. Itu saja yang dapat saya sampaikan bila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan sampai jumpa diartikel selanjutnya lagi.