Ronaldo adalah pemain bola yang sangat berbakat

Saat ini, sepak bola lebih dinamis dan atletis dari sebelumnya. Gim ini menjadi lebih cepat, lebih kuat, dan lebih menuntut di sebagian besar aspek fisik. Meski Messi mungkin memiliki lebih banyak bakat, kombinasi kemampuan fisik dan teknis Ronaldo membuatnya lebih baik. Dia berusia 6’1 dengan otot Portugis murni. Ini berarti dia sangat sulit untuk melepaskan bola dan, dikombinasikan dengan kemampuan melompat seperti bintang NBA, membuat sundulannya menjadi ancaman serius. Kombinasi kecepatan Ronaldo yang memusingkan, dribbling yang hebat, dan tembakan yang kuat dengan kedua kakinya meneror pertahanan.

Dia lebih cocok untuk pertandingan hari ini. Keatletisannya tidak ada duanya; dia menggabungkan kecepatan yang memusingkan dengan tembakan yang kuat dan kemampuan melompat bintang NBA, yang membuat sundulannya menjadi ancaman serius bagi lawan. Ronaldo, lebih dari Messi, adalah model ideal pemain generasi berikutnya.

Messi memiliki pemain pendukung yang lebih baik

Dikutip dari berita bola Messi telah memenangkan lebih banyak gelar sejak dia bermain untuk tim yang lebih baik, bukan karena dia pemain yang lebih baik dari Ronaldo. Sepanjang karirnya, Messi bermain untuk tim terbaik yang pernah bermain. Tidak seperti pengalaman tim Ronaldo, rekan satu tim Messi di Barcelona mengenal satu sama lain secara membabi buta, karena kebanyakan dari mereka telah bermain bersama sejak mereka berusia 10 tahun, selalu dengan gaya dan formasi yang sama.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa rekan setim Ronaldo itu buruk. Mereka hebat, tapi tidak sehebat Messi. Misalnya, Messi pernah bermain dengan Xavi Hernandez dan Andrés Iniesta, dua gelandang tengah paling mendominasi di era kita. Sementara Messi memiliki nilai tambah tim yang tak terlupakan, Ronaldo adalah faktor pendorongnya. Messi seperti Tim Duncan dari Spurs, sedangkan Ronaldo seperti LeBron James di Cleveland.

Paradigma internasional:

Karier internasional Ronaldo menempatkannya di level yang lebih tinggi dari Messi. Padahal, Messi belum pernah meraih satu pun trofi internasional. Dia kalah di final Copa America (kejuaraan Amerika Selatan) dan Piala Dunia. Sementara itu, Ronaldo memimpin tim Portugal untuk menjuarai European Championship 2016. Kalaupun Messi pernah mengantarkan Argentina menjuarai Copa America, prestasi internasional Ronaldo dinilai lebih besar. Tidak seperti olahraga lainnya, piala internasional dalam sepak bola adalah kemuliaan tertinggi. Tiga trofi Piala Dunia-nya menetapkan status Pele sebagai pemain terbaik yang pernah ada, dan Diego Maradona yang memenangkannya untuk Argentina menempatkannya di atas Messi. Hanya kemenangan di Piala Dunia 2018 di Rusia yang bisa mengubahnya.