Kerajinan Limbah Plastik Bisa Jadi Bisnis

Kerajinan Limbah Plastik (Botol Bekas)

Daur ulang plastik adalah teknik kreatif yang semakin populer. Selain mudah dilakukan, ternyata hobi ini bisa dijadikan bisnis kerajinan dari botol plastik bekas yang sangat potensial lho! Nah, berikut ini ada beberapa kerajinan limbah plastik (botol bekas) yang dapat kalian coba.

Bagi yang benar-benar serius bergulat, mengubah botol bekas menjadi toko kerajinan sama sekali tidak sulit. Ada banyak cara kreatif dan unik untuk mendaur ulang plastik menjadi barang kerajinan yang berguna untuk berbagai keperluan.

Dapat digunakan sebagai mainan untuk anak-anak, sebagai hadiah ulang tahun yang kreatif, atau sebagai produk unik yang bernilai ekonomi tinggi. Ada juga banyak ide kerajinan dari botol bekas yang bisa dibuat menjadi berbagai mainan yang menarik untuk anak-anak dan mudah dipahami semua orang.

Bacaa juga : Kerajinan dari Limbah Plastik Kopi

11 Ide Kerajinan dari Limbah Plastik

1. Pot Tanaman Gantung

Ide pertama mendaur ulang sampah plastik ini sangat bagus untuk siapa saja yang peduli dengan tanaman hias di sekitar rumah. Anda dapat mencoba mendaur ulang botol minuman 1L bekas dan mengubahnya menjadi pot gantung yang lucu.

Cukup potong bagian bawah botol, tambahkan tali gantung, lalu cat dengan warna yang Anda inginkan. Membuat kerajinan dari botol bekas sangat mudah bukan?

2. Mainan Robot

Cara kedua mendaur ulang botol plastik bekas ini membuat anak-anak senang. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, botol bekas pun bisa diubah menjadi mainan robot yang keren.

Tidak sulit. Yang Anda butuhkan hanyalah botol bekas, lem, gunting, dan sedikit kreativitas. Biar makin seru, ajak si kecil membuat benda dari botol plastik bekas, oke?

3. Tempat Pensil

Masih banyak cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas yang bisa kamu coba. Misalnya, Anda bisa mengubah botol bekas menjadi tempat krayon unik untuk anak-anak di rumah.

Agar lebih menarik, Anda bisa mewarnai botol sesuai dengan krayon yang tersedia. Anak-anak pasti akan senang belajar dan mewarnai!

4. Celengan

Kerajinan Limbah Plastik

Kerajinan limbah plastik (botol bekas) selanjutnya adalah celengan. Mengajarkan anak untuk membiasakan menabung sejak dini akan lebih mudah dengan cara ini.

Anda tinggal menggunakan botol bekas lalu membuatnya dari botol plastik bekas berbentuk celengan. Selain lebih murah, modelnya pun bisa disesuaikan dengan keinginan anak-anak.

5. Bunga Hias

Anda juga bisa menggunakan kerajinan botol bekas sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah Anda. Misalnya, Anda dapat mendaur ulang plastik menjadi rangkaian bunga berwarna-warni yang indah.

Caranya juga sederhana, cukup potong ujung botol menjadi bentuk tajam yang menyerupai kelopak bunga. Setelah itu, Anda bisa mewarnainya sesuka Anda. Jangan lupa tambahkan batang dan daunnya!

6. Tempat Sampah

Cara mendaur ulang sampah botol plastik tidak hanya baik untuk tubuh, namun seluruh bagian botol plastik bekas juga bisa bermanfaat. Seperti contoh pada gambar ini, botol bekas disortir kemudian dibentuk menjadi tong sampah warna-warni.

Cara membuat botol plastik untuk tempat sampah tersebut sangatlah mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah banyak botol bekas dan lem untuk meletakkan semua tutup botol di tempat sampah.

7. Wadah Aksesoris

Bentuk botol bekas yang berlubang lebar sangat cocok untuk menyimpan berbagai aksesoris di rumah. Bagaimana caranya? Cukup potong bagian atas atau bawah badan botol sesuka Anda, rapikan, hias, dan Anda adalah wadah aksesori.

Anda bisa menggunakan wadah aksesori yang terbuat dari botol bekas untuk menampung alat rias hingga berbagai perhiasan seperti cincin dan anting. Ayo, coba sendiri!

8. Mainan Helikopter

Kerajinan limbah plastik (botol bekas) selanjutnya adalah mainan helikopter. Daur ulang botol plastik bekas juga bisa menjadi wadah untuk menanamkan dan mengajarkan kreativitas kerajinan anak. Salah satu cara termudah adalah mengajari anak-anak cara membuat mainan helikopter dari botol bekas.

Bahan yang dibutuhkan hanya botol bekas, sedotan dan bola pingpong, serta gunting dan lem. Selain kreativitas, anak-anak juga bisa belajar mendaur ulang sampah dan menjaga lingkungan, kan?

9. Pot untuk Kebun Vertikal

Ditambah dengan sempitnya lahan hunian di perkotaan, banyak orang menyiasatinya dengan membuka taman vertikal sederhana. Cara ini telah terbukti, karena pertanian tidak lagi harus dilakukan dalam skala besar, melainkan dalam pot yang cukup yang digantung di dinding.

Pot taman vertikal kerajinan botol plastik ini dapat menghemat biaya sekaligus mengoptimalkan hal-hal di sekitar Anda. Hanya dengan botol bekas seperti ini Anda bisa membuat pot yang cukup untuk menanam taman vertikal Anda. Ide kreatif dan solusi, bukan?

10. Perahu Botol Plastik

Kerajinan Limbah Plastik

Tom Davies, warga Selandia Baru yang tinggal di Fiji, adalah penggagas perahu berbahan dasar perahu botol plastik ini. Sebanyak 600 botol plastik bekas dibutuhkan untuk membangun perahu berukuran 4,5 x 1,4 meter ini.

Caranya sangat sederhana, 600 botol plastik bekas disambung sekaligus dengan lem khusus. Menurut Davies, perahu botol plastik bekas ini dirancang untuk menahan beban tiga pria Fiji dewasa.

11. Tempat Pakan Burung

Ide daur ulang sampah plastik selanjutnya yang sangat praktis ini dijamin akan sangat bermanfaat terutama bagi para pecinta burung. Botol plastik bekas bisa digunakan untuk membuat tempat makan burung yang sangat mudah dibuat dan praktis.

Caranya, Anda tinggal mengebor lubang seukuran pensil atau sendok kayu dari satu ujung ke ujung lainnya. Setelah itu, masukkan pensil atau sendok kayu ke dalam lubang yang akan dijadikan sebagai dahan tempat burung-burung itu duduk.

Nah, itulah 11 kerajinan limbah plastik (botol bekas) yang dapat kalian coba. Sedikit informasi, berikut ini ada mesin pencacah plastik yang bisa kalian gunakan untuk mencacah plastik. Untuk mesin yang lainnya kalian bisa mengunjungi rumahmesin. Semoga bermanfaat 🙂