Membuat Pisang Coklat Lumer Yang crispy

Pisang coklat merupakan salah satu makanan yang paling digemari dan dicari kapanpun dan dimanapun. Pisang coklat tergolong makanan ringan dengan nilai gizi tinggi yang bisa didapat dari bahan yang digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Saat ini pisang tidak hanya disantap begitu saja, namun saat ini pisang telah dikreasikan menjadi berbagai menu makanan olahan yang enak dan sehat, salah satunya adalah pisang coklat. Sesuai dengan namanya, pisang coklat adalah olahan berbahan dasar pisang yang dibungkus dengan kulit renyah goreng dan terdapat coklat di atasnya atau di dalamnya.

1. Cara Membuat Pisang Coklat Lumer

Ada juga yang menambahkan topping berupa keju parut. Pisang coklat sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama keluarga dan teman baik di rumah, di kantor, maupun di sekolah. Makanan yang satu ini mampu merebut hati para pecinta makanan di berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Rasanya yang sangat manis dengan lelehan coklat di dalamnya dan balutan kulit yang renyah membuat pisang coklat cukup menarik. Membuat atau mendapatkan pisang coklat tidaklah sulit karena saat ini banyak sekali pedagang atau warung jajanan yang menyediakan pisang coklat. Bagaimana caranya? Apakah Anda bersemangat mencoba membuat pisang cokelat leleh yang lezat?

Meski saat ini sudah banyak yang menjual pisang coklat, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat pisang cokelat leleh yang enak akan kita bahas selengkapnya, mulai dari bahan yang digunakan hingga langkah pembuatannya di bawah ini.

Jenis Pisang yang Cocok untuk Digoreng:

Untuk cara membuat pisang coklat tentunya kita membutuhkan jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Oke guys, tidak semua jenis pisang yang kamu buat enak saat kita menggorengnya. Kita perlu memilih pisang yang setelah digoreng masih memiliki tekstur yang pas. Oleh karena itu, pilihlah pisang yang memiliki tekstur padat dan agak keras saat tidak digoreng.

Pisang Kepok

Pisang kepok, salah satu pisang terpopuler, diolah menjadi pisang goreng. Ukurannya yang besar dan bentuknya yang agak mengembang agak gemuk, menjadikan pisang ini favorit untuk dijadikan pisang goreng.

Pisang Kepok juga memiliki resep netral dengan sedikit rasa creamy. Saat digoreng, tekstur pisang kepok juga stabil. Setelah digoreng pun teksturnya masih padat, bentuknya masih ada.

Pisang Uli

Pisang berikutnya adalah pisang uli yang berukuran sedang, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Aroma pisang ini enak dan memiliki bau yang agak manis. Meski pisang ini juga bisa dimakan langsung, namun pisang uli juga cocok dijadikan pisang goreng karena dagingnya yang cukup padat.

Pisang Nangka

Pisang nangka juga merupakan pisang yang banyak diolah menjadi pisang goreng. Aromanya lumayan manis, mirip bau nangka. Warna pisang ini juga menarik, kuning cerah, sehingga saat digigit warnanya terlihat bagus.

Tanduk Pisang

Pisang tanduk ini juga enak sebagai pisang goreng. Ukurannya besar dan panjang, jadi jika kita ingin menggorengnya sebaiknya dipotong dulu. Pisang tanduk memiliki rasa yang agak asam, namun akan terasa manis saat matang.

Peluang Bisnis Pisang Goreng Coklat Keju dan Analisa Usahanya -  PengusahaSukses.com

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang coklat lumer:

  • 5 buah pisang kepok atau pisang raja, belah menjadi 2 bagian memanjang
  • 1 sendok makan bubuk kakao
  • 10 buah lumpia sudah cukup, Anda bisa membelinya di pasar, di supermarket atau supermarket, atau membuatnya sendiri
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat pisang coklat lumer:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan bubuk kakao dan gula pasir ke dalam wadah yang sudah Anda siapkan. Aduk hingga semuanya tercampur rata mengunakan mesin coklat lalu sisihkan.
  2. Beri seluruh bagian pisang yang sudah dibelah dengan coklat dan gula pasir yang sudah Anda buat.
  3. Siapkan juga kulit lumpia, letakkan pisang yang sudah diolesi coklat pada kulit lumpia. Membuat roti gulung seperti melipat telur dadar atau seperti roti gulung seperti membuat lumpia. Pastikan seluruh bagian pisang telah tertutup kulitnya agar coklat tidak keluar saat digoreng. Ulangi langkah ini sampai semua pisang habis.
  4. Panaskan minyak dalam wajan secukupnya. Setelah panas masukkan pisang kecoklatan dan goreng hingga matang yang ditandai dengan pisang kecoklatan berubah warna kecoklatan. Saat proses penggorengan, pastikan apinya kecil agar tidak gosong. Setelah matang, keluarkan pisang coklat dari penggorengan dan tiriskan.
  5. Siapkan wadah atau tempat saji. Masukkan pisang coklat ke dalam wadah dan sajikan. Lebih enak jika dimakan hangat.
  6. Nah, itulah tadi tentang cara membuat pisang coklat leleh yang enak. Cukup simple dan mudah untuk dicoba bukan? Bahan yang digunakan tidak sulit didapat dan sangat praktis. Untuk penyajiannya bisa ditambahkan topping sesuai selera seperti keju parut, taburan, susu kental manis, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba dan jangan lupa kunjungi rumah mesin untuk resep yang lebih menarik.

Tips Memilih Pisang

Agar tidak salah memilih pisang, ada tips yang perlu Anda perhatikan. Hal ini tentunya untuk menghindari pisang yang Anda pilih belum busuk atau belum matang. Berikut ulasannya.

Pilih Brown Speckled One

Jangan terburu-buru membayangkan pisang dengan bintik-bintik coklat sebagai pisang busuk. Sedangkan pisang dengan bintik-bintik coklat merupakan ciri khas dari pisang yang baik. Bintik-bintik berbintik-bintik ini sering disebut sebagai bintik gula. Pisang yang memiliki banyak bulatan berwarna coklat merupakan buah yang siap disantap atau diolah.

Bentuk Buah Bulat

Buah yang masak sempurna memiliki ciri permukaan bulat sempurna. Hindari memilih pisang yang memiliki siku sepanjang kulitnya, karena menandakan pisang tersebut masih mentah.

Pilih Tandan Segar

Saat akan membeli pisang, perhatikan tandannya. Pilih tandan yang masih segar dan tampak hijau. Hindari memilih pisang yang tandannya berwarna coklat atau kering. Hal ini menandakan bahwa pisang tersebut sudah lama dipanen.

Kuning muda

Kulit pisang yang matang berwarna kuning, tapi jangan hanya menjadi kuning. Pisang yang matang sempurna warnanya cerah, bahkan kuning. Hindari yang banyak bercak coklat, karena ini menandakan bahwa pisang telah melewati masa masaknya dalam waktu yang lama.

Tekstur lembut

Pisang yang matang sempurna memiliki tekstur yang lembut, tidak lembek. Pisang kuning memiliki tekstur yang keras artinya pisang tersebut dimatangkan dengan cara ditambahkan. Peras daging pisang dengan lembut. Jika dirasa empuk, berarti kualitas pisang bagus.

Manfaat Pisang

Pisang populer di kalangan orang karena rasanya yang manis dan bahan-bahannya yang kompleks. Nutrisi yang terkandung dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, potasium, serat, dan magnesium.

Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam pisang tentunya memberikan manfaat yang luar biasa bagi yang mengonsumsinya secara rutin. Manfaat tersebut antara lain:

Jantung Sehat dan Hindari Kanker

Kandungan kalium dalam pisang menyebabkan listrik mengalir ke seluruh tubuh dan dibutuhkan untuk menjaga detak jantung Anda. Kandungan kalium dan natrium yang tinggi pada pisanng juga dapat membantu melindungi sistem kerja jantung dan mencegah jantung dari penyakit kardiovaskular.

Hindari kanker

Penelitian menunjukkan bahwa pisang sangat efektif menurunkan risiko kanker ginjal hingga 40%.

Mengurangi Risiko Stroke dan Diabetes

Pisang merupakan buah yang mengandung kalium. Kalium yang terkandung dalam buah ini dapat membantu menurunkan risiko stroke. Apalagi bagi wanita lanjut usia yang sudah mengalami menopause.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa wanita pascamenopause yang rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami stroke. Bandingkan dengan mereka yang tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan sama sekali.

Mencegah Diabetes

Kurang tidur dapat menyebabkan diabetes gestasional. Namun kandungan magesium dan tryptopham pada pisang dapat membantu Anda istirahat dengan nyenyak di malam hari.

Menurunkan Tekanan Darah

Kalium dalam pisang sebenarnya berperan dalam mengatur tekanan darah yang sehat. Kalium membantu meredakan ketegangan di arteri dan vena. Selain itu juga dapat memberikan oksigen ke berbagai organ untuk meningkatkan fungsinya.

Konsumsi pisang secara teratur dapat membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Serat pada pisang juga berperan dalam mengikis kolesterol di arteri dan pembuluh darah yang dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Mengurangi Risiko Maag

Pisang merupakan camilan sehat bagi penderita maag. Pisang merupakan antasida alami dan berfungsi untuk menetralkan flavoid yang disebut leucocyanidin. Antioksidan ini berperan dalam meningkatkan selaput lendir di lambung sehingga dapat mencegah tukak lambung.

Baik untuk Memori dan Meningkatkan Mood

Asam amino triptofan dan antioksidan seperti dopamin dalam pisang berperan penting dalam meningkatkan mood dan menjaga daya ingat seseorang.

Selain itu, magnesium yang terkandung dalam pisang membantu mengendurkan otot dan vitamin B6 membantu Anda tidur nyenyak.

Baik untuk Pencernaan dan Penurunan Berat Badan.

Pisang mengandung serat yang membantu melancarkan buang air besar. Satu buah pisang dapat menyediakan 10% kebutuhan serat Anda.

Secara umum, pisang adalah makanan penurun berat badan yang baik karena rasanya yang manis dan mengenyangkan. Hal ini disebabkan kandungan pati resisten yang mampu menunjang kinerja usus dan mengontrol gula darah.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dan vitramin B6 yang tinggi pada pisang dapat membantu merawat kulit wajah. Makan pisang secara rutin dapat mengurangi masalah wajah, seperti kusam, flek hitam, kerutan, dan kulit kendur.

Memperkuat Tulang

Pisang mengandung banyak karbohidrat non-pencernaan, aktivator priobiotik. Zat ini baik untuk pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Dengan mengonsumsi pisang setiap hari, tulang Anda akan menjadi lebih kuat.

Pisang juga membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Kalsium adalah elemen terpenting dalam produksi dan pertumbuhan kembali bahan tulang. Ini mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis.

Meredakan Masalah Menstruasi

Pisang bunga pisang dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan gangguan saat haid. Hati pisang yang dimasak dapat membantu meredakan nyeri dan pendarahan yang berlebihan. Bagian pohon pisang ini juga dipercaya dapat meredakan tekanan haid.

Mencerahkan Kulit

Pisang dapat digunakan sebagai masker wajah alami dan dapat dipadukan dengan bahan alami lainnya untuk menutrisi wajah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu membuat dan mengaplikasikan masker ini secara rutin. Perhatikan juga kombinasinya untuk kulit Anda.

Meningkatkan Stamina Olahraga

Makan pisang sebelum berolahraga dapat menggantikan elektrolit yang hilang. Buah ini diketahui memberikan manfaat lebih dari multivitamin, karena mengandung kalium, karbohidrat alami, serat dan vitamin B6.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Antioksidan dan karotenoid serta mineral sehat lainnya dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Makan pisang dapat mengurangi beberapa masalah kesehatan mata seperti degenerasi makula, katarak, rabun dekat, dan glaukoma.

Mudah bukan? Cara membuat banana nugget itu mudah, kita hanya perlu membeli bahan yang kita butuhkan. Jadi dengan membuat sendiri kita bisa membuat nugget sendiri sesuai selera kita dan kami juga memiliki resep laiinya yang dapat kalian pelajari dan praktekan dirumah yaitu resep usus crispy yang sangat mudah. Manfaat pisang juga bisa kita dapatkan. Dan yang terpenting, kita bisa menghemat pengeluaran kita.

Itulah cara membuat banana nugget beserta manfaatnya serta tips yang semoga bermanfaat untuk kita semua.