Cara Masak Sayur Lodeh Sederhana

Heii guys di artikel ini saya akan membagikan sebuah resep dan cara masak sayur lodeh sederhana pada kalian. Simak sampai selesai artikel ini.

Sayur Lodeh

Sayur lodeh merupakan sayur yang berasal dari daerah jawa oleh karena itu jawa memiliki presentase pemakan sayur lodeh yang banyak.

Kalian dapat menemukan sayur lodeh dimanapun, bahkan dijakarta kalian dapat menemukan sayur lodeh di warteg warteg pinggir jalan. Karena sayur lodeh sudah melekat di hati masyarakat jakarta sehingga sayur lodeh menjadi makanan harian.

Karena bahan yang murah dan mudah ditemukan sayur lodeh menjadi memiliki harga yang murah. Bahan dasar dari sayur lodeh yang dapat dibilang sangat fleksibel, hal itu disebabkan karena kita dapat mengganti bahannya dengan bahan yang lain.

Bahan yang lumayan sering kita temui pada sayur lodeh adalah terong. Terong merupakan sebuah sayur yang memiliki jenis olahan yang beragam. Terong dapat diolah menjadi banyak makanan seperti terong goreng, terong sambel dan sayur lodeh.

Sayur lodeh yang dimasak dengan benar akan memberikan cita rasa yang tiada tanding. Tetapi jika kalian salah dalam mengolahnya sayur lodeh bisa menjadi hambar atau tidak enak, oleh karena itu saya akan memberikan resep dan cara membuat sayur lodeh disini.

 

Sayur Lodeh Terong

Bagi kalian yang ingin memasak sayur lodeh disini saya akan membagikan resep dan cara membuatnya. kalian bisa mencobanya dirumah sendiri ketika sudah paham.

Bahan :

  1. 1 buah Terong ( bisa hijau atau ungu )
  2. 4 buah Mlinjo
  3. 2 buah Cabai Hijau Besar
  4. 3 batang Kacang Panjang
  5. 2 buah Cabai Merah Besar
  6. Lengkuas
  7. 2 lembar daun Salam
  8. 1,500 ml Santan encer
  9. 500 ml Santan Kental

Bumbu Halus :

  1. 5 butir Bawang Merah
  2. 3 siung Bawang Putih
  3. 1 sdt Terasi
  4. 3 butir Kemiri
  5. 2 sdm Garam
  6. 1 sdm Gula Merah

Bahan Pelengkap :

  1. 1 Lontong
  2. Kerupuk Udang

Cara Memasak Sayur Lodeh Terong :

  1. Ambil panci lalu tambahkan santan cair.
  2. Masukan bumbu yang telah dihaluskan. Rebus hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih tambahkan mlinjo dan masak hingga matang.
  4. Jika sudah matang masukan santan kental. Masak terus sambil di aduk hingga mendidih.
  5. Tambahkan terong dan kacang panjang dan masak hingga matang.
  6. Angkat dan Sajikan mumpung panas.
  7. Gunakan bahan pelengkap jika ingin.

4 MANFAAT SAYURAN HIJAU BAGI TUBUH

Berbagai menu kini sedang dikembangkan, mulai dari daging olahan hingga menu berbasis rasa pedas untuk gimmicknya. Tapi tidak semua makanan yang kita makan bagus untuk tubuh, karena ada beberapa makanan yang kurang vitamin dan serat yang baik untuk tubuh? Seringkali, rasa makanan lebih diutamakan daripada manfaatnya bagi tubuh kita.

Sayuran hijau sering kita jumpai di suplemen makanan yang digunakan untuk kesehatan. Sedangkan sayur dan buah buahan mengandung klorofil, zeaxanthin, serat, lutein kalsium, asam folat, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.


Berikut 4 manfaatnya bagi tubuh kita :

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran hijau dapat menyerap air ekstra di usus dan juga menjaga keberadaan bakteri sehat. Ada banyak sayuran dan buah – buahan yang baik untuk kesehatan seperti brokoli, apel, kacang hijau, dll.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ada kandungan pada sayur dan buah yang dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan mata, contoh sayur dan buahnya yaitu anggur dan bayam. Tentunya dengan asupan vitamin A yang seimbang, kesehatan mata lebih terjaga.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin K dalam brokoli dan asparagus sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kekurangan vitamin K dapat mengganggu aliran darah ke jantung. Jika Anda membenci kedua sayuran ini, Anda bisa mengakalinya dengan mencampurkannya ke dalam sop ayam.

4. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki masalah obesitas, makan sayuran hijau secara teratur adalah solusi tepat untuk membantu Anda menurunkannya. Sayuran hijau tidak hanya tinggi serat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena mengandung vitamin B seperti bayam dan cabai hijau.