SEJARAH MASJID

Masjid adalah bangunan yang didirikan khusus untuk melaksanakan shalat atau beribadah kepada Allah SWT. Masjid juga merupakan bangunan atau rumah  tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Yang bentuk bangunannya dirancang khusus dengan berbagai atribut masjid seperti menara yang cukup megah, kubah dan lain-lain.

Bangunannya cukup besar, Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid juga tempat sebagai Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an atau mengaji yang sering dilaksanakan di Masjid.

Istilah Masjid berasal dari kata sajada-yasjudu yang artinya berarti menyembah atau bersujud. Karena Masjid adalah Baitullah (Rumah Allah) maka dari itu, orang yang memasukinya disunahkan mengerjakan salat Tahiyyatul Masjid (menghormati masjid dua rakaat). Dan di Masjid juga biasanya ada kegiatan – kegiatan hari besar, diskusi, kajian agama, tadarus , ceramah dan belajar Al- Qur’an, maupun acara Islam lainnya. Kata Masjid (m-s-g-d) ditemukan dalam inskripsi dari abad ke-5 Masehi. Yang artinya “tiang suci” atau ‘tempat sembahan”. Masjid merupakan salah satu karya budaya umat Muslim dan menjadi ciri khas dari kota Islam.

Masjid juga memiliki komponen yaitu menara, kubah, mimbar dan mihrab dan beduk. Rasulullah mempergunakan Masjid adalah untuk mengajarkan agama Islam, menjelaskan wahyu.

 

MASJID PERTAMA

Sebuah Masjid pertama kali di dunia yaitu Masjidil Haram. Dan pada masa itu tidak seperti bangunan sekarang yang lengkap dengan menara dan bangunan megah, indah ini lengkap dengan tiang – tiang besar.

Masjidil Haram adalah tanah suci di Kota Mekah. Yang merupakan salah satu tempat ibadah yang paling terkenal di dunia dan masjid yang terbesar di dunia.

Selain itu, Masjidil Haram berbentuk persegi dengan Kabah berada di tengah-tengahnya yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Masjidil haram juga memilki sembilan menara yang terbesar dan termegah di dunia. Dan Masjid ini dapat menampung sekitar empat juta orang selama musim haji, ziarah Islam Tahunan dan kegiatan Umat Islam lainnya. 

 

PENYEBARAN MASJID

Masjid dibangun di daerah luar Semenanjung Arab. Dengan seiring kaum Muslim yang bermukim di luar Jazirah Arab. Masjid pertama kali didirikan di daerah Kesultanan Utsmaniyah pada abad ke-11 Masehi. Kesultanan Utsmaniyah memiliki arsitektur yang sangat unik, dan memiliki tiang – tiang yang tinggi, jalur kecil diantara shaf – shaf, dan langit yang tinggi juga menggabungkan mihrab dalam satu masjid. Turki juga memiliki ciri khas arsitektur Utsmaniyah.  

 

KEINDAHAN MASJID DI DUNIA

1. Masjidil Haram

( Masjid pertama kali di dunia )

2. Masjid Al – Aqsa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Masjid Quba 

( Masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW )

4. Masjid Al – Fath

( Masjid yang dimana Nabi Muhammad berdoa 3 hari 3 malam )

5. Masjid Hassan II, Casablanca Maroko

6. Masjid Ubudia, Malaysia

7. Masjid Umayyah, Damaskus 

8. Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi

9. Masjid Istiqlal – Indonesia

10. Masjid Agung Xi’an – Tiongkok