Cara Membersihkan Kamar Setelah Isoman

Di masa pandemic ini masyarakat harus tahu bagaimana cara membersihkan kamar setelah isoman karena para pasien covid ini tidak hanya di rawat di rumah sakit namun juga melakukan isolasi mandiri di rumah. Pada umumnya, para pasien covid yang melakukan isoman adalah pasien dengan gejala ringan atau bahkan tidak bergejala atau OTG. Orang yang membersihkan kamar bekas isoman harus berhati-hati agar tidak terpapar bahkan terinfeksi oleh virus corona. Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang harus dilakukan untuk membersihkan kamar setelah isoman.

baca juga: fogging disinfektan Jakarta

Tunggu 24 jam hingga 3 hari 

Menurut CDC atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, sebelum membersihkan ruangan bekas isoman, pastikan paling tidak anda menunggu selama paling tidak beberapa jam sebelum anda memberiskan sekaligus mendisinfeksinya. Apabila anda harus memasuki kamar bekas isoman tersebut kurang dari 24 jam, maka anda wajib mengenakan masker, membuka jendela, dan juga menyalakan kipas angin agar sirkulasi udara di dalam kamar menjadi lebih lancar.

Disamping itu, pastikan agar anda mendisinfeksi ruangan dengan menyeluruh. Apabila anda ingin membersihkan ruangan tersebut antara 24 jam sampai 3 hari setelah selesai isoman, maka anda harus membersihkan tempat-tempat yang pernah digunakan oleh pasien isoman. Apabila anda membersihkan waktu pada periode ini maka anda tidak perlu melakukan disinfeksi. Apabila kamar akan dibersihkan dalam kurun waktu lebih dari tiga hari setelah isoman, maka anda hanya perlu membersihkan kamar tersebut seperti membersihkan kamar pada umumnya yang sudah sering anda lakukan.

baca juga: fogging disinfektan Depok

Perhatikan urutan membersihkan benda

Cara membersihkan kamar setelah isolasi mandiri berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah dengan memperhatikan urutan membersihkan benda. Anda bisa memulai dengan membersihkan permukaan benda yang paling sering disentuh oleh pasien isoman, misalnya saja gagang pintu, saklar, meja, lampu, smartphone, pintu kulkas dan lain sebagainya. Apabila anda menggunakan disinfektan spray, maka biarkan selama beberapa menit terlebih dahulu sebelum anda mengelap benda tersebut karena proses disinfeksi tidak berlangsung secara instan.

Ketika mencuci pakaian bekas dipakai pasien isoman maupun bahan apa saja yang dikenakan oleh pasien isoman, jangan lupa untuk selalu pakai masker dan juga sarung tangan. Setelah selesai mencuci, jangan lupa untuk cuci tangan dengan sabun minimal 30 detik. Nah, untuk membersihkan ruangan bekas isoman, ada baiknya anda menggunakan lap pel basah ketimbang sapu. Hal ini agar debu-debu yang ada di ruangan tersebut tidak berterbangan dan terhirup. Demikianlah cara membersihkan kamar setelah isoman yang bisa anda coba, mudah bukan?