Tutorial Cara Membuat Desain Baju Menggunakan Photoshop (Anti Gagal)

Jika anda penasaran bagaimana cara membuat desain baju, ada beberapa tips yang akan kami berikan kali ini agar hasilnya memuaskan dan anda bisa bangga menggunakannya. Dan juga pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat desain baju menggunakan photoshop.

Pada awalnya cara membuat desain baju sangat terbatas dari segi perangkat yang bisa digunakan, yang mana pilihannya hanya menggunakan pensil, kuas, media cat air. Hingga kemudian masuknya era komputer memperkenalkan beberapa software desain seperti Corel dan Photoshop, bahkan dapat versi mobile pada aplikasi Android.

Jika anda berniat untuk praktek langsung belajar cara membuat desain baju, dan desain-desain lainnya seperti video. Kalian dapat bergabung bersama kami untuk mengasah sklill kalian didampingi para mentor yang handal. Yuk gabung sekarang juga disini Tempat PKL di Jogja TKJ, RPL, DKV & Multimedia.

Tutorial Cara Membuat Desain Baju Menggunakan Photoshop

Untuk membuat desain baju, berikut ini resource yang dibutuhkan adalah :

  • Software/Aplikasi Adobe Photoshop. Anda dapat menggunakan versi Photoshop apa pun. Namun pada tutorial kali ini menggunakan Photoshop CC 2017.
  • Template t-shirt mockup.
  • Logo atau gambar yang akan digunakan sebagai desain kaos.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat desain baju menggunakan Photoshop CC 2017 :

1. Download T-Shirt Mockup

T-shirt Mockup merupakan contoh gambar kaos yang sudah jadi untuk digunakan sebagai template dasar dalam mendesain kaos. Dengan menggunakan mockup, kita bisa langsung mendesain logo atau gambar untuk kaos tanpa perlu menggambar pola atau bentuk kaos dari awal.

Jadi kita cukup mendownload mockup yang ada, lalu menambahkan logo atau gambar yang kita inginkan pada desain kaos kita. Untuk mencarinya, buka Google Search, dan ketik kata kunci “t-shirt mockup”.

Cara Membuat Desain Baju

Di hasil pencarian, klik tab Gambar. Kemudian kita akan disuguhkan dengan berbagai contoh kaos yang sudah jadi. Seperti gambar di atas. Pilih desain kaos yang kamu suka dan klik, kemudian download.

Baca Juga : Yuk Gabung! Tempat PKL di Jogja – SMK TKJ, RPL, DKV & Multimedia

2. Buka File Mockup di Photoshop

tutoriAL Cara Membuat Desain Baju

Setelah diunduh, lalu klik dua kali file tersebut untuk membukanya di Adobe Photoshop. Setelah dibuka, akan ada logo Textnologi.com di baju. Anda dapat menggantinya dengan desain logo atau gambar Anda sendiri dengan cara:

  1. Di panel sebelah kanan, klik kanan layer smart object bernama “KAOS MOCKUP“.
simak Cara Membuat Desain Baju

2. Selanjutnya pilih Edit contents

3. Secara otomatis akan muncul tab dokumen baru yang khusus berisi file logo.

mudah Cara Membuat Desain Baju

4. Silahkan ganti dan hapus logo tersebut untuk menggantinya dengan gambar atau logo anda sendiri. Berikut ini caranya : Siapkan logo anda, buka dimana folder logo anda berada. Selanjutnya drag & drop (drag logo Anda ke dalam aplikasi Photoshop). Dalam contoh di sini, kami menggunakan logo dari Indouser.com.

Cara Membuat Desain Baju mudah

5. Setelah berhasil dipindahkan maka akan terlihat seperti gambar berikut :

6. Logo terlihat lebih besar, jadi kurangi dulu ukurannya agar pas, dengan menggeser setiap sudut dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard Ctrl + T. Ingat! Saat menggeser ukuran logo, tekan dan tahan tombol SHIFT pada keyboard agar ukuran logo tetap proporsional. Posisikan logo agar pas dengan logo sebelumnya.

7. Setelah menimpa logo lama dengan yang baru. Selanjutnya, hapus atau sembunyikan logo lama dengan cara berikut: Di panel sebelah kanan, klik layer bernama “CHANGE LOGO HERE”, lalu tekan ikon mata untuk menghapus atau menyembunyikan layer.

8. Kemudian simpan perubahan dengan cara: klik menu File > Save. Atau lebih cepat lagi tekan tombol Ctrl+S di keyboard.

9. Sekarang kembali ke tab utama untuk melihat hasil perubahan. Lihat contoh di bawah ini: Silakan klik TAB ke-1.

10. Pada gambar di atas, logo yang baru saja Anda ubah mungkin tidak terlihat tepat di tengah. Untuk itu, Anda bisa memindahkannya menggunakan move tool.

11. Jika logo terlalu besar dan ingin diperkecil lagi, tekan kombinasi “Ctrl + T” pada keyboard, dan tarik setiap sudut sambil menekan tombol SHIFT pada keyboard hingga dirasa pas.

12. Anda juga dapat mengubah warna logo. Fungsinya jika logo tidak sesuai dengan warna kaos, maka anda bisa mendapatkan kombinasi warna yang lebih cocok, sehingga warna logo dan kaos akan terlihat lebih menyatu. Berkut ini caranya : Di panel kanan, klik opsi “normal”, dan ubah ke mode lain sampai Anda merasa cukup pas.

16. Berikut adalah hasil saat kita memilih mode “Pin Light”, atau mode lainnya. Anda juga dapat mengubah opacity logo dari 100% menjadi angka di bawahnya.

hasil Cara Membuat Desain Baju

17. Berikut adalah hasil akhir dari desain kaos textnologi.com yang diubah menjadi indouser.com. Setelah selesai kita bisa menyimpan dan mempublikasikannya untuk diupload ke website. Untuk melakukannya, klik menu File > Ekspor > Simpan untuk Web (Legacy). Kemudian pada bagian preset, tentukan format yang diinginkan, umumnya format .PNG atau .JPEG. Agar ukuran file tidak terlalu besar, sebaiknya pilih format JPEG dengan tingkat kualitas: High.

ikuti Cara Membuat Desain Baju

Demikian lah cara membuat desain baju menggunakan photshop. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya. See you ^^

Baca Juga : Berikut 10 Tips Cara Membuat Desain Baju yang Menarik