Briket Arang Batok Kelapa

Briket Arang Batok Kelapa

Pabrik Arang Briket Tempurung Kelapa berqualitas ekspor Briket Shisa

Briket Arang Batok Kelapa – Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar dan biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah briket serabut kelapa, briket gambut, briket batu bara, briket arang, dan briket biomassa. Nah, pada artikel ini akan mengulas tentang briket arang batok kelapa.

Briket dibuat dengan cara menekan dan mengeringkan campuran bahan menjadi blok yang keras. Metode ini pada umum digunakan untuk batu bara yang memiliki serpihan batu bara atau nilai kalori rendah agar memiliki tambahan manfaat dan juga nilai jual. Briket digunakan di industri maupun rumah tangga.

Sebaiknya bahan yang digunakan untuk pembuatan briket yaitu yang memiliki kadar air rendah untuk mencapai nilai kalor yang tinggi. Seberapa cepat laju pembakaran briket juga terpengaruh dari keberadaan bahan volati, bahan yang memiliki bahan volatil tinggi akan lebih cepat habis terbakar.

Baca juga : Usaha Arang Batok Kelapa

Sekilas Tentang Briket Arang

Briket arang sudah banyak terdapat dimasyarakat. Apa itu briket arang? Briket arang adalah arang yang terbuat dari arang jenis lain. Caranya arang dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicetak sesuai kebutuhan dengan campuran tepung kanji. Tujuan pembuatan briket arang adalah untuk menambah jangka waktu bakar dan juga untuk menghemat biaya.

Arang yang sering dijadikan briket arang diantaranya adalah arang serasah, arang sekam, dan arang serbuk gergaji. Kenapa arang-arang tersebut diubah menjadi briket? Karena arang-arang tersebut terlalu kecil untuk digunakan langsung dan akan cepat habis, sehingga akan lebih awet jika diubah menjadi briket arang. Untuk arang tempurung kelapa juga dapat dijadikan briket arang, namun hanya tempurung yang sudah remuk, sedangkan tempurung yang masih utuh tidak perlu dijadikan briket arang.

Manfaat Briket Arang Batok Kelapa

pabrik briket arang batok kelapa murah: jual briket arang batok kelapa  murah di jakarta timur

1. Sebagai Obat Anti-bisa

Batok kelapa yang telah melewati proses pemanasan menggunakan gas sangat efektif bisa bermanfaat untuk penawar bisa.

Bisa hewan laba-laba, ular atau lebah dapat ditangani dengan menggunakan arang batok kelapa yang telah berbentuk karbon aktif, namun dapat juga dengan menggunakan arang yang masih berbentuk arang biasa.

2. Sebagai Anti Racun

Manfaat arang batok kelapa selanjutnya yaitu penyerap racun yang sangat efektif. Dengan mengonsumsi arang, racun di dalam tubuh yang kalian yang di dapat dari makanan bisa diserap dengan efektif.

Namun, alangkah baiknya jika kalian menggunakan arang yang telah menjadi karbon aktif. Karena selain jauh lebih efektif, karbon aktif juga jauh sekali lebih aman karena sudah melewati proses yang memungkinkan salah satu bentuk arang ini aman bagi tubuh kalian.

3. Untuk Menurunkan Kolesterol

Tidak semua kolesterol wajib dihilangkan dari tubuh kalian, apalagi jika kolesterol itu merupakan kolesterol baik. Kolesterol jahat serta kolesterol baik sangat diperlukan oleh tubuh kamu.

Namun juga harus dalam kadar normal serta tidak melebihi ambang batas normal. Untuk mencegah kolesterol tinggi itu, karbon aktif dapat dijadikan solusi yang paling efektif untuk meminimalisir kadar kolesterol yang tinggi itu.

4. Membersihkan Sistem Pencernaan

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa arang batok kelapa dapat membantu kalian membersihkan usus serta melancarkan sistem pencernaan.

Arang batok kelapa dapat digunakan untuk membersihkan sistem pencernaan dengan cara dikonsumsi yang tujuan untuk detoksifikasi ataupun untuk mengeluarkan kotoran serta toksin yang terdapat diorgan-organ pencernaan kalian.

5. Menjauhkan dari Sakit Perut

Karbon aktif bisa juga bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Seperti yang kalian ketahui, karbon aktif yang khususnya terbentuk dari batok kelapa adalah media detoks racun yang paling efektif.

Karbon aktif dapat juga digunakan untuk mengobati sakit perut karena karbon aktif akan menyerap dan membantu mengeluarkan kotoran maupun toksin di usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan.

6. Sebagai Obat Inflamasi

Selain untuk menetralkan racun di dalam tubuh, arang batok kelapa juga bisa bermanfaat untuk meredakan peradangan. Peradangan yang disebabkan oleh racun, bakteri serta virus ataupun penyebab lainnya. Inflamasi dapat diserap secara baik karena menggunakan karbon aktif yang terdapat di dari arang batok kelapa.

7. Dapat Menyembuhkan Luka

Selain mengobati peradangan, luka yang telah bernanah itu pun dapat diatasi dengan cara mengonsumsi karbon aktif. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menempelkan karbon aktif tersebut di luka kalian dan lakukan secara rutin.

8. Untuk Menghentikan Diare

Menghentikan diare juga dapat menggunakan arang batok kelapa karena terdapat karbon aktif. Seperti telah kalian ketahui, manfaat arang batok kelapa khususnya yang telah berbentuk karbon aktif dapat membantu mengeluarkan racun penyebab diare serta juga dapat menyembuhkan diare.

9. Dapat Mencegah Mabuk

Arang batok kelapa khususnya yang telah berbentuk karbon aktif juga dapat digunakan untuk mencegah mabuk. Ketika habis mengonsumsi bir ataupun minuman beralkohol lainnya. Hal tersebut memang sudah terbukti dan memang sangat dianjurkan untuk mencegah mabuk ketika kalian mengonsumsi minum-minuman beralkohol.

10. Menjernihkan dan Memurnikan Air

Arang batok kelapa yang sudah membentuk karbon aktif dapat juga dimanfaatkan untuk menyaring berbagai zat berbahaya yang terbawa dalam air. Karbon aktif ini juga dapat digunakan untuk memurnikan air minum atau menjernihkan air serta dapat kalian konsumsi setiap harinya.

11. Untuk Mempercantik Kulit

Karbon aktif dapat juga digunakan untuk mempercantik kulit yaitu biasa dipakai untuk masker ataupun scrub. Karbon aktif akan sangat efektif mengangkat kotoran menempel di permukaan kulit dan mengangkat kulit-kulit mati serta menjadikan kulit lebih cerah, putih serta cantik.

12. Untuk Menghilangkan Berbagai Penyebab Penyakit

Berbagai macam penyakit bisa disebabkan karena adanya toksi ditubuh kita. Penyakit yang dapat disebabkan oleh toksin di antara lain sakit liver sampai gagal ginjal, bahkan toksin yang menumpuk ditubuh kita juga dapat menyebabkan depresi. Mendetoks tubuh kita dari toksin dapat meminimalisir kemungkinan terserang berbagai penyakit yang tergolong cukup berat.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang briket arang batok kelapa dan manfaat briket arang batok kelapa. Untuk kalian yang masih bingung, buatnya gimana pakai mesin apa tidak? Nah, ada mesin briket arang nih yang dapat kalian gunakan untuk membuat briket tersebut. Semoga bermanfaat yaa 🙂