11 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Wajah

Apa manfaat minyak kelapa untuk wajah? Selain digunakan untuk menggoreng makanan, minyak kelapa dipercaya mampu mengobati berbagai macam masalah kulit. Sebuah studi yang dipublikasikan di NCBI menyatakan bahwa minyak kelapa merupakan jenis minyak yang sangat jenuh yang dibuat dengan cara mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau biji kelapa kering. Pada suhu kamar, minyak kelapa cenderung mengeras dan bila dipanaskan dapat menyala dan meleleh.

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah, yaitu merupakan bentuk lemak jenuh dan membentuk 65 persen dari jumlah komposisi. Berbagai asam lemak yang terdapat pada minyak kelapa, di antaranya asam laurat, asam miristat, asam kaprilat, asam palmitat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat, diyakini bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
Nah, penasaran apa saja manfaat minyak kelapa untuk wajah? yuk simak artikel dibawah ini sampai selesai ya..

Apa manfaat minyak kelapa untuk wajah?

Apa manfaat minyak kelapa untuk wajah?

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa yang maksimal untuk wajah Anda, Anda perlu menggunakan minyak kelapa murni yang kaya akan antioksidan dan polifenol di dalamnya.

Sejumlah hasil penelitian membuktikan bahwa manfaat virgin coconut oil (vco) untuk wajah lebih efektif dalam mencegah oksidasi dan menetralkan radikal bebas sehingga dapat menghancurkan sel-sel penyebab peradangan dan penyakit pada kulit.

Manfaat minyak kelapa untuk wajah adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Kenali Macam Macam Olive Oil dan Manfaatnya

1. Melembabkan kulit kering

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk wajah adalah melembabkan kulit kering. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan pasien dengan kondisi kulit kering ringan hingga sedang untuk membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral. Minyak mineral adalah salah satu jenis minyak yang terbuat dari minyak bumi untuk merawat kulit kering.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa minyak kelapa mampu meningkatkan hidrasi kulit seefektif minyak mineral. Saat digunakan pada malam hari, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan lapisan pelindung kulit dan menjaganya tetap lembab sehingga kulit tetap kenyal dan terhidrasi dengan baik semalaman.

Faktanya, minyak kelapa juga telah terbukti membantu mengobati eksim, yaitu kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering, ruam bersisik, dan gatal-gatal.

2. Mengobati jerawat

Manfaat minyak kelapa untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat. Jerawat adalah kondisi kulit yang meradang akibat penumpukan sel kulit mati, sebum berlebih, dan bakteri. Nah, minyak kelapa mengandung komponen anti inflamasi yang dipercaya bisa mengurangi peradangan pada jerawat.  Sifat antibakteri dari asam lemak rantai sedang juga dapat membantu meredakan jerawat.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Biomaterials and the Journal of Investigative Dermatology membuktikan bahwa asam laurat dalam minyak kelapa dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes.

Studi lain yang dilakukan pada hewan uji menunjukkan bahwa asam laurat cenderung lebih efektif daripada benzoil peroksida dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain asam laurat, asam kaprat juga disebut-sebut sebagai antiradang dan antibakteri.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji membuktikan bahwa asam laurat dan asam kaprat mampu mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, pastikan Anda mengoleskan minyak kelapa langsung ke area wajah yang berjerawat.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Meningkatkan produksi kolagen juga manfaat minyak kelapa untuk wajah Anda. Manfaat ini berasal dari asam laurat dalam minyak kelapa. Kolagen dapat membantu menjaga elastisitas kulit sehingga tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan dapat dicegah agar tidak muncul.

4. Mengurangi peradangan

Tidak hanya jerawat, manfaat minyak kelapa untuk wajah juga dapat mengurangi peradangan kronis pada kulit. Peradangan kronis merupakan gejala dari berbagai jenis masalah kulit, seperti psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim. Menariknya, minyak kelapa telah terbukti memiliki khasiat antiradang untuk mengatasi masalah kulit ini.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Pharmaceutical Biology melakukan penelitian pada hewan uji dengan mengoleskan minyak kelapa murni ke telinga tikus yang meradang. Hasilnya, ditemukan bahwa minyak kelapa tidak hanya memiliki efek antiradang, namun juga dapat meredakan nyeri.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya. Selain itu, khasiat minyak kelapa untuk wajah dikatakan dapat mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan kadar antioksidan.

5. Membunuh mikroorganisme berbahaya di kulit

Tahukah Anda bahwa manfaat minyak kelapa untuk wajah bisa membunuh mikroorganisme berbahaya di kulit? Kandungan asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa berperan sebagai antimikroba yang dapat membantu melindungi tubuh dan kulit dari paparan mikroorganisme berbahaya.

Hal ini tentunya sangat penting untuk kesehatan kulit. Pasalnya, terdapat berbagai jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur, seperti jerawat, selulitis, folikulitis, dan kutu air. Selain itu, penelitian lain menguji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 jenis bakteri berbeda.

Hasilnya, ditemukan bahwa asam laurat sangat efektif menghambat pertumbuhan bakteri. Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk wajah ini, pastikan kamu mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit.

6. Membantu menyembuhkan luka

Manfaat minyak kelapa untuk wajah dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka. Namun hasil penelitian yang ada hanya dilakukan pada uji coba pada hewan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Farmakologi dan Fisiologi Kulit menemukan bahwa mengobati luka dengan minyak kelapa murni dapat mempercepat penyembuhan, meningkatkan antioksidan, dan meningkatkan produksi kolagen (protein penting yang membantu penyembuhan luka). Selain itu, khasiat antimikroba yang terkandung dalam minyak kelapa juga mampu mencegah infeksi.

7. Meredakan luka bakar

Studi lain pada hewan uji yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology menemukan bahwa manfaat minyak kelapa untuk wajah yang dikombinasikan dengan antibiotik topikal pada kulit ternyata efektif dalam penyembuhan luka bakar.

8. Sebagai make up remover

Manfaat minyak kelapa untuk wajah yang mungkin tidak Anda duga adalah mampu membersihkan wajah. Minyak kelapa untuk wajah dipercaya bisa membantu membersihkan make up. Untuk melakukan ini, oleskan minyak kelapa ke seluruh wajah hingga leher sambil memijat lembut kulit. Kemudian, bilas wajah Anda dengan menggunakan face wash dan pastikan semua sisa riasan dan kotoran di wajah benar-benar hilang.

9. Menghapus riasan mata

Manfaat minyak kelapa untuk wajah sebenarnya aman digunakan untuk menghilangkan riasan mata Anda. Padahal, itu tahan air. Tuangkan minyak kelapa secukupnya pada kapas khusus wajah, lalu usapkan pada area mata dan berikan sedikit tekanan agar riasan mata bisa terangkat.

Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan minyak kelapa tidak cukup untuk menghilangkan seluruh riasan mata hingga bersih. Jadi, Anda tetap harus mencuci muka dengan air bersih dan sabun wajah khusus.

10. Mencerahkan kulit

Manfaat lain minyak kelapa untuk wajah adalah mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Anda bisa membuat masker wajah minyak kelapa yang dicampur dengan air jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

11. Sebagai krim mata

Area di bawah mata terasa kering? Anda bisa mendapatkan manfaat minyak kelapa untuk wajah Anda sebagai krim mata. Oleskan sedikit minyak kelapa menggunakan jari manis Anda pada area bawah untuk melembabkan dan melindungi kulit. Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Demikian informasi mengenai manfaat minyak kelapa untuk wajah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kita semua. See you and keep healthy ^^

Baca Juga : 5 Resep Es Kelapa Muda Spesial yang Sangat Mudah