Cara Membuat Sapu Sabut Kelapa Untuk Pemula Terbaru

Assalamualaikum.. Haloo sabahat kali ini saya akan menjelaskan tentang sapu sabut kelapa, meliputi penjelasan sapu sabut kelapa, cara pembuatan sapu, serta beberapa kerajinan sabut kelapa. Simak dan pelajari yaa…

Sapu Sabut Kelapa

Di Indonesia, sapu ijuk sudah terkenal dan tidak asing serta sudah menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang setiap rumahnya kemungkinan besarnya ada. Terdapat juga jenis-jenis sabut kelapa yang digunakan sebagai bahan pembuatan seperti sabut kelapa yang halus dan sabut yang tipis.

Pengrajin sapu ijuk juga menjadi kerajinan sabut kelapa yang tidak harus memiliki modal yang besar. Anda hanya perlu  menggumpulkan sabut kelapa dan melakukan sortir sabut yang halus serta tipis. 

Cara Membuat Sapu Sabut Kelapa :

 

  1. Pertama-tama pisahkan sabut kelapa dari batok kelapa.
  2. Kemudian pisahkan juga sabut yang keras dengan sabut yang halus.
  3. Setelah terpisah ambillah sabut kelapa yang halus.
  4. Kumpulkan sabut kelapa yang akan di rangkai.
  5. Setelah itu masukkkan beberapa sabut kelapa ke dalam tubuh sapu yang sudah disiapkan.
  6. Anda bisa memasangkan dengan manual ataupun dengan alat.
  7. Jika sudah masuk, tata rapi sabut kelapa. 
  8. Kalau masih bisa di tambahkan sabut kelapa, maka tambahkan. 
  9. Jika sudah selesai ikat sabut kelapa dengan tali yang sudah di siapkan.
  10. Sapu sabut kelapa siap digunakan.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Berikut Ini Beberapa Kerajinan Sabut Kelapa

Tali Tambang

Pada dasarnya kerajinan tali tambnag ini juga merupakan kerajinan yang cukup mudah di buat oleh seorang pemuula. diameter tali tambang ini beragam tergantung dari ketebalan tali tambang tersebut.

Pada umumnya tali tambang mempunyai lilitan sekitar 2 sampai 3 lilitan. Ada jugayang lebih dari 3 lilitan dan biasanya digunkan untuk pekerjaan yang berat, seperti mengangkat benda berat.

Briket Unik dari Sabuk Kelapa

Kita anda mendengar kata-kata briket dan anda terbayang di kelapa anda adalah sebuah bahan pembakaran. Ituu benar. Pada umumnya briket berasal dari tempurung kelapa maupun batu bara.

Pada saat ini atau di era modern ini sudah banyak orang yang menggunakan briket dari bahan dasar sabut kelapa. Briket sabut kelapa juga merupakan sebuah kerajinan tangan yang memiliki sifat lebih ramah lingkungan dan biaya memproduksinya jauh lebih mudah dan terjangkau.

Jok Mobil

Kerajinan jok mobil ini masih belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal sebuah industri otomotif brand yang sudah terkenal seperti Mercedes Benz, sudah beberapa kali mengeluarkan jok mobil yang terbuat dari sabut kelapa.

Penggunaan serabut kelapa untuk jok mobil ini terlatar belakangi oleh daya tahan yang cukup lentur. Selain itu jok mobil tersebut memilki daya tahan yang bagus dan tidak berbau. Pada dasarnya sabut kelapa tersebut memilik tingkat pencemaran yang rendah.

Bantal Unik dari Sabut Kelapa

Pada umumnya bantal-bantal terpuat dari kapas atau daron. Namun bantal juga bisa dibuat dengan bahan dasar sabut kelapa dan kain bekas. Proses pembuatan bantal kali ini akan cukup rumit dan panjang.

Cocopeat atau Media Tanam

Bagi sebagian orang yang menyukai bercocok tanam, mungkin beberapa orang tersebut sudah tidak asing lagi dengan media tanam cocopeat. Cocopeat sendiri merupakan salah satu kerajinan sabut kelapa.

Sabut kelapa yang dimaksud yaitu hasil samping sabut kelapa yang dihasilkan dari uraian serat menggunakan mesin pengurai. Pada umumnya cocopeat ini sering kali digunakan sebagai media tanam pembibitan.

Selain itu cocopeat ini juga bisa dijadikan sebagai campuran kompos untuk menggantikan wood fiber.

Jika tanaman yang anda tanam sudah mulai besar, maka anda tidaklah perlu mengeluarkan tanaman anda dari cocopeat. Cukup pindahkan saja ke media tanam baru tanpa harus melepas cocopeat.

Baca juga : Cara Membuat Briket Batok Kelapa Untuk Pemula Terbaru!!

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang sapu sabut kelapa bermanfaat dan berguna bagi anda serta bisa menjadi referensi buat anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)