Cara Merendam Benih Padi

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara merendam benih padi berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Begini Cara Menanam Beras Tradisional

Untuk mendapatkan tanaman padi yang berkualitas diperlukan cara menanam padi yang baik dan juga proses tanam yang baik dan tentunya juga tepat. Saya kira persiapan apa saja yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan tanaman padi.

Berikut ini beberapa langkah cara menanam padi yang harus diperhatikan agar Anda bisa membudidayakan padi hingga panen raya berikut ini.

Persiapan media tanam

Media tanam untuk menanam padi perlu disiapkan minimal dua minggu sebelum tanam. Persiapan dilakukan dengan mengolah tanah sebagai media tanam. Tanah perlu dipastikan bebas dari gulma dan gulma.

Jangan sampai pertumbuhan tanaman padi terganggu karena Anda perlu membagi unsur hara dan air dengan gulma. Jika sudah bebas dari gulma, basahi tanah dengan air, lalu lakukan pembajakan.

Pemilihan benih

Benih pada tanaman padi diharuskan lulus tes terlebih dahulu karena menentukan kualitasnya. Pengujian dilakukan dengan merendam sekitar 100 benih padi dalam air. Setelah dua jam periksa benihnya.

Jika terdapat lebih dari 90 biji atau lebih dari 90% benih bertunas, berarti benih bermutu unggul dan bermutu tinggi.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilakukan selama 25 hari sebelum masa tanam. Jaga persemaian tetap sama atau tidak terlalu jauh dari lahan untuk menjaga kesegaran proses tanam. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah drainase harus baik agar benih tidak kelebihan air.

Tanah dibuat bedengan dan juga kandang agar tidak ada lagi gumpalan tanah. Benih sebaiknya direndam dahulu sebelum ditanam selama 2 x 24 jam agar mampu menyerap air secara optimal untuk proses perkecambahan awal. Sebelum disemai, lahan diberi sedikit pupuk organik untuk menyuplai unsur hara.

Benih yang telah berkecambah disebarkan secara merata, namun jangan sampai tenggelam karena dapat menyebabkan infeksi patogen pada benih. Hukum perdata kemudian diberikan pupuk organik lagi setelah persemaian berumur kurang lebih satu minggu

Proses Penanaman Padi Secara Tradisional

Cara atau cara menanam padi ada bermacam-macam, namun sebaiknya tanam legowo baris 2: 1 (40 x (20 x 10) cm. Cara tanam ini akan memberikan populasi yang cukup besar dengan produksi yang lebih banyak dari pada cara konvensional.

Selain itu, keunggulan metode tanam ini adalah memudahkan perawatan, mudah mengatur keluar masuk air karena ada ruang bebas, menekan serangan hama dan penyakit karena cenderung lebih ringan, dan menghemat biaya pemupukan.

Perawatan tanah

Budidaya lahan bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah sehingga lapisan yang sebelumnya keras menjadi data dan menjadi keruh. Hal ini akan membuat gulma mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Dua minggu sebelum pengolahan lahan, bahan organik berupa 2 ton / ha pupuk kandang dan 5 ton / ha kompos jerami harus didistribusikan secara merata di atas lahan. Pengolahan lahan dapat dilakukan dengan 2 buah bajak dan 1 buah garu untuk mendapatkan hasil pengolahan yang optimal

Hama dan penyakit dapat dicegah dengan menggunakan pestisida.

Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan pada saat bulir padi hampir seluruhnya menguning yang biasanya terjadi pada 33-36 hari setelah padi berbunga. Cara pemanenan dapat dilakukan secara manual menggunakan sabit dengan cara memotong pangkal batang atau menggunakan alat pemanen mesin perontok padi untuk menghemat waktu.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara merendam benih padi semoga artikel yang saya buat bermanfaat buat kalian sekian terimakasih.