12 Jenis-Jenis Sampah Yang Wajib Diketahui (TERLENGKAP)

Apakah kalian mengetahui jenis-jenis sampah? Ternyata banyak sekali jenis sampah yang wajib kita ketahui. Terdapat 12 jenis-jenis sampah yang akan dibahas secara lengkap di artikel ini. Karena sampah selalu menjadi masalah besar di seluruh dunia.

Hampir setiap negara memiliki pasokan sampahnya sendiri-sendiri. Banyaknya sampah juga merupakan kesadaran individu terhadap lingkungan sekitarnya. Rasanya sangat ramah lingkungan, Anda menikmati jalan-jalan yang sakit di taman dan melihat banyak sampah berserakan.

Sampah dapat menciptakan suasana yang nyaman dan seketika menjadi rusak. Awalnya, kesadaran manusia terhadap sampah masih jauh dari memadai. Banyak sekali individu yang merasa tidak penting membuang sampah pada tempatnya.

Jenis-Jenis Sampah yang wajib diketahui

 

Namun dengan banyaknya fenomena alam yang terjadi akibat menumpuknya sampah, akhirnya membuat banyak orang menyadari bahwa sampah sangat meresahkan. Hingga saat ini, banyak orang yang mulai menyadari bahwa sampah merupakan hal yang harus diperhatikan. Gerakan membuang sampah secara disiplin di tempat sampah juga semakin ramai.

Sampah merupakan sesuatu yang sangat mengganggu bagi siapapun. Keberadaan sampah yang terlalu banyak membuat banyak negara resah dan bingung bagaimana cara menanganinya.

Tidak setiap negara memiliki kemampuan pengolahan sampah yang sama. Ada negara yang akhirnya harus mengekspor sampah karena jumlahnya terlalu banyak dan ada pula yang kekurangan sampah karena kondisinya sangat bersih dan tertib.

Maka dari itu yuk simak jenis-jenis sampah berdasarkan bentuk, sumber, dan sifatnya.

1. Jenis Sampah Berdasarkan Bentuknya

Setelah Anda mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh sampah, sekarang saatnya Anda mengetahui jenis sampah apa saja yang bisa ditemukan di sekitar kita. Di bawah ini jenis-jenis sampah berdasarkan bentuknya.

a. Sampah Padat

Pada jenis sampah padat ini merupakan sampah yang berbentuk dan tidak akan berubah bentuk jika tidak ada proses pengolahan. Sampah padat di dalamnya termasuk sampah yang umumnya bisa kita jumpai, seperti sampah plastik, sampah bekas hingga sampah berbahan logam.

b. Sampah Cair

Mirip dengan limbah padat, limbah cair bisa sangat berbahaya jika tidak diolah dengan baik. Salah satu contoh limbah cair adalah limbah oli kendaraan bermotor. Oli mesin memiliki campuran kimiawi yang sangat berbahaya, apalagi jika terbuang percuma di saluran pembuangan.

2. Jenis Sampah dari Sumbernya

Setelah mengetahui jenis sampah apa saja yang didasarkan pada bentuknya, Anda juga harus mengetahui jenis sampah apa saja yang berdasarkan sumbernya. Berikut beberapa jenis-jenis sampah dari sumbernya:

a. Bersumber dari Manusia

Memang manusia menciptakan banyak hal yang bisa menjadi sampah di kemudian hari. Namun, manusia sendiri juga menghasilkan limbahnya secara langsung. Salah satu limbah yang berasal dari manusia adalah limbah limbah yang dikeluarkan dari tubuh. Limbah tersebut harus diolah secara kimiawi agar dapat digunakan sebagai pupuk.

b. Berasal dari Alam

Memang sampah yang berasal dari alam merupakan proses yang tidak terencana. Salah satu limbah yang dihasilkan oleh alam adalah saat buah atau daun jatuh ke tanah dan mengalami proses pembusukan.

c. Berasal dari Hewan

Hewan juga ternyata memiliki kotorannya sendiri. Seperti halnya manusia, ketika hewan selesai makan maka akan terjadi proses pembuangan kotoran. Kotoran dari hewan ini umumnya dapat digunakan sebagai pupuk kandang karena kaya akan nutrisi.

d. Sampah Konsumsi

Mungkin banyak dari Anda yang suka makan sepuasnya. Namun, nyatanya tidak semua makanan yang Anda konsumsi dikonsumsi. Rata-rata, restoran dapat membuang sekitar 10kg sisa konsumsi limbah sehari. Limbah ini sangat boros dan bisa dicegah dengan berhenti makan sebelum kenyang.

e. Sampah radioaktif

Salah satu limbah yang paling berbahaya dan membutuhkan proses yang lama adalah limbah radioaktif. Sampah jenis ini tidak akan hilang dalam waktu singkat. Akan sangat berbahaya jika terjadi kebocoran limbah radioaktif karena akan mematikan lingkungan di sekitarnya.

f. Sampah industri

Jenis limbah menurut sumber selanjutnya adalah limbah industri. Jenis limbah ini juga memerlukan penyimpanan dan pengolahan yang tepat karena bisa sangat berbahaya jika bocor dan mencemari lingkungan. Limbah industri memiliki kandungan yang tidak bisa hilang jika tidak ada proses pengolahan yang tepat.

g. Sampah Penambangan

Salah satu sumber limbah selanjutnya adalah limbah pertambangan. Penambangan merupakan salah satu bentuk industri yang membutuhkan proses yang cukup lama. Selain itu, hasil tambang akan mengeluarkan produk akhir berupa limbah B3 dan perlu diolah dengan proses yang benar agar tidak berbahaya.

3. Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

Setiap sampah tidak bisa disamakan dan membutuhkan perlakuan yang berbeda. Ada sampah yang perlu diolah dan ada sampah yang bisa dimusnahkan hanya dengan menguburnya. Di bawah ini adalah jenis-jenis sampah berdasarkan sifatnya:

a. Sampah organik

Sesuai dengan namanya Sampah organik merupakan sampah yang terdiri dari berbagai bahan organik. Sampah jenis ini masih bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dilansir dari Jakarta Smart City, pembuangan sampah organik harus dibedakan yaitu dengan menggunakan tempat sampah hijau. Sampah organik di sana termasuk kategori Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Kompos.

b. Sampah Anorganik

Jenis-Jenis Sampah yang wajib diketahui

Sampah anorganik adalah sampah yang dibuat dengan proses mesin dan sangat sulit terurai. Sampah anorganik perlu lebih banyak diolah agar bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berbeda. Plastik dan kaleng merupakan contoh sampah anorganik dan membutuhkan suatu proses untuk diolah kembali.

c. Sampah B3

jenis-jenis sampah adalah

Sampah B3 merupakan limbah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. Sampah dengan jenis ini membutuhkan sampah yang lebih kompleks dan tepat. Limbah yang termasuk dalam kategori B3 seperti limbah baterai atau barang elektronik bekas.

Demikian artikel mengenai jenis-jenis sampah yang wajib kamu ketahui. Untuk informasi dan tips tips terupdate silahkan kunjungi web veranoest disini ya. Semoga bermanfaat.