Tips Mengatasi kebakaran Karena Konsleting Listrik

Hubungan arus pendek atau korsleting listrik terjadi karena konduktor positif dan negatif berhubungan langsung. Hal ini disebabkan penyambungan kabel-kabel tanpa memperhatikan kutub-kutub listrik, atau adanya konduktor tidak tertutup bahan isolator sehingga bersentuhan secara tidak sengaja.

Korsleting melahirkan panas luar biasa dalam waktu singkat. Lazimnya, energi panas yang dihasilkan berefek dengan ledakan kuat serta bersuhu sangat tinggi. Benda-benda di sekitarnya bisa terbakar jika terkena efek korsleting ini.

Nah, jika api sudah berkobar, disarankan untuk segera memadamkan api tersebut. Ada dua cara yaitu dengan selimut api dan APAR CO2 Firefix:

Menggunakan selimut anti api
Kamu dapat menggunakan selimut anti api untuk memadamkan api listrik (kelas kebakaran C). Akan tetapi, ini hanya berlaku bila kamu sudah mematikan daya listrik dari sumbernya dengan sempurna. Pada umumnya, selimut anti api terbuat dari wol yang diolah secara kimia sehingga bagus sebagai isolator listrik.

Untuk menggunakan selimut anti api, pertama-tama keluarkan selimut anti api dari kemasan. Lalu, pegang selimut anti api dalam posisi tidak terlipat pada bagian depan tubuh, dengan kedua tangan dan tubuh yang terlindung oleh selimut anti api tersebut.

Setelah itu, taruh selimut anti api di atas titik api. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan melempar selimut anti api saat menggunakannya untuk memadamkan kebakaran.

Selimut anti api sangat efektif digunakan pada tahap awal kebakaran. Selimut anti api juga memiliki keunggulan tidak merusak objek atau wilayah sekitar kebakaran.

Gunakan APAR CO2
Kamu juga bisa menggunakan APAR CO2 untuk memadamkan kelas kebakaran C (api listrik). APAR CO2 adalah APAR yang sangat cocok untuk memadamkan api kelas kebakaran C, karena:

  • Non-konduktor
  • Bersifat clean agent
  • Tidak meninggalkan residu yang membuat alat elektronik jadi korosif
  • Bekerja cepat memadamkan api dengan teknik breaking chain reaction
  • Refill apar co2 mudah di cari

Nah, kamu sudah punya APAR CO2 belum untuk proteksi dari kelas kebakaran C? Kalo belum yuk dapatkan di sini!