MASJID QUBA

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. Pada tanggal 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah tahun 622 Masehi di Quba. Masjid ini terletak di Madinah.

Masjid Quba ini tepatnya jarak sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Masjid Quba yang sekarang beda dari dari Masjid Quba yang pada zaman Rasulullah SAW dulu, masjid yang saat ini berdiri dan direnovasi serta diperluas pada masa kerajaan Arab Saudi. Untuk renovasi dan perluasan pada Masjid Quba ini dilaksanakan pada tahun 1986 serta menghabiskan dana sebesar 90 juta riyal. Dan masjid ini juga mampu menampung sekitar 20 ribu jama’ah.   

Masjid Quba ini dianggap masjid yang suci dalam penganut agama islam, masjid yang dianggap paling suci oleh agama islam adalah

  • Masjidil Haram
  • Masjid Nabawi
  • Masjidil Aqsa
  • Masjid Quba

Dan Masjid Quba ini tertera dalam Al-Qur’an sebagaimana Masjid Quba adalah Masjid yang dibangun atas dasar Taqwa.

 

Masjid Quba ini memiliki luas sekitar 5.035 meter persegi, dan berdiri diatas kebun kurma dengan luas 1200 meter persegi. masjid yang memiliki 19 pintu dengan pintu 3 utama untuk tempat para masuknya jama’ah kedalam masjid.

2 pintu untuk masuk keluarnya jama’ah laki – laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk dan keluarnya para jama’ah perempuan. Dan diseberang ruang utama masjid terdapat ruangan yang dijadikan untuk tempat belajar mengajar.

 

Disebelah utara dibuat serambi untuk tempat beribadah sholat bertiang pohon kurma , beratap datar dari pelepah dan daun kurma dan dicampur dengan tanah liat.

Dan ditengah – tengah ruangan terbuka atau yang disebut dengan sahn , yaitu sumur untuk mengambil air wudhu.

  • Pada saat kita mengunjungi Masjid Quba ini, lalu kita memasuki bagian dalam masjid, sebaiknya kita memperhatikan petunjuk yang ada di dinding luar masjid yang artinya itu petunjuk bagi pintu masuk khusus bagi jama’ah laki-laki atau perempuan. Dan Akan terpampang pada papan/plakat yang ditempelkan di dinding pintu masuk untuk Jama’ah laki – laki maupun Perempuan.

 

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://sinarsuryaabadi.co.id/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.