Berikut Beberapa Guna Minyak Atsiri dan Beberapa Manfaat Lainnya

Minyak atsiri? Demikian beberapa guna minyak atsiri . Minyak atsiri dapat diperoleh dari proses penyulingan menggunakan mesin penyulingan minyak atsiri. Minyak atsiri memiliki berbagai macam manfaat/kegunaan, termasuk dalam kegiatan industri. Berikut beberapa guna minyak atsiri antara lain: beberapa macam yaitu antara lain :

Baca juga : Alat Destilasi Minyak Atsiri

Guna Minyak Atsiri

1. Membantu Pasien Penyakit Jantung

Pada sebuah penelitian, orang yang sedang menjalani perawatan di unit perawatan intensif (ICU) karena penyakit jantung yang tidak dapat tidur nyenyak.

Aromaterapi digunakan untuk melihat efektivitas penurunan tingkat depresi, kecemasan, dan stres yang diduga dapat menyebabkan gangguan tidur.

Dari total 60 pasien yang mengikuti penelitian ini, disimpulkan bahwa penggunaan minyak atsiri khususnya minyak lavender dapat meningkatkan kualitas tidur dan menurunkan tingkat kecemasan pada pasien penyakit jantung koroner.

2. Gangguan Tidur dan Insomnia

Manfaat minyak atsiri selain memiliki aroma yang khas juga mampu meningkatkan kualitas tidur. Para penetili mengahsilkan hasil yang 15 jenis minyak atsiri yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur membuktikan bahwa menghirup aroma minyak atsiri, terutama minyak atsiri lavender, memiliki efek positif yang menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

Sebuah penelitian yang diluncurkan pada tahun 2014 menyimpulkan bahwa gangguan tidur adalah masalah kesehatan yang sering mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional.

Pada saat anda menghirup minyak esensial akan menjadi alternatif untuk intervensi obat kimia untuk mengobati gangguan tidur ringan hingga sedang.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Minyak atsiri jika anda hidup akan merangsang area sistemik di bagian otak yang berdampak pada emosi, perilaku, indera penciuman, dan memori jangka panjang.

Menariknya, sistem memainkan peran yang sangat penting untuk pembentukan memori. Hal ini terkait erat dengan penelitian yang menunjukkan bahwa bau dapat memicu memori dan emosi.

Apa yang disebut sistem limbik di bagian saraf otak juga berperan dalam mengendalikan beberapa fungsi fisiologis bawah sadar, seperti pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah.

Karena itu, beberapa praktisi pengobatan alternatif bersikeras bahwa minyak esensial dapat membahayakan tubuh. Jika anda masih membutuhkan penelitian lebih lanjut sebelum diakui secara resmi di dunia medis.

4. Mengurangi Stres dan Depresi

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 Molecular menyatakan bahwa sekitar 43% orang yang mengalami stres dan kecemasan menggunakan beberapa jenis terapi alternatif untuk membantu menghilangkan gejalanya.

Penggunaan minyak esensial menunjukkan bahwa aroma dapat berjalan seiring dengan terapi tradisional untuk menghilangkan kecemasan dan stres. Aroma dari minyak ini sangatlah unik dan mudah dikenali, sulit bagi peneliti untuk melakukan penelitian yang buta dan tidak bias.

Oleh karena banyak orang yang mengomentari dari efek samping yaitu stres dan kecemasan dari minyak esensial tidak terlalu meyakinkan. Menariknya, menggunakan minyak esensial saat pijat bisa menghilangkan stres, meski efeknya hanya bisa bertahan selama aktivitas pijat biasa.

5. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain

Pada tahun 90an anda peneliti yang sedang mengguji dengan menggunakan campuran minyak peppermint dan etanol di dahi dan pelipis dam juga dapat meredakan sakit kepala.

Kemudian peneliti terbaru menemukan jika minyak esensial dapat meredakan sakit kepala setelah menggunakan minyak peppermint dan lavender pada kulit. Jika anda sedang menerapkan mencampurkan minyak esensial chamomile dengan minyak wijen ke pelipis juga dikenal untuk meredakan sakit kepala dan migrain.

Baca juga : Berikut Beberapa Manfaat Buah Pisang yang Baik Untuk Kesehatan tubuh

Berikut beberapa guna minyak atsiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Baca juga artikel lainnya di rumahmesin.com Selamat mencoba…

Terima kasih:)