Tak Perlu Obat Pelangsing, Berikut Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Banyak orang berlomba-lomba melakukan apapun untuk mencapai berat impian mereka. Mulai dari mengonsumsi obat pelangsing, mengurangi porsi makan, hingga diet ekstrim, semuanya dilakukan demi menurunkan berat badan.

Tapi, tahukah Anda? Tidak semuanya aman untuk dilakukan karena akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Singkirkan pikiran dari kepala kita tentang cara cepat menurunkan berat badan, terutama menggunakan obat-obatan. Anda bisa mencoba cara praktis berikut. Mungkin hasilnya tidak instan, tapi konsistensi bisa membuktikannya.

Selain mudah tentunya juga aman. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Rutin Mengkonsumsi Buah dan Sayur Segar

Ini adalah cara termudah untuk melakukannya. Kita hanya perlu mengubah pola makan kita. Kurangi kebiasaan makan. Gantilah dengan makanan rendah kalori. Misalnya sayuran hijau yang meliputi bayam, kangkung, dan sawi, cukup direbus selama 2-3 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Pilih Produk Yang Mengandung Lemak Baik

Sumber utama pembakaran dalam tubuh adalah lemak yang ada dalam tubuh, membantu vitamin A, D, E, K, dan karoten lebih cepat terserap, serta dapat menekan nafsu makan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

Kesalahan yang sering terjadi adalah pola pikir orang yang sedang diet, artinya tidak boleh makan makanan berlemak. Padahal, tubuh Anda tetap membutuhkan asupan lemak yang berasal dari makanan alami, seperti almond dan minyak zaitun yang menjadi sumber lemak sehat dan bergizi.

Namun, hindari makanan olahan berlemak tinggi, seperti gorengan, es krim, cokelat batangan, atau kacang goreng. Selain obesitas, akibat lainnya yang dapat memicu penyakit berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menjaga Keseimbangan Kalori

Mayoritas orang beranggapan bahwa makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan. Jadi mau tidak mau harus dikurangi. Padahal, tubuh juga perlu menjaga kalori yang cukup untuk mencapai berat badan ideal.

Agar terhindar dari penyakit berbahaya, salah satunya adalah memilih asupan kalori yang baik dan sehat, termasuk makanan yang mengandung vitamin, mineral, serat, protein, dan lemak sehat.

Lakukan Olahraga Praktis Di Rumah

Selain mengonsumsi makanan bergizi tentunya juga harus diimbangi dengan olahraga. Kita bisa melakukan olahraga praktis yang tidak membutuhkan banyak tenaga di rumah. Misalnya, sit up, jumping jacks, squat, kursi naik turun, atau naik turun tangga jika rumah Anda memiliki lantai bertingkat.

Tidak Mengunyah Makanan dengan Cepat

Nah, ini jarang mendapat perhatian kita. Sangat disarankan bagi kita untuk mengunyah makanan secara perlahan karena dapat menambah rasa kenyang lebih lama. Selain itu, mengunyah makanan dengan benar akan memudahkan tubuh untuk mencerna.

Sebagai tip, pastikan Anda merasa benar-benar sedang makan, lalu telanlah dengan rasa yang nikmat. Hindari stres atau pikirkan hal-hal yang membuat otak mengunyah makanan lebih cepat.

Minum Air Sebelum Makan

Pastikan Anda tidak lupa minum sekitar setengah liter air sebelum makan. Ini bisa membuat Anda sedikit lebih kenyang dan tentunya mencegah dehidrasi. Karena perlu diingat bahwa dehidrasi bisa menambah rasa lapar.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami tanpa harus mengonsumsi obat pelangsing. Sekali lagi, memiliki berat badan ideal juga harus didasari niat dan konsisten dalam melakukannya. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani program diet.