Jenis Domain untuk Pembuatan Website

Domain merupakan salah satu unsur yang paling penting pada website. Unsur ini juga, yang menjadi patokan pada jasa pembuatan website dalam memberi hasil kepada klien.

Terdapat dua bagian pada domain yakni Second-Level Domain (SLD) dan Top-Level Domain (TLD). SLD merupakan nama utama seumpama nama media “Tirto” dan SLD seumpama “.id”. Keduanya harus terpenuhi untuk menjadi sebuah domain yang dapat diakses.

Jenis Domain untuk Pembuatan Website

Jenis domain cukup banyak dengan fungsi yang berbeda pula. Pengguna, umumnya akan melihat fungsi dan jenis website yang akan dibuat untuk menentukan domain.

1.   “.com”

TLD .com merupakan jenis yang paling banyak digunakan, meski mulanya dibuat untuk tujuan komersial bagi organisasi tanpa batasan yang mengikat. Dibentuk sejak era 90-an, .com menempati posisi teratas dengan pengguna terbanyak. Penggunaannya sendiri banyak diterapkan pada situs web, bisnis serta email.

2.   “.net”

Domain .net adalah singkatan dari kata network, yang ditujukan untuk lembaga yang bergerak di bidang teknologi jaringan. Misal saja, penyedia fasilitas internet serta perusahaan infrastruktur.

Sama halnya dengan .com, domain ini juga tidak memiliki batasan yang mengikat sehingga dapat digunakan secara bebas. TLD ini menempati posisi kedua sebagai domain yang paling populer.

3.  “.edu”

Domain .edu mungkin tak cukup familiar bagi pembaca umum. Tipe ini, adalah singkatan dari education atau pendidikan. Sebagaimana namanya, .edu banyak digunakan oleh instansi pendidikan tingkat sekolah, perguruan tinggi dan sejenisnya.

 4.   “.org”

Domain .org banyak digunakan pada organisasi non-profit yang tak memprioritaskan keuntungan. TLD .org lebih sering digunakan sebagai alamat pada organisasi umum, semisal komunitas kemanusiaan. Organisasi nirlaba macam worldwildlife.org misalnya memilih TLD ini sebagai alamat website mereka.

5.   “.info”

.info adalah singkatan dari kata information, yang bertujuan sebagai sumber informasi digital yang kredibel. Jenis domain ini juga banyak digunakan oleh media dengan portal berita. Kendati demikian, penggunaannya tidak dibatasi dan pengguna yang fleksibel.

Selain lima tipe di atas, ada banyak jenis domain dengan fungsi dan kategori yang berbeda. Membuat secara mandiri atau menggunakan jasa pembuatan website, tentu akan memberi pilihan TLD. Jadi, pastikan domain yang dipilih sesuai dengan tujuan konten Anda.

Kalau memang kamu mencari jasa pembuatan website profesional dan terjangkau, SEON adalah pilihan jitu.